Responsive Ads Here

Saturday, October 10, 2015

Gerakan Pramuka

Gerakan Pramuka


Kaderisasi Anggota Baru, UKM Pramuka Gelar OCA

Posted: 09 Oct 2015 04:46 PM PDT

 

12106980_964469600281207_4196266743307483190_n

 

 

gentaandalas.com- Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Pramuka Universitas Andalas (Unand) melaksanakan Pembukaan Orientasi Calon Anggota (OCA) 2015 di Ruang Seminar Pusat Kegiatan Mahasiswa (PKM), Jumat (9/10). Kegiatan Putra Putri Swarnadwipa ini dilaksanakan mulai September 2015 hingga Maret 2016 dengan jumlah pendaftar 43 orang terdiri 28 putri dan 15 putra.

Dalam pelaporannya, Wahyu Wibi Sono, Ketua Sangga Kerja mengatakan UKM pramuka merupakan wadah bagi mahasiswa untuk meningkatkan kualitas diri dan manajemen waktu. "Kader kepemimpinan yang berkualitas dapat dijadikan sebagai penunjang bagi masyarakat yang sedang krisis kepemimpinan. Melaui ini, kita dapat merekrut mahasiswa untuk menambah wawasan dan pengetahuannya," ujarnya.

Dalam sambutannya, Aprisal mengatakan saat ini sedang dibangun bumi perkemahan yang berguna untuk mensejahterakan kegiatan UKM Pramuka. "Kini telah tersedia sarana prasarana bagi mahasiswa untuk menjadi bagian dari keanggotaan pramuka. Sehingga soft skill dapat terasah dan meningkatkan daya saing di kegiatan pramuka," ungkap Wakil Rektor III Unand ini.

Kurnia Santi, calon anggota pramuka dari Fakultas Hukum Unand menyampaikan UKM pramuka merupakan organisasi pilihannya sejak menduduki bangku sekolah menengah. "Sejak SMA saya sudah aktif kegiatan pramuka. Jadi ingin memperdalam berorganisasi pramuka," katanya. (Devi, Rina)

Sumber : Genta Andalas

Jelang Kemah Muharram, MI Sudirman Latihan Bikin Dragbar

Posted: 09 Oct 2015 04:43 PM PDT

 

gmail

 

 

 

 

KOTA PEKALONGAN – Menjelang pelaksanaan Kemah 1 Muharram, siswa Madrasah Ibtidaiyah Sudirman (MIS) berlatih membuat dragbar, dalam latihan Pramuka yang rutin dilaksanakan pada pukul 10.30 sampai 11.05 WIB di aula sekolah, Kamis (8/10).

Kepalah Sekolah MIS Sudirman, Budiman SAg mengatakan, "Mereka harus melaksanakan pelatihan secara aktif dari awal sampai akhir, sehingga bisa optimal di lomba 1 Muharram nanti," jelasnya kepada Radar.

Sementara itu, Pembina Pramuka MI Sudirman, Moh Septiono Riyadi menjelaskan dragbar tersebut merupakan serangkain alat yang terdiri dari bambu dan tali, kemudian disatukan sehingga bisa dibuat sebagai alat pandu pertolongan.

Ia menyebutkan dengan pelatihan secara aktif, harapannya mereka bisa menjadi yang terbaik dalam lomba yang akan diselenggarakan nanti.

Septiono, panggilan akrabnya, menambahkan, langkah-langka pembuatan dragbar itu sendiri adalah yang pertama siswa harus menyiapkan sejumlah bambu yang mempunyai ukuran serta panjang yang sama, dengan jumlah 2 bambu yang berukuran pendek dan 2 bambu yang berukuran panjang. Kemudian yang kedua adalah persiapkan tali pramuka dengan ukuran yang sesuai dan bentuk formasi dragbar.

Selanjutnya, siswa melakukan praktik tali-temali yang biasa dilakukan dalam latihan Pramuka. Sebab, melalui Pramuka siswa sudah terbiasa dilatih.

"Pramuka bisa membuat mereka bisa menjadi lebih disiplin dan berperilaku baik," ujarnya.

Pihaknya juga menambahkan, dalam lomba nanti akan mengirimkan kurang lebih 60 siswa yang terdiri dari kelas 4, 5 dan 6, karena mereka sudah besar dan mempunyai cukup tenaga yang lebih baik jika dibandingkan dengan siswa kelas 3 kebawah.(ap1)

Penulis: Muh Maulana Mirza | Radar Pekalongan
Redaktur: Dalal Muslimin

No comments:

Post a Comment

Terimakasih atas kunjungannya, Tinggalkan komentar untuk perbaikan blog ini.
Pilih "Nama/Url" kalau tidak punya akun google