Responsive Ads Here

Thursday, October 15, 2015

Gerakan Pramuka

Gerakan Pramuka


92 Guru SMP Kupang Ikut Kursus Mahir Tingkat Dasar

Posted: 14 Oct 2015 11:09 PM PDT

unduhan

POS KUPANG.COM, BORONG – Sebanyak 92 guru sekolah menengah pertama (SMP) calon pendidik pembina pramuka yang berasal dari Rayon Flores Barat meliputi Kabupaten Ngada, Manggarai Timur (Matim), Manggarai dan Kabupaten Manggarai Barat (Mabar), mengikuti kursus mahir tingkat dasar (KMD) sejak Senin (12/10/2015) sampai Minggu (18/10/2015) di Mok Desa Mbengan, Kecamatan Kota Komba.

Wakil Ketua Pramuka Kwartir Daerah (Kwarda) Provinsi NTT Bidang Bina Muda, Yos Pangkur, didampingi Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan Daerah NTT, Frans Mooy, ketika ditemui seusai acara pembukaan kegiatan KMD di Hotel Charisma Borong, Selasa (13/10/2015), menjelaskan, di tahun 2015 Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan NTT menghibahkan anggaran melalui dana block grand kepada kwartir daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka NTT untuk menyelenggarakan KMD bagi guru-guru SMP di seluruh NTT.

Kegiatan itu dibagi dalam lima rayon, yakni Rayon Flores bagian Barat, Rayon Flores bagian Timur, Rayon Timor bagian Barat, Rayon Timor bagian Timur dan Rayon Sumba.

Untuk Rayon Flores bagian Barat meliputi Kabupaten Ngada, Matim, Manggarai dan Mabar yang dilaksanakan di Mok, Kabupaten Matim, diikuti 92 orang calon pembina. Rinciannya, dari Kabupaten Ngada 14 orang, Mabar 28 orang, Manggarai 14 orang, dan Matim 36 orang. Sementara jumlah pelatih 14 orang, masing-masing dari Kwarda NTT empat orang, Kwarcab Kota Kupang satu orang, Kwarcab Mabar dua orang, Kwarcab Matim dua orang, Kwarcab Ngada dua orang dan Kwarcab Manggarai tiga orang.

Pangkur mengatakan, kegiatan tersebut untuk memberikan dukungan penyelenggaraan KMD bagi pembina pramuka di SMP di seluruh NTT guna meningkatkan kemampuan guru-guru dalam pemahaman, penguasaan keterampilan dan penerapan pendidikan kepramukaan di sekolah-sekolah. Sebab pramuka merupakan kegiatan kurikuler di sekolah. (rob)

Editor: Kanis_Jehola

No comments:

Post a Comment

Terimakasih atas kunjungannya, Tinggalkan komentar untuk perbaikan blog ini.
Pilih "Nama/Url" kalau tidak punya akun google