Responsive Ads Here

Monday, October 19, 2015

Gerakan Pramuka

Gerakan Pramuka


Peduli Asap, Puluhan Pramuka padamkan api

Posted: 18 Oct 2015 11:17 PM PDT

IMG_20151014_160115

Peran Pramuka Dalam Bencana Asap.

Sebagai bentuk keterlibatan dan kepedulian Pramuka terhadap  bencana asap, setiap tahun Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Kalimantan Tengah aktif membantu. Tahun ini telah membagikan 12 ribu masker kepada masyarakat , selain masker, mereka juga turun langsung membantu posko pengendalian kebakaran hutan dan lahan, membantu posko pelayanan kesehatan dengan mengirim bantuan satu unit ambulan milik kwarda Kalteng dan turut melakukan sosialisasi pengobatan gratis.

"Selama satu bulan yang lalu, kita telah mengirimkan 30 orang anggota Pramuka, yang dibagi dalam 3 tim. Tim ini berperan siginifikan membantu pemadaman secara langsung di lokasi kebakaran. Ini darurat, karena tahun ini, asap yang ada lebih tebal dari tahun sebelumnya". Ujar Kak Ir. Saptawarto, MP Waka Kwarda Gerakan Pramuka Kalimantan Tengah Bid. Keuangan dan Aset saat diwawancarai via telephone, Sabtu, 17 Oktober 2015.

Keterbatasan sarana-prasarana, seperti biaya, peralatan, pakaian, tidak menyurutkan kepedulian Pramuka Kalimantan Tengah. "Yang penting dengan peralatan seadanya, dengan realitas lahan gambut nya sulit untuk dipadamkan. kita tetap berupaya membantu  mengatasi bencana asap ini, demi kepentingan masyarakat" Imbuh Kak Sapta

Pasalnya, udara yang dihirup masyarakat sekitar sudah  tidak sehat, jarak panjang hanya 20 Meter, asap mulai berubah kekuningan, ditambah hujan yang tak kunjung tiba. Sehingga masyarakat dihimbau untuk tidak beraktivitas diluar rumah, jika tidak terlalu penting sekali, disarankan lebih baik tetap dirumah. Seandainya ingin aktivitas diluar rumah, usahakan memakai masker standar, seperti N95.

Di sisi lain, sebanyak 25 anggota Pramuka, teridiri dari unsur Dewan Kerja Nasional, Dewan Kerja Daerah bersama Pramuka penegak/pandega  bekerjasama dengan "Mesengger of peace" juga turut membantu dalam bencana asap. Terjun langsung ke lokasi kebakaran hutan untuk memadamkan api, dan 600 masker berhasil dibagikan. "Kami sebagai Pemuda yang telah digembleng di Pramuka, merasa terpanggil. Jiwa Pramuka itu rela menolong dan cinta kelestarian alam. Meskipun bantuan masker agak terhambat karena jadwal penerbangan pesawat, kami tetap membantu apapun yang bisa kami perbuat.  Untuk sesama manusia" Papar Kak Muhammad Immawan Syahwali anggota Dewan Kerja Nasional.

Tidak hanya di Kalteng, dalam pantauan, Pramuka Jambi, Sumatera Selatan, Riau, dan Kalimantan Selatan beserta Pramuka dari sabang sampai merauke juga turut andil bahu-membahu berperan aktif dalam bencana asap yang tak kunjung lenyap ini.

Lebih lanjut, Kak Sapta dan Ka Immawan, berpesan kepada Pramuka Indonesia, jadilah pionir untuk mencintai kelestarian lingkungan, agar bencana-benaca lingkungan bisa diminimalisir, sehingga kita dapat hidup bersinergi dengan keindahan alam.

Ratusan Siswa Ikuti Kegiatan Jambore Kwarran Mijen

Posted: 18 Oct 2015 09:50 PM PDT

pramuka-400x241

Sebanyak 660 siswa mengikuti kegiatan Jambore Kwartir Ranting (Kwarran) 33015 Kecamatan Mijen, Jumat – Minggu (16-18/10) bertempat di Lapangan Karangmalang, Mijen.

Para siswa penggalang tersebut berasal dari 34 sekolah SD dan lima sekolah SMP, baik negeri dan swasta serta MI se-UPTD Pendidikan Kecamatan Mijen.

Ketua Kwarran Mijen Edi Sutono mengatakan, kegiatan ini digelar selama tiga hari.

"Adapun kegiatan selama tiga hari ini, yakni dimulai dengan pembukaan, permainan besar dan api unggun serta hiking dengan menempuh 3 km untuk SD, dan 5 km untuk SMP yang mengambil rute dengan berkeliling di sekitar Kelurahan Karangmalang," ungkapnya.

Kemudian peserta menelusuri beberapa pos, seperti pos semapore, pos morse, pos P3K, pos pengetahuan umum dan pengetahuan umum kepramukaan (PU dan PUK), Pasukan Baris-berbaris (PBB) dan tali temali.

"Sedangkan Sabtu malam (17/10)  juga ditampilkan pentas seni untuk para peserta dan karangpamitan bagi pembina. Tak hanya menghibur para peserta tapi juga warga sekitar di panggung utama di area perkemahan," terangnya, Minggu (18/10).

Edi Sutono menambahkan, diharapkan kegiatan tersebut bisa memotivasi keaktifan di pangkalan gugus depan masing-masing dalam melakukan kegiatan pelatihan untuk adik-adik penggalang.

Kegiatan ekstra pramuka, tambahnya, banyak manfaatnya untuk para siswa. "Misalnya diperoleh jiwa patriotisme, kesetiakawanan, mandiri dan gotong royong. Menumbuhkan rasa cinta tanah air itu penting, selain melatih disiplin," ucapnya.

Juara dalam Jambore itu, yakni untuk tingkat SD di kategori Putri SD Muha Plus berhasil menjadi juara satu, lalu SD Al Azhar sebagai juara dua dan SD MI Mif Huda duduk di juara tiga.

Sedangkan untuk kategori Putra sebagai juara satu disabet SD Ngadirjo 03, juara dua Muha Plus, dan juara tiga MI Mif Shibyan.

Juara satu tingkat SMP kategori Putri diraih oleh SMPN N 23, SMP Nuris juara dua, dan SMP N 35 juara tiga. Dan untuk SMP di kategori Putra, juara satu SMP Nuris, juara dua SMP N 23, dan SMP 35 juara tiga.

SEMARANG, suaramerdeka.com

Peduli Lingkungan,Pramuka Ta’mirul Tanam 1000 Pohon

Posted: 18 Oct 2015 09:45 PM PDT

1445162910
“Untuk menumbuhkan rasa peduli terhadap lingkungan, anak bisa dilatih mencintai alam sedari dini. Semisal dengan mengajak mereka, untuk menghijaukan kembali lahan yang gundul tanpa pepohonan.” Seperti yang dilakukan para siswa Sekolah Dasar (SD) Ta'mirul Islam Surakarta, mereka dilatih untuk memiliki kepedulian terhadap alam, dengan cara menanam ribuan bibit pohon mahoni di kawasan Desa Ngesrep, Ngemplak, Kabupaten Boyolali, Sabtu (17/10) sore.

Ketua Panitia kemah bakti Rudi Handoko penanaman 1000 pohon tersebut, dilaksanakan bekerjasama dengan Koramil Ngemplak. "Secara simbolis kita tanam 100 pohon di lokasi ini, sedangkan sisanya kita serahkan kepada pihak Koramil" terang Rudi.

Kegiatan penanaman 1000 pohon ini juga disambut dengan baik pihak Koramil Ngemplak. Danramil Ngemplak, Guntur Raharjo, mengatakanpihaknya berharap kegiatan semacam ini dapat terus berlanjut.

"Kami mengapresiasi kegiatan positif seperti ini. Semoga pohon yang sudah ditanam bisa dirawat dengan baik," kata dia.

Salah satu siswa yang ikut menanam pohon, Muhammad Luthfi, mengaku senang dapat membantu untuk menghijaukan kembali lahan yang gundul. "Ini pengalaman pertama saya menanam pohon, semoga nanti pohonnya bisa tumbuh besar dan bermanfaat," ujar siswa kelas VI SD Ta'mirul itu.

Ditemui terpisah, Kepala Sekolah SD Ta'mirul Islam, Slamet, mengungkapkan acara menamam pohon ini menjadi rangkaian kegiatan kemah bakti sosial Pramuka SD/MI/SMP Ta'mirul Islam, yang dilaksanakan selama 2 hari, Sabtu-Ahad (16-17/10).

"Selain acara menanam pohon, pada kegiatan kali ini kami juga membagikan 1 ton beras dan bantuan pendidikan untuk siswa tidak mampu di lingkungan setempat. Kami harapkan dengan kegiatan ini, para siswa lebih mandiri dan peduli kepada sesama," ungkap Slamet.

Dalam kegiatan yang bertajuk "Kembali ke Desa" ini, para siswa medapatkan banyak pengalaman, mulai dari berlatih mendirikan tenda hingga ketrampilan lainnya.

 

Sumber:NU Online

Meriahkan Gerak Jalan Pramuka, Ratusan Regu berbondong penuhi Tenggarong

Posted: 18 Oct 2015 09:40 PM PDT

 

 

Topening22ENGGARONG – Sebanyak 1.380 pelajar yang tergabung dalam 138 regu mengikuti gerak jalan dalam rangka memperingati Hari Gerakan Pramuka ke-54 di Tenggarong, Kutai Kartanagara (Kukar), Sabtu (17/10).
Gerak jalan itu dilepas Staf Ahli Bupati, H Suriansyah di monumen Pancasila atau di depan Masjid Agung Sultan Sulaiman, Tenggarong.
Panita acara, Ali Husni mengatakan, kegiatan itu diikuti peserta dari tingkat Penggalang SD baik putra maupun putri sebanyak 57 regu, Penggalang SMP putra dan putri 43 regu, serta tingkat Penegak putra mupun putri berjumlah 38  regu. "Peserta tidak hanya dari Tenggarong saja, tetapi juga dari sekolah-sekolah di beberapa kecamatan se Kukar," ujarnya saat ditemui di sela-sela pelepasan gerak jalan.
Gerak jalan tersebut menempuh rute dari Monumen Pancasila, melintasi Museum Mulawarman menuju Jl Jendral Sudirman terus ke Jl KH Akhmad Mukhsin, berbelok ke Jl Imam Bonjol, dan melintasi jl Jendral A Yani untuk kembali ke Finish di halaman Masjid Agung Sultan Sulaiman, Tenggarong.
Ali mengatakan kegiatan tersebut selain ajang silaturahim antar peserta dari berbagai Kwartir Ranting, juga meningkatkan kekompakan dan membangun semangat persatuan.
Pelepasan gerak jalan tersebut selain dihadiri pengurus Kwarcab Kukar serta hadir juga Kabag Kesra Setkab Kukar HM Arsad. (hmp02)

62 Kelompok Ikuti Petualangan Pemuda

Posted: 18 Oct 2015 09:34 PM PDT

 

IMG_7398

alam rangka peringatan Sumpah Pemuda Tahun 2015, Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda Dan Olahraga (Dinbudparpora) Kabupaten Purbalingga menggelar Lomba Petualangan Pemuda. Sejumlah 62 group/kelompok dari unsur pemuda andil dalam kegiatan yang secara resmi dibuka oleh Penjabat Bupati Purbalingga di Lapangan Desa Onje Kecamatan Mrebet, Minggu (18/10).

"Lomba yang diikuti 62 grup/kelompok serta masing-masing kelompok jumlahnya delapan orang, semuanya dari unsur pemuda. Mulai dari organisasi kepemudaan, Karang Taruna, pecinta alam pramuka dan lain sebagainya," terang Kepala Dibudparpora Kabupaten Purbalingga Subeno, saat menyampaikan laporan kegiatan pada pembukaan Lomba Petualangan Pemuda Tahun 2015 Kabupaten Purbalingga.

Menurut Subeno, peserta lomba akan menempuh rute/jalur  sebanyak lima pos yang diawali dari Sungai Klawing. Semua peserta tanpa kecuali akan menyeberangi Sungai Klawing dengan dipandu oleh tim. "Pada pos pertama semua peserta akan menyeberangi Sungai Klawing yang dipandu oleh tim untuk pengamanan. Pos selanjutnya di Segara Wulung Desa Tangkisan, pos ketiga di SDN Sindang, pos keempat Desa Banjaran dan pos terakhir di Dukuh Mesir Desa Onje," tuturnya.

Kemudian, kata Subeno, peserta selain mengikuti jalan berpetualang, di setiap pos akan diberikan semacam tes tentang wawasan kebangsaan, pengetahuan umum, penguasaan terhadap lagu wajib, pengusaan terhadap budaya daerah serta  pariwisata daerah. "Dan  pada pos terakhir di Dusun Mesir akan dilaksanakan tes fisik yaitu seluruh peserta harus merayap. Dalam lomba ini, panitia menyediakan total hadiah Rp3.250.000 ditambah piala dan piagam," jelasnya.

Subeno menandaskan, kedepan kegiatan semacam ini akan menjadi agenda rutin oleh Dinbudparpora dalam rangka untuk mengembangkan generasi muda dengan pendekatan komprehensif yang bukan hanya melakukan petualangan. "Namun kedepan kegiatan semacam ini juga diberikan pengetahuan penguasaan dalam bidang pariwisata, pemuda juga bidang keolahragaan dan sebagainya," tandasnya.

Penjabat Bupati Purbalingga Budi Wibowo mengatakan, pihaknya mengapresiasi kegiatan yang dilakukan Dinbudparpora. Hal tersebut yang sudah menginisiasi memotivasi pemuda juga merupakan kegiatan prospektif. "Saya yakin kegiatan seperti ini akan mendapatkan dukungan dari berbagai pihak, hal ini nampak dari jumlah peserta yang cukup banyak. Mudah-mudahan kegiatan semacam ini terus berlanjut pada tahun ini dan seterusnya serta menjadi kegiatan rutin ketika menjelang Sumpah Pemuda," pintanya.

Budi menambahkan, kegiatan semacam ini diharapkan dapat memberikan inspirasi serta motivasi kepada generasi muda untuk bagaimana berperan kepada bangsa  dan Negara. "Dengan kegiatan semacam ini pemuda diharapkan memebri inspirasi dan motivasi sehingga pemuda tidak hanya memikirkan dirinya sendiri. Akan tetapi pemuda juga mampu dalam menghadapi atau menghindari  ancaman yang ada di sekitar kita baik ancaman regional maupun iternasional. Selain itu, kegiatan ini juga dapat menghantar dan mengarahkan generasi muda secara keseluruhan untuk ikut berperan dalam pembangunan serta ikut mendarmabaktikan kepada masyarakat, lingkungan dan Negara. Apabila ini semua dilaksanakan, maka lengkaplah sudah apa yang dilaksanakan oleh pemuda seperti yang dicita-citakan oleh pendiri bangsa ini,"

Penutupan Jota Joti Internasional, Pramuka Indonesia paling antusias

Posted: 18 Oct 2015 09:20 PM PDT

lowres-2015-badge

Jambore on the air dan jambore on the internet merupakan suatu kegiatan kepramukaan yg bertujuan untuk menumbuh kembangkan kemampuan para anggota pramuka melalui jaringan internet dan frekuensi udara. Kegiatan ini sendiri berlangsung dari tgl 16 sampai 18 oktober 2015 dan diselenggarakan di gedung. Tirta Teja, Taman Rekreasi Wiladatika Cibubur Jakarta.

Kegiatan yg sudah berjalan selama 3 hari ini diharapkan dapat memberikan efek yg berguna bagi para anggota pramuka dikemudian harinya. Seperti yg paparkan ka kLidya Freyani ketika penutupan kegiatan jota dan joti Internasional, Waka Bidang Bina Anggota Dewasa ini mengatakan “Seharusnya kegiatan jota dan joti ini jangan hanya melibatkan anggota pramuka setingkat penggalang, penegak ataupun pandega saja, kalau bisa anggota pramuka setingkat siaga juga bisa dilibatkan karena efek dari kegiatan ini sungguh luar biasa selain hanya menyambungkan antar anggota pramuka disetiap daerah. Berbagi pengalaman adalah aspek penting dalam kegiatan iniserta mengajarkan mereka cara untuk mengoperasikan radio amatir” dan ia melanjutkan alangkah baikknya kegiatan jota dan joti untuk tahun depan semua kwartir daerah juga sudah ikut dalam memeriahkan acara ini, mungkin mereka yang tidak mengikuti kegiatan ini didaerahnya karena keterbatasan alat, semoga ditahun depan kwarnas dapat memenuhi kekurangannya sehingga mereka juga bisa ikut dalam kegiatan ini didaerahnya masing2.

Kegiatan ini secara resmi ditutup oleh ka lidya dengan percobaan langsung QSO penutupan dengan kwarda jawa barat melalui jota dan dkd kaltim melalui joti digedung tirta teja, cibubur, pada tgl 16 oktober 2015. Kegiatan jota dan joti nasional ini sendiri merupakan kegiatan yg sudah berjalan yg ke-78 (jota) dan ke-36 (joti) serta partisipasinya dalam the 58th world jota & 19th world joti.

 

Ribuan Pramuka BerJambore skala Internasional melalui radio dan Internet

Posted: 18 Oct 2015 09:13 PM PDT

 

 

 

lowres-2015-badge

 

Setelah sukses dengan acara jambore on the air dan jambore on the internet tingkat nasional, Kwartir nasional gerakan pramuka tidak hanya berhenti disitu saja. Dengan bertujuan mengembangkan kemampuan para anggota pramuka melalui internet dan frekuensi udara. Kwartir nasional bersama dengan Organisasi Radio Republik Indonesia (ORARI)  menggelar acara serupa dengan jangkauan yg lebih luas yaitu jota dan joti internasional.

Jota dan joti internasional ini diselenggarakan di gedung Tirta Teja, taman rekreasi wiladatika,cibubur,jakarta yang berlangsung dari tgl 16-18 oktber 2015. Kegiatan ini secara resmi dibuka oleh Waka kwarnas bidang (orgakum) dr. P.A Kodrat Pramudo, M.kes. dalam pidatonya beliau mengatakan ” dengan tema "connect dan communication". Kita harus membangun komunikasi yang baik, karena dari komunikasi kita bisa mendapatkan efek yg luar biasa, dan ia berharap kalau bisa komunikasi yg terjalin ini jgn hanya berlangsung dikegiatan ini tapi harus berkelanjutan”. Seusai pembukaan acara ini kak Kodrat juga menyempatkan diri untuk melakukan QSO perdana Jota dengan waka kwarda jawa barat dan Joti dengan Dewan Kerja Daerah DKD Yogyakarta.

Selain itu ka Kodrat juga mengatakan karena sekarang ini merupakan era Globalisasi, bahkan pasti tidak akan ada seorang anggota pramuka yang tidak menggunakan internet dalam aktivitas sehari2nya, maka dari itu gerakan pramuka harus bisa mengimbangi para anggotanya karena kalu tidak, gerakan pramuka bisa tertinggal oleh anggotanya, dan ia juga berpesan kalau bisa dalam kegiatan jota joti ini gerakan pramuka bisa menggandeng kemenkominfo dalam menjalankan acara ini, dan seusai kegiatan kalau bisa dibuatkan sebuah sertifikat untuk anggota pramuka yg menunjukan sebuah kecakapan ia dalam bidang tertentu, sehingga ia dapat sesuatu bekal yg bisa dibawa mudah2an dapat berguna juga bagi mereka kedepannya dalam mencari pekerjaan.

Acara jota internasional ini sendiri sudah berlangsung yg ke-58 th dan joti intenasional yg ke-19th. Pembukaan acara ini juga turut dihadiri waka kwarnas bidang lingkungan hidup Drs.H.Abdul Shobur, S.H, M.M, para Andalan Nasional, Dewan Kerja Nasional dan pengurus ORARI pusat.

No comments:

Post a Comment

Terimakasih atas kunjungannya, Tinggalkan komentar untuk perbaikan blog ini.
Pilih "Nama/Url" kalau tidak punya akun google