Responsive Ads Here

Catatan Kembaranas 2015

Posted: 18 Nov 2015 06:40 PM PST

Kembara Nasional SAKO Pramuka SIT Indonesia

Kegiatan ini dilaksanakan di Ujung Kulon Banten 30 Sept-04 oktober 2015 lalu. Kembaranas di ikuti oleh 66 penegak SMAIT seluruh Indonesia. Yang menarik dari kegiatan ini adalah pembekalan sebelum berangkat ke Ujung Kulon berupa Gladian di Pusdiklatnas Pramuka  Cibubur berupa Wawasan Kebangsaan dari salah satu tokoh Pemuda Nasional dan anggota DPR RI Mustafa Kamal. Materi Basic Survival dihutan dan dipantai dipandu oleh Kak Fauzi Nahdi sebagai Ka. Div Bina Muda Pinsakonas Pramuka SIT dilanjutkan dengan Motivasi dan Teknik Komunikasi Massa oleh Kak Fikri selaku Ketua Pinsakonas Pramuka SIT.

Tantangan dimulai manakala peserta harus berangkat menggunakan bis kecil tengah malam menuju Ujung Kulon sepanjang malam sampai siang hari.
Tidak perlu lama peserta dan panitia beristirahat yang kemudian mendapat wejangan spesial dari petugas kawasan cagar alam Ujung Kulon mengenai kelestarian lingkungan cagar alam Ujung Kulon terutama Banteng Liar dan Badak Bercula Satu satwa langka khas Indonesia.

Pengembaraan pun dimulai ketika menyebrang dengan 3 perahu kecil menuju Pulau Peucang selama 3 jam perjalanan laut. Apatah dikata sampai di Pulau Peucang ternyata awal malam sdh tiba. Rombongan langsung mempraktekan teknik Survival dgn membuat bivak sebagai tenda darurat di pinggir pantai, angin pantai yg keras tidak menyurutkan setiap sangga bahu membahu membuat tenda. Rasa lelahpun mempercepat peserta untuk segera masak dan makan malam. Namun aroma masakan peserta mampu menarik penciuman para penghuni pulau, satu persatu muncul babi hutan yg kemudian diiringi rusa yg mengincar makanan peserta. Kehebohanpun terjadi manakala peserta dan panitia harus mengusir gerombolan binatang tersebut. Semakin malam semakin seru, tapi akhirnya peserta kewalahn hanya mampu bertahan di bivaknya masing-masing sambil mengamankan perbekalan. Kembali rasa lelah dan angin kencang akhirnya membuat kami terbuai lelap tidur.

Pagi pukul 04.00 hampir semua peserta sudah berada di lapangan untuk sholat tahajud dilanjutkan dengan sholat Shubuh berjamaah, kultum dan dzikir Ma'tsurat. Pagi itu kita harus segera bergegas packing peralatan membuat masakan sarapan masing-masing sangga. Karena bila terlambat dan tidak awas diri penghuni pulau lain segera berdatangan, ya segerombolan kera kecil mengicar apa saja yg bisa mereka rebut dari kami. Kehebohanpun terjadi kembali setelah beberapa kera berhasil merampas perbekalan, seru dan lucu jadinya karena mereka mungkin mengangap kami penyedia makanan gratis apalagi dimusim panas yg makanan mereka agak langka.

Pengembaraan berlanjut melintasi hutan Pulau Peucang sampai ke Karang Copong. Satu persatu setiap sangga menikmati pemandangan pantai yg mengarah ke laut selatan sekaligus selat Sunda sambil mendapatkan taujih tentang kebesaran Allah atas ciptaanNya oleh para Pembina mereka.

Rasanya tidak puas berada di Karang Copong tapi kami harus segera melintasi Pulau dan kembali ke Pulau Jawa. Kapal merapat di Cibom tempat pengembalaan Banteng Liar, sepintas kami lalui karena hari sudah siang dan kami harus mengembara melewati hutan Ujung Kulon. Semangat dan kekompakan menyatu dalam kekuatan disetiap diri-diri kami, saling membantu sesama dan mawas diri juga segala keterampilan dan pemahaman kepramukaan ternyata bermanfaat besar pada pengembaraan ini. Selalu bersiap siaga karena melintasi hutan belantara diantara tapak-tapak binatang liar semisal ular, serangga, badak dan banteng liar.

Tepat di tengah hutan disekitar tempat satu-satunya sumber air yg bisa diminum kami melepas lelah dgn sholat dan masak  makan siang. Semangat kami membara kembali seakan di charge dengan sholat dan makan siang yg hampir sore. Medan pengebaraan semakin menantang, jalan menyempit diantara pepohonan dan jurang, menaiki bukit terjal, menuruni lembah curam, melintasi sungai dan itu kami lewati dengan tas ransel dipunggung. Deburan ombak sayup terdengar diantara bukit-bukit terjal yg kami daki menjadikan semangat makin menggelora mengalahkan letih dan luka-luka goresan tumbuhan berduri sepanjang perjalanan. Tepat pukul 17.00 sangga terakhir sampai di ujung pantai indah tak terlupakan. Deburan ombak pantai selatan menghampar luas samudera Hindia dan pantai Karang memberikan pandangan keajaiban ciptaan Allah.  Tak kuasa menahan haru campur gembira atas keindahan alam membuat kami terbuai dengan foto-foto selfie. Subhanallah.

Malam menjelang kamipun harus kembali kepenghambaan ibadah kepada Rabb yang Maha Agung. Sholat berjamaah kultum dan dzikir mengingat Allah. Bagi kami ini saat yang tepat untuk mempraktekan pengetahuan survival di pantai, masak rimba, membuat bivak dan membuat acara ukhuwah persaudaraan. Malam persaudaraanpun digelar dengan sederhana dibuat dan direncanakan langsung oleh para peserta tanpa bantuan Pembinanya.

Deburan Ombak Samudera Hindia seakan menina bobokan kami, tapi pukul 2 pagi kami hrs segera berkemas kembali. Bongkar bivak, masak untuk sarapan kemudian berwudhu dgn air payau,  bersegera sholat tahajud, sholat Shubuh, kultum dan dzikir Ma'tsurat. Pukul 5 pagi diantara remang-remang menjelang pagi kami mengatur diri berbanjar melintasi pantai ujung laut selatan diiringi deburan ombak yg menenerpa dinding-dinding karang tegar sedalam 10-20 meter ke bawah pantai.

Setelah komitmen bersama dan mencanangkan lating kegiatan dengan nama Badai Rimba Selatan (BRS) kami pun bertolak kembali mengembara melintasi hutan dan pengembalaan Banteng Liar menapaki jejak-jejak Badak Jawa. Setelah melewati 5 jam perjalanan menembus Rimba kamipun tiba kembali di Cibom dan mempraktekkan persiapan survival laut, sampai kapal menjemput kami. Perjalanan laut selama 4 jam kami lampaui dgn istirahat dan menikmati keindahan laut sepanjang perjalanan.
Pukul 15.30 kami tiba di Taman Jaya tempat 2 hari yang lalu kami transit ke Pulau Peucang, disambut oleh para Penggalang yg sengaja berlatih pramuka dan melakukan kegiatan Persami bersama kami. Segar ketika bisa mandi dengan air bersih setelah 3 hari menundanya.

Sambutan meriah juga datang dari Kak Sukro Muhab selaku Andalan Nasional Kwarnas Gerakan Pramuka yg diiringi para pengurus Pinsakonas Pramuka SIT beserta Ka. Kwaran Sumur. Malam itu cukup meriah karena kami bisa berkumpul bersama masyarakat dan adik-adik penggalang Kwaran Sumur. Saling berbagi sesama saudara dengan memberikan santunan berupa sembako, kornet qurban, buku tulis dan pencil.
Pada malam kebersamaan ini juga diberikan scraft Kembaranas, sertifikat dan 7 badge kelulusan Kembaranas ,  Tigor (Tiska Gotong royong) sedang penyematan wing pengembaraan diberikan di Pangkalan Sekolah masing-masing.

Esok harinya, di Taman Jaya seakan waktu tidak ingin berlalu begitu saja. Kegiatan berikutnya adalah penanaman pohon Butun di sepanjang pesisir Ujung Kulon bukti bahwa Pramuka SIT peduli akan lingkungan dengan menanam pohon Butun sebagai upaya mencegah abrasi air laut yang terus merangsek ke pemukiman penduduk.
Siang itu rasanya kaki berat meninggalkan Ujung Kulon dengan segala kenangan perjuangan hidup di alam terbuka, pengembaraan siang dan malam, ukhuwah kebersamaan sesama penegak dari berbagai daerah Nusantara. Tugas Berat menanti dihadapan dan kami siap memikulnya karena nyatanya adalah "Kamilah Indonesia".