Responsive Ads Here

Saturday, December 24, 2011

Gerakan Pramuka Selenggarakan Bintek Pendidikan Karakter Bangsa

Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kota Sukabumi, bekerja sama dengan Direktorat P2TK Pendidikan Dasar Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, baru-baru ini menyelenggarakan Bimbingan Teknis (Bintek) Pendidikan Karakter Bangsa. Bintek yang diikuti oleh 40 orang peserta, yang terdiri dari para Ketua Kwartir Ranting (Kwaran) dan para Pembina Pramuka se Kota Sukabumi ini, dibuka secara resmi oleh Walikota Sukabumi, selaku Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) Gerakan Pramuka Kota Sukabumi, H. Mokhamad Muslikh Abdussyukur, S.H., M.Si.

Andalan Humas dan Abdimas Kwarcab Gerakan Pramuka Kota Sukabumi, selaku Sekretaris Panitia Penyelenggara, Drs. Amir Machmud K.H., yang lebih dikenal dengan panggilan Bah Digma ini menjelaskan, Bintek tersebut belangsung selama 2 hari, tepatnya dari tanggal 15 sampai dengan 16 Desember 2011, bertempat di Metting Room Hotel Edelweis Kota Sukabumi, dilanjutkan praktik dan simulasi selama 1 hari, tepatnya pada tanggal 17 Desember 2011, bertempat di Bumi Perkemahan (Buper) Cikundul, Kecamatan Lembursitu, Kota Sukabumi.

Adapun materi yang disampaikan dalam Bintek tersebut, terdiri dari Kebijakan Pendidikan Nasional dan Kebijakan Kwartir Nasional (Kwarnas) Tentang Pendidikan Karakter Bangsa, Pola Pendidikan Karakter Bangsa, Pendidikan Kepramukaan, Organisasi dan Administrasi Gugus Depan, Cara Mendidik Anak dengan menggunakan prisinp dasar kepramukaan, metoda kepramukaan dan sistem among, Memahami Peserta Didik Siaga dan Penggalang serta kebutuhannya, Permainan Sebagai Alat Pendidikan dan contoh-contohnya, Menciptakan Permainan Berbasis Karakter Bangsa, Praktik dan Simulasi Contoh Permainan Berbasis Karakter Bangsa, Api Unggun Sebagai Alat Pendidikan, dan Penyusunan Rencana Kegiatan Tindak Lanjut atau RTKL. Materi tersebut disampaikan oleh Kepala Dinas Pendidikan Kota Sukabumi, Drs. Ayep Supriatna, M.M., Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Kota Sukabumi, H. Sanusi Harjadireja, M.Pd., serta oleh 10 orang Pelatih Bintek.

Sedangkan maksud dan tujuan dilaksanakannya Bintek tersebut, sebagai salah satu upaya memberikan acuan dan arahan kepada para guru dan tenaga pendidik di satuan pendidikan dasar, khususnya dalam melaksanakan pendidikan karakter bangsa, baik di lingkungan pendidikan maupun di lingkungan keluarga dan masyarakat, dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, juga meningkatkan kompetensi para pendidik, terutama para guru dan tenaga pendidik, melalui kegiatan kepramukaan, yang diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, khususnya di lingkungan pendidikan, umumnya di lingkungan keluarga dan masyarakat. (Endang)

Sumber: www.sukabumikota.go.id - http://pramuka.or.id

No comments:

Post a Comment

Terimakasih atas kunjungannya, Tinggalkan komentar untuk perbaikan blog ini.
Pilih "Nama/Url" kalau tidak punya akun google