Responsive Ads Here

Wednesday, October 5, 2016

Gerakan Pramuka

Gerakan Pramuka


Adhyaksa Dault Dijadwalkan Hadir di Kemah Nasional Sako Syarikat Islam

Posted: 04 Oct 2016 04:05 AM PDT

Rombongan Pramuka Sako SIAP (Syarikat Islam Angkatan Pandu) bertemu dengan Pimpinan Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka di Kantor Kwarnas Jalan Medan Merdeka Timur, Jakarta Pusat. (Foto: Humas Kwarnas)

Rombongan Pramuka Sako SIAP (Syarikat Islam Angkatan Pandu) bertemu dengan Pimpinan Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka di Kantor Kwarnas Jalan Medan Merdeka Timur, Jakarta Pusat. (Foto: Humas Kwarnas)

Jakarta, Rombongan Pramuka Sako SIAP (Syarikat Islam Angkatan Pandu) bertemu dengan Pimpinan Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka di Kantor Kwarnas Jalan Medan Merdeka Timur, Jakarta Pusat Senin (3/10/2016).

Maksud kedatangan Sako SIAP yakni mereka ingin meminta suport, dimana Sako SIAP akan mengadakan Kemah Nasional di Banjarnegara Jawa Tengah pada 25-29 Oktober 2016. Kemah ini dalam rangka menjalankan Syarikat Islam dan sumpah pemuda.

“Kami bermaksud atau meminta Ka Kwarnas (Kak Adhyaksa Dault) berkenan untuk hadir pada saat acara pembukaan sekaligus mengisi materi,” ujar ‎Kak Feri Ferdian Pengurus Pusat Sako Siap, di Kantor Kwarnas.

Kak Feri mengatakan, kemah ini bisa disebut sebagai Jambore Nasional-nya Sako Siap. Sebab, kemah ini diikuti kurang lebih 1.700 peserta dari seluruh Indonesia, dari Pramuka  usia 10-17 tahun‎.

“Mereka terdiri dari anak-anak pesantren, para remaja masjid dan juga sekolah umum yang berafiliasi dengan Syarikat Islam,” tuturnya. ‎

Kak Adhyaksa yang hadir dalam pertemuan tersebut menyatakan siap untuk hadir di acara ‎Kemah Nasional Sako Siap. Menurutnya, acara ini sangat bagus untuk pembentukan karakter anak-anak diusia dini melalui kegiatan positif.

“Kegiatan ini bagus, perlu kita dukung karena di Pramuka Syarikat Islam ini juga diajarkan nilai-nilai yang luhur, cinta terhadap agamanya, dan cinta terhadap Tanah Air. Kalau tidak ada halangan, saya pasti datang,” ucapnya.

Sako Siap adalah organisasi yang melaksanakan kegiatan Kepramukaan di bawah Syarikat Islam. Mereka ada di sekolah-sekolah yang dibina dan dibentuk oleh Syarikat Islam. Organisasi ini dibentuk dengan tujuan bisa melahirkan anak-anak muda yang mempunyai akhlak yang baik.

Sementara Syarikat Islam sendiri adalah organisasi yang didirikan oleh tokoh Islam terkenal yakni Tjokroaminoto. Organisasi ini awalnya bernama Syarikat Dagang Islam, didirikan 6 Oktober 1905 oleh Haji Samanhudi, kemudian bertransformasi menjadi Syarikat Islam oleh Tjokroaminoto pada tahun 1911‎.‎

Syarikat Islam fokus kerjanya ingin memberdayakan ekonomi Islam dengan semangat kemandirian bangsa, dan saat ini SI dipimpin oleh mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Kak Hamdan Zoelva. Alumni Himpunan Mahasiswa Islam ini juga dijadwalkan hadir dalam acara pembukaan Kemah Nasional Sako SIAP. ‎

“Jika kita bertanya dan diskusi kepada tokoh-tokoh bangsa ini, semua mengakui peran besar SI dalam menanamkan nilai-nilai kebangsaan, peran besar SI dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia, bahkan Presiden Pertama Indonesia, Ir. Sukarno adalah murid pemimpin SI Tjokroaminoto. Sukarno juga pernah tinggal di Rumah Tjokro,” jelas Kak Adhyaksa memaparkan. (HA/Humas Kwarnas)

No comments:

Post a Comment

Terimakasih atas kunjungannya, Tinggalkan komentar untuk perbaikan blog ini.
Pilih "Nama/Url" kalau tidak punya akun google