Responsive Ads Here

Saturday, August 13, 2016

Gerakan Pramuka

Gerakan Pramuka


KAWAL JAMBORE NASIONAL, 1.836 POLISI DISIAGAKAN

Posted: 12 Aug 2016 08:17 PM PDT

KAWAL-JAMBORE-NASIONAL,-1.836-POLISI-DISIAGAKAN

Foto: ntmcpolri.info

Jakarta – Polda Metro Jaya bersama Kwartir Nasional Gerakan Pramuka menggelar apel siaga terkait pengamanan dan kesiapan Jambore Nasional X, di Taman Rekreasi Wiladatika, Cibubur, Jakarta Timur, Jumat, 12 Agustus 2016.

Apel ini dihadiri langsung oleh Kapolda Metro Jaya Irjen Polisi Moechgiyarto dan Ketua Kwarnas Adhyaksa Daut. Jambore Nasional X akan digelar di Bumi Perkemahan Wisata (Buperta) Cibubur, pada 14 sampai 21 Agustus 2016.

Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Moechgiyarto mengatakan, Polda Metro Jaya siap mengawal jalannya acara Jambore Nasional X. Menurutnya, untuk melakukan pengamanan pihaknya telah mengerahkan sebanyak 1.836 personel.

"Nanti akan diamankan di radius Buperta ini ada sekitar 210 hektare. Itu yang akan jadi titik pengamanan kami," kata Moechgiyarto di Buperta Cibubur, Jumat, 12 Agustus 2016.

Moechgiyarto mengatakan, pengamanan tidak hanya di lokasi tempat perkemahan tapi juga di luar perkemahan. Selain itu, pihaknya juga melakukan pengamanan di sepanjang rute yang dilewati para peserta untuk mencapai lokasi jambore.

"Rute-rute (perjalanan peserta), lokasi parkir juga turut kami amankan. Juga di tempat-tempat di mana kegiatan ini dilakukan," ujarnya.
Sementara itu, Ketua Kwartir Nasional Adhyaksa Dault mengatakan, para peserta yang mengikuti Jambore Nasional 2016 ini sebanyak 26 ribu peserta. Para peserta datang dari masing-masing Kwartir Cabang yang ada di seluruh Indonesia.

Menurutnya, acara ini akan dibuka pada Minggu, 14 Agustus 2016. Dalam acara pembukaan Jambore Nasional X 2016 ini, Presiden RI Joko Widodo dan Wakil Presiden RI Jusuf Kalla dijadwalkan akan menghadiri pembukaan tersebut.

"Iya Insya Allah pak Presiden dan pak Wakil Presiden bisa hadir saat pembukaan nanti," ujarnya.

Sumber: ntmcpolri.info

Jalan Panjang Kontingen Maluku Mengikuti Jamnas

Posted: 12 Aug 2016 10:09 AM PDT

Jalan-Panjang-Kontingen-Maluku-Mengikuti-Jamnas

Kontingen Maluku Barat Daya Baru (Foto : HA / Humas Kwarnas)

Jakarta, Jambore Nasional ke X 2016 adalah kegiatan perkemahan besar Gerakan Pramuka yang pertama kali diikuti oleh Kontingen dari Maluku Barat Daya. Sebagai generasi pertama tentu Jamnas menjadi pengalaman yang menarik bagi peserta.

Hal itu seperti yang disampaikan oleh pembina Kontingen Maluku Barat Daya Kak Serpi Ela. Ia menuturkan, demi mengikuti Jamnas para peserta sudah meninggalkan rumah, pamit dengan orang tua dari satu bulan yang lalu.

“Ini perjalanan yang panjang. Peserta sudah meninggalkan rumahnya sejak satu bulan yang lalu,” kata Kak Serpi di Bumi Perkemahan Pramuka Cibubur yang menjadi lokasi Jamnas, Jumat (12/8/2016).‎

Kak Serpi mengungkapkan, awalnya peserta dikumpulkan di tingkat Kwartir Cabang, dan kemudian disatukan di tingkat Kwartir Daerah. Perjalanan panjang para peserta disebabkan karena wilayah Maluku itu terdiri pulau-pulau kecil.

“Di Maluku ini banyak sekali pulau-pulau kecil, akses jalannya susah harus ditempuh melalui jalur darat dan laut jadi lama. Kita dikumpulkan dulu‎ di tingkat cabang baru provinsi,” tuturnya.

Selama satu bulan itu, para peserta juga selalu disibukkan dengan pelatihan materi-materi Jamnas, seperti pasukan baris berbaris, yel-yel dan juga penampilan kesenian dari Maluku.  “Setelah seluruh kontingen dari Maluku terkumpul, baru kita berangkat ke Jakarta,” ucapnya.

Kontingen Maluku Barat Daya berjumlah 40 orang. Mereka berangkat ke Jakarta menggunakan kapal KM Dobon Solo selama empat hari dari 4-8 Agustus 2016. Meski baru pertama kali, Serpi memastikan pesertanya sudah siap secara mental dan fisik untuk mengikuti Jamnas.

Jamnas ‎sendiri berlangsung 14-21 Agustus dengan peserta 25 ribu. Rencananya, acara pembukaan akan dihadiri oleh Presiden Joko Widodo sejumlah menteri dan kepala daerah. ‎ (HA / Humas Jamnas)

No comments:

Post a Comment

Terimakasih atas kunjungannya, Tinggalkan komentar untuk perbaikan blog ini.
Pilih "Nama/Url" kalau tidak punya akun google