Responsive Ads Here

Saturday, December 24, 2011

Tim Litbang Kwarnas Kunjungi Bangka : Harapkan Masukan Untuk Kemajuan Pramuka

Dalam rangka untuk memajukan gerakan pramuka Indonesia, Tim Penelitian dan Pengembangan (Litbang) Kwartir Nasional Pramuka, Jumat (16/12) mengunjungi Kwartir Bangka Belitung dan mengharapkan masukan dan saran. Masukan dan saran ini sebagai bahan penelitian perubahan usia penggolongan gerakan pramuka. Hal ini disebabkan selama 50 tahun belum ada perubahan penggolonggan usia pramuka. Tim Litbang Kwarnas ini diterima Staf Ahli Bupati Murjadi di OR Bina Praja.

“Sejak tahun 1961 sampai sekarang belum ada perubahan penggolongan usia ini. Ini dimaksudkan untuk menampung aspirasi dari daerah-daerah karena ada persoalan khususnya golongan penggalang ada dua penggalang yang berpangkalan di SD dan SMP. Supaya tidak terjadi persepsi seperti itu ini dilakukan peninjauan kembali untuk disesuaikan dengan perkembangan zaman,” ungkap Suyaman, Andalan Nasional Bidang Pendidikan dan Litbang Kwarnas Pramuka.

Lebih lanjut ia menjelaskan sekarang ini ada kecemburuan di kalangan pembina pramuka SD yang merasa diabaikan karena pada jambore nasional tidak diikutsertakan yang hanya diperuntukkan bagi penggalang tingkat SLTP dan SLTA.

“Penggalang di SD tidak diikutsertakan pada jambore nasional. Kalau diikutkan kurang bisa mengimbangi baik itu pola pikir, kondisi kejiwaan maupun kondisi fisik antara SD dengan SMP,” kata Suyaman.

Sekarang ini ungkap Suyaman ada persepsi jambore penggalang SD/MI ada padahal dalam PP tidak ada yang ada hanya jambore karena itu diharapkan ke depan satu persepsi sehingga tidak menimbulkan kesenjangan dalam hal kegiatan. Disamping itu juga ada rencana dan wacana untuk mengakomodir PAUD/TK dimana perlu adanya pendidikan karakter dini sehingga diupayakan ada prasiaga diperuntukan bagi anak-anak PAUD dan TK. Hasil penelitian ini akan dijadikan pijakan dalam merancang penggolongan usia sekaligus adanya prasiaga. (lutfi)

Sumber: www.bangka.go.id

No comments:

Post a Comment

Terimakasih atas kunjungannya, Tinggalkan komentar untuk perbaikan blog ini.
Pilih "Nama/Url" kalau tidak punya akun google