Responsive Ads Here

Sunday, August 14, 2016

Gerakan Pramuka

Gerakan Pramuka


Pesan Ka Kwarnas dalam Upacara Ulang Janji

Posted: 13 Aug 2016 10:52 AM PDT

Jakarta, Kwartir Nasional Gerakan Pramuka mengadakan upacara renungan dan ulang janji sebagai salah satu rangkaian peringatan Hari Pramuka yang dilaksanakan pada malam menjelang tanggal 14 Agustus.

Ketua Kwarnas Kak Adhyaksa Dault mengatakan, ‎tujuan dari ulang janji adalah melakukan perenungan terhadap usaha dan karya yang telah dilakukan oleh setiap pramuka demi Kepramukaan dan Gerakan Pramuka serta mengulang pengucapan janji (Satya Pramuka)‎.

“Intinya memperkuat ‎janji kita sebagai pengurus pramuka, bagaimana komitmen kita sebagai pengurus untuk memajukan pramuka,” tutur Kak Adhyaksa yang bertindak sebagai pembina upacara, Sabtu (13/8/2016)

Meski kondisi hujan, upacara ulang janji dalam rangka memperingati hari pramuka di Taman Wiladatika Cibubur berlangsung hening dan hikmat. ‎Kak Adhyaksa membacakan langsung Tri Satya diikuti semua peserta upacara yang terdiri dari pengurus pimpinan Kontingen daerah.

‎Tri Satya berbunyi, Demi kehormatanku aku berjanji akan bersungguh-sungguh‎ menjalankan kewajibanku kepada Tuhan, Negara Kesatuan Republik Indonesia dan mengamalkan Pancasila. ‎
Menolong sesama hidup dan mempersiapkan diri membangun masyarakat. ‎Menepati Dasadarma‎.

Untuk menyambut rombongan dan tamu undangan kegiatan ulang janji dimeriahkan dengan penampilan kesenian Betawi Ondel-Ondel, penyulutan petasan dan marawis‎ serta penampilan tari Gambang Kromong sebagai tarian ucapan selamat datang.

Di tengah-tengah upacara juga dilakukan penyalaan api unggun, kemudian menyayikan lagu Hymne Satya Dharma Pramuka, ‎penyayikan lagu Bagimu Negeri, laporan pimpinan unggun kepada pembina unggun, lalu pembacaan renungan pembina dan ditutup dengan doa.‎

No comments:

Post a Comment

Terimakasih atas kunjungannya, Tinggalkan komentar untuk perbaikan blog ini.
Pilih "Nama/Url" kalau tidak punya akun google