Permasalahan nyata, membutuhkan solusi nyata. Permainan berbasis problem solving ini menjadi analogi pentingnya keutuhan dan kerjasama yang teroganisir dalam suatu kelompok jika ingin sukses.

 

Alat


  • Telur 
  • Sedotan
  • Plester



Jumlah sedotan disesuaikan, lakukan percobaan terlebih dahulu untuk memperkirakan jumlah sedotang yang ideal. Bisa juga ditambahkan benda lain untuk membantu membuat pelindung telur.


Alokasi waktu


30-45 menit untuk membuat pelindung telur.
15-30 menit untuk menguji telur.
15-45 menit untuk diskusi pengambilan kesimpulan.


Petunjuk Permainan

  • Bagi peserta dalam beberapa kelompok untuk memberikan unsur kompetisi.
  • Berika semua perlengkapan pada masing-masing kelompok.
  • Tugasnya adalah melindungi telut dengan alat dan bahan yang disediakan. Jelaskan jika nantinya telur tersebut akan dijatuhkan dari lantai 2. Berarti pelindung harus mampu membuat telur tidak pecah.
  • Jika ada waktu, berikan kesempatan untuk mempresentasikan hasil karya tiap kelompok.
  • Telur benar-benar dijatuhkan dari ketinggian. Atau dilempar hingga setinggi 4 meter jika tidak ada tempat tinggi. Berikan reward untuk kelompok yang bisa membuat pelindung yang behasil menjaga telur dari benturan.



Catatan Fasilitator


Cara paling efektof adalah menata dan mengikat salah satu ujung sedotan dengan kuat dan rapat. Masukkan telur dalam jalinan sedotan lalu tiupkan udara dalam semua sedotan sehingga  sedotan mengeras. Ikat ujung sedotan yang lain agar udara tak keluar.



Kesimpulan


Dalam permainan ini terdapat analogi organisasi. Telur diibaratkan sebagai program dari organisasi tersebut. Sedangkan sedotan adalah anggota dari organisasi yang bertugas membawa program organisasi sehingga bisa mencapai tujuan organisasi dengan sukses. Peralatan lain adalan potensi yang bila dimanfaatkan dengan tepat akan sangat membantu.


Setiap satu sedotan sangat penting artinya. Jika kurang satu unsur saja, maka sebuah organisasi bisa gagal total.


Sumber Referensi
http://www.geocities.com/r_dman2000/egg_drop_project.htm  
http://png-eppl.blogspot.com/2008/07/79-wednesday-great-egg-drop.html  
http://www.flickr.com/search/?q=egg drop&w=all