Responsive Ads Here

Wednesday, August 10, 2016

Gerakan Pramuka

Gerakan Pramuka


Temani Kontingen Jakarta, Wagub DKI Janji Ikut Jamnas 2016

Posted: 10 Aug 2016 12:37 AM PDT

Temani Kontingen Jakarta, Wagub DKI Janji Ikut Jamnas 2016

Kak Djarot Saiful Hidayat, melepas keberangkatan Kontingen Daerah Gerakan Pramuka DKI Jakarta ke Jambore Nasional (Jamnas) X 2016 di Balai Kota DKI Jakarta

Jakarta, Usai mengikuti upacara pelepasan kontingen daerah Pramuka DKI Jakarta ke Jambore Nasional ke-10 2016 di Balai Kota DKI Jakarta,‎ Rabu (10/8/2016) Wakil Gubernur DKI Jakarta Kak Djarot Saiful Hidayat berjanji akan ikut kegiatan Jamnas‎ menemani adik-adik pramuka.

Serentak anggota kontingen Pramuka DKI Jakarta yang mendengarnya langsung bertepuk tangan mendengar janji Kak D‎jarot.

“Insya Allah, saya dan Kakak Pras (Ketua DPRD DKI) akan hadir di Bumi Perkemahan Cibubur untuk berkumpul bersama adik-adik semua ikut Jambore Nasional,” ujar Kak  Djarot. ‎

Kak Djarot mengingatkan bahwa tahun ini Jakarta menjadi tuan rumah Jambore Nasional yang dilaksanakan di Bumi Perkemahan Cibubur. Secara tidak langsung, kontingen Pramuka DKI Jakarta menjadi duta.

“Kakak-kakak dan adik-adik bukan hanya mewakili diri kalian sendiri tapi ingatlah bahwa kalian adalah utusan duta yang mewakili seluruh anggota Pramuka di Jakarta,” ujar Kak Djarot.

Kak Djarot ingin anggota Pramuka DKI Jakarta yang ikut dalam Jambore Nasional tersebut bisa memberi contoh yang baik untuk anggota kontingen daerah lain. Serta memberi informasi yang baik tentang pemerintahan di Jakarta sekarang.

Jumlah peserta dari Jakarta yang akan mengikuti Jambore Nasional X 2016 sebanyak ‎ 251 orang. Jambore ini diselenggarakan di Bumi Perkemahan Cibubur pada 14 Agustus sampai 21 Agustus 2016 dengan peserta 25 ribu.‎ (HA / Humas Kwarnas)‎

Pesan Wagub DKI Terhadap Kontingen Jakarta Sebelum Ikut Jamnas

Posted: 09 Aug 2016 11:41 PM PDT

Pesan Wagub DKI Terhadap Kontingen Jakarta Sebelum Ikut Jamnas 2016

Kak Djarot Saiful Hidayat, melepas keberangkatan Kontingen Daerah Gerakan Pramuka DKI Jakarta ke Jambore Nasional (Jamnas) X 2016 di Balai Kota DKI Jakarta

Jakarta, Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta Kak Djarot Saiful Hidayat, melepas keberangkatan Kontingen Daerah Gerakan Pramuka DKI Jakarta ke Jambore Nasional (Jamnas) X 2016 di Balai Kota DKI Jakarta pada Rabu, 10 Agustus 2016.

Selain menyampaikan pujian, Kak Djarot juga memberi masukan kepada para siswa yang tergabung dalam kontingen agar bisa menjadi kebanggan Indonesia pada saat Jamnas.‎

“Tapi saya minta itu yel-yelnya kan sudah bagus, mungkin ada lomba juga ya nanti. Jadi akan lebih bagus lagi kalau ada gerakannya, spirit robot. Kalau bisa ya ada gerakan, jadi betul-betul menarik semangat, dengan kompak begitu,” kata Kak Djarot mengomentari yel kekompakan kontingen di Jakarta.

Lebih lanjut Kak Djarot mengatakan bahwa Jamnas merupakan kesempatan emas yang hanya berlangsung sekali dalam lima tahun. Oleh karena itu, dia berharap, kontingen asal Ibu Kota bisa mengukir prestasi dan nanti bisa berkesempatan untuk ikut di dalam Jambore Internasional.

“Mereka akan bertemu dengan kontingen-kontingen se-Indonesia maupun dari luar negeri. Kedua, yang jadi tuan rumah kan otomatis DKI Jakarta, kan tempatnya di Cibubur. Nah, mereka duta-duta kita yang bisa menghadirkan, memberikan informasi tentang situasi Jakarta seperti apa, sistem pemerintahannya seperti apa,” jelasnya.

Jamnas sendiri akan dilaksanakan di Bumi Perkemahan Pramuka Cibubur, Jakarta 14-21 Agustus 2016 dengan peserta 25 ribu dari pramuka penggalang. Rencananya, pembukaan akan dihadiri oleh Presiden Joko Widodo. ‎(HA/Humas Kwarnas)

Ka Kwarnas Lantik Pimpinan Saka Wanabakti ‎dan Kapaltaru Tingkat Nasional

Posted: 09 Aug 2016 04:49 AM PDT

Kak Kwarnas Lantik Pimpinan Saka Wanabakti ‎dan Kapaltaru Tingkat Nasional 01

Kak Adhyaksa Dault ‎melantik Kak Bambang Hendroyono sebagai pimpinan Saka Wanabakti dan Kalpataru tingkat nasional

Jakarta- Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Kak Adhyaksa Dault  ‎melantik Kak Bambang Hendroyono sebagai pimpinan Saka Wanabakti dan Kalpataru tingkat nasional sekaligus mengambil sumpah jabatan pada seluruh pengurus baru.

Acara pelantikan berlangsung ‎di kantor Kementerian lingkungan Hidup dan Kehutanan Jl. Jend Gatot Subroto, Selasa (9/8/2016). Acara pelantikan juga dihadiri oleh Menteri Lingkungan Hidup Siti Nurbaya, serta para pejabat kementerian.

Dalam sambutanya, Kak Adhyaksa mengatakan, ‎ ‎setiap anggota Pramuka punya rasa tanggung jawab terhadap pelestarian lingkungan hidup dan hutan. Sebab, Saka Wanabakti adalah wadah yang dibentuk untuk Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega dalam melaksanakan kegiatan nyata, produktif dan bermanfaat.

"Pramuka Harus Peduli Pelestarian Lingkungan Hidup dan Hutan, mari kita menanamkan rasa tanggungjawab terhadap pelestarian lingkungan hidup dan hutan pada generasi muda kita," ujar Kak Adhyaksa di lokasi. ‎

Tidak lupa, mantan Menteri Pemuda dan Olahraga ini selalu berpesan tentang pentingnya nilai-nilai yang terkandung dalam Dasa Dharma Pramuka sebagai pedoman pemimpin baru Saka Wanabakti. ‎

"Di Dasa Darma kedua tertulis Cinta alam dan kasih sayang sesama manusia, karena itu ke depan Pramuka harus peduli pelestarian lingkungan hidup dan hutan, pelantikan hari ini adalah hal yang bersejarah, " ujar Kak Adhyaks‎a.(HA / Humas Kwarnas).

Kak Kwarnas Lantik Pimpinan Saka Wanabakti ‎dan Kapaltaru Tingkat Nasional

Berhasil Capai Puncak Kilimanjaro, KBRI Nairobi Beri Kenang-Kenangan untuk Pramuka

Posted: 09 Aug 2016 03:27 AM PDT

Kak Eko terima plakat kenang-kenangan dari KBRI Nairobi untuk Pramuka Indonesia 01

Kak Eko terima plakat kenang-kenangan dari KBRI Nairobi untuk Pramuka Indonesia

Jakarta, Setelah berhasil mencapai puncak gunung tertinggi di Afrika Kilimanjaro, Andalan Nasional Gerakan Pramuka urusan Pengabdian Masyarakat dan Pengabdian Bencana Kak Eko Sulistio mendatangi Kantor KBRI Nairobi Kenya untuk istirahat dan persiapan pulang ke Indonesia.

Kedatangan Kak Eko bersama Tim Ekspedisi Kilimanjaro Afrika disambut baik oleh Duta Besar KBRI Nairobi ‎Soehardjono Sastromihardjo beserta para stafnya. Dubes senang melihat prestasi anak bangsa yang berhasil mengibarkan bendera merah putih dan pramuka di puncak Kilimanjaro.

“Kami ucapkan selamat kepada Pramuka Indonesia yang berhasil mencapai atap gunung tertinggi di Afrika  kolaborasi ‎dengan KBRI Nairobi. Sungguh ini prestasi yang membanggakan untuk anak bangsa,” katanya, melalui pesan tertulis, Selasa (9/8/2016).

Kak Eko menuturkan, Kak ‎Soehardjono‎ memberikan kenang-kenangan berupa plakat untuk Pramuka Indonesia, sebagai bentuk apresiasi atas pencapaian mendaki Kilimanjaro. ‎

Menurutnya, banyak hal yang disampaikan Kak Soehardjono kepada Kak Eko. Di antaranya Soehardjono memberikan salam kepada seluruh pengurus Kwarnas. Ia‎ mengaku kenal dekat dengan Waka Kwarnas Bidang Hubungan Luar Negeri Kak Ahmad Rusdi.

“Tidak lupa Kak Soehardjono juga sempat mengucapkan sukseskan Jamnas 2016 Keren, Gembira Asyik,” ‎tuturnya.

Tidak lupa, KBRI juga menyampaikan informasi, pihaknya membutuhkan anak pramuka untuk magang di KBRI Nairobi selama dua sampai tiga bulan. Seluruh biaya transpotasi, akomodasi dan uang saku akan ditanggung pihak KBRI Nairobi. ‎

‎”Ada permintaan magang bantu KBRI di Kantor UN-UNEP United Nation Environment Program,” jelasnya. ‎

Diberitakan sebelumnya, Kak Eko berhasil mencapai puncak Kilimanjaro di Stella ‎Point dengan ketinggian 5.756 MDPL.‎ Perjalanan untuk sampai puncak membutuhkan waktu kurang lebih delapan hari. Ekspedisi ini sekaligus dalam rangka memperingati hari Pramuka ke 55 dan Hut RI ke 71. (HA / Humas Kwarnas).

Kak Eko terima plakat kenang-kenangan dari KBRI Nairobi untuk Pramuka Indonesia

</>center

Kontingen Gudep KBRI Kuala Lumpur Ikuti Upacara Pelepasan Jambore Nasional 2016

Posted: 09 Aug 2016 03:03 AM PDT

Kontingen Gudep KBRI Kuala Lumpur Ikuti Upcara Pelepasan Jambore Nasional 2016

Kontingen Gudep KBRI Kuala Lumpur Ikuti Upcara Pelepasan Jambore Nasional 2016

Kuala Lumpur, Duta Besar KBRI Kuala Lumpur, Marsekal TNI Purn Herman Prayitno selaku Ka Mabigus Gudep KBRI KL 09 Agustus 2016 diwakili Atase Penerangan Sosial dan Budaya Tri Gustono menghadiri upacara pelepasan kontingen Jambore Nasional 2016 di Aula Hasanudin KBRI Kuala Lumpur.

Mabigus Tri Gustono dalam amanatnya menyampaikan apresiasi kepada kontingen Gudep KBRI Kuala Lumpur Jambore Nasional ke X 2016 di Cibubur Indonesia. Sekaligus menyampaikan amanat Duta Besar Sebagai Ka Mabigus agar seluruh kontingen dapat menjaga nama baik Gudep KBRI dihadapan peserta Jamnas lainnya di tanah air.

" Amanat Duta besar kepada seluruh kontingen agar dapat menjadi duta bangsa Indonesia Malaysia, kontingen harus menunjukkan citra yang baik sebagai anak Indonesia, saya berharap kecintaan kalian kepada tanah air semakin besar dengan momen Jamnas ini," ungkap Tri Gustono mewakili Ka Mabigus.

Sementara itu, Prof. Ari Purbayanto Atase Pendidikan KBRI Kuala Lumpur 09 Agustus 2016 berharap kontingen Jambore Nasional 2016 Gudep KBRI Kuala Lumpur dapat menumbuh kembangkan semangat nasionalisme saat berada jauh dari tanah air.

Menurut Prof Ari, kegiatan pramuka diluar negara sangatlah penting untuk membangun apresiasi anak-anak Indonesia terhadap bangsanya.Anak-anak bangsa perlu menyadari perhatian pemerintah terhdap merekasangatlah besar meskipun berada di luar negara.

"Anak-anak harus bersyukur atas besarnya perhatian pemerintah terhadap mereka, kehadiran negara harus dapat dirasakan dimanapun mereka berada, hal inilah yang selalu menjadi catatan pemerintah kepada seluruh anak bangsa diluar negara, sebagai wujud kecintaannya terhadap bangsa, " ujar Prof Ari yang juga merupakan wakil ketua harian Mabigus Gudep KBRI Kuala Lumpur.

Sebagai duta bangsa di luar negara, kegiatan Pramuka merupakan wujud dari kecintaan tehadap bangsa, diharapkan seluruh kontingen anak bangsa yang mewakili Gudep KBRI Kuala Lumpur dapat menunjukkan citranya saat bergabung dengan kontingen lainnya di tanah air.

12 Orang kontingen Jamnas 2016 yang diberangkatkan terdiri dari 7 orang Putra dan 5 orang Putri. Semua peserta merupkan siswa siswi Sekolah Indonesia Kuala Lumpur yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Menurut rencana kontingen akan berada di Cibubur  Indonesia pada 14-21 Agustus 2016.

Keberangkatan kontingen Jambore Nasional Gudep KBRI Kuala Lumpur akan dipimpin langsung oleh ketua Gudep KBRI Kuala Lumpur Joko Satria beserta dua orang pelatih putra dan putri.

Sejunlah orangtua yang hadir dalam upacara pelepasan juga menaruh harapan besar kepada putra putrinya dapat membawa nama baik Sekolah Indonesia Kuala Lumpur maupun Gudep KBRI KL.

Seperti yang diungkapkan Widya, wali murid dari Nisa kontingen putri mengaku bangga dengan terpilihnya anaknya sebagai salah satu peserta Jamnas, berharap putinya dapat menjadi contoh dan mempraktekkan ilmu kepramukaan yang telah diberikan selama berlatih di Gudep KBRI KL.

" Nisa anak saya kebetulan adalah anak pertama, terus terang saya sempat kaget ketika nama Nisa terpilih mewakili kontingen putri, banyak perubahan sikap menjadi lebih baik semenjak Nisa bergabung di pramuka. Semoga saja event Jamnas ini dapat menjadikan Nisa dan kontingen lainnya memiliki semangat kebangsaan yang lebih tinggi lagi," jelas Widya. (Humas Kwarnas)

No comments:

Post a Comment

Terimakasih atas kunjungannya, Tinggalkan komentar untuk perbaikan blog ini.
Pilih "Nama/Url" kalau tidak punya akun google