Setiap kelompok harus menemukan 10 nomor yang diacak dan di sebar di lapangan. Mereka harus menyebutkan bersamaan nomor yang ditemukan dengan syarat harus urut dari angka terkecil di tempat menemukannya.

Alat

Disc dengan angka 1-20 atau 30.
Lapangan yang luas

Peserta

Tiap kelompok terdiri dari 10-30 orang

Alokasi Waktu

5 menit untuk briefing
5 menit untuk diskusi kelompok
30 menit untuk pelaksanaan
10 menit untuk diskusi pengambilan kesimpulan

Cara Bermain

  • Siapkan angka dari 1 sampai 20 atau 30. tTiap kali permainan ambil secara acak 10 angka saja.
  • Buat 10 titik di lapangan yang mudah ditemukan peserta, misalnya beri tanda dengan bendera. lalu letakkan 10 angka acak tadi. Letakkan angka di bawah agar peserta harus mendekat untuk melihat angkanya.
  • Tugas tiap kelompok adalah melihat angka-angka tersebut, mengambil angkanya dan meneriakkan bersama-sama angka yang diambilnya. 
  • Aturannya: Saat mengambil dan meneriakkan angka, semua anggota kelompok harus jadi satu, tidak boleh ada anggota kelompok yang terpisah di titik lain.
  • Jika ternyata angka yang diambil tidak urut dari yang terkecil, maka kelompok tersebut dianggap gagal.
  • Beri waktu untuk diskusi merencanakan strategi.
  • Tiap kelompok biasanya akan menggunakan strategi yang berdeda-beda. Tapi strategi terbaik adalah menyebar semua anggota untuk melihat angka-angkanya, lalu berkumpul lagi untuk mengambil angka bersama-sama satu kelompok. karena jika mereka melihat angka bersama-samaakan butuh waktu lebih lama untuk meyakinkan bahwa angka yang mereka temukan adalah angka yang terkecil dahulu.
  • Kelompok dengan waktu tercepat untuk menemukan 10 angka tanpa kesalahan adalah pemenangnya.

Variasi

Buat cerita untuk mendramatisir dan membuat permainan lebih menarik. Misalnya, peserta adalah anti virus komputer yang harus menemukan virus-virus secara berurutuan dari yang terkecil. Jika urutan salah, maka virus akan aktif dan merusak software dalam komputer.

Kesimpulan

Bagaimana cara peserta mengatasi tugas dalam permainan ini?
Apa strategi mereka?
Apa pelajaran yang hisa diambil dari permainan ini?

Sumber Referensi