Responsive Ads Here

Monday, November 7, 2016

Gerakan Pramuka

Gerakan Pramuka


Pramuka Gudep KBRI Kuala Lumpur Ikuti Latihan Search And Rescue Pemadam Kebakaran

Posted: 06 Nov 2016 08:43 PM PST

Pramuka Gudep KBRI Kuala Lumpur Ikuti Latihan Search And Rescue Pemadam Kebakaran -10
Pramuka Gudep KBRI Kuala Lumpur Saat Mengikuti Latihan Search And Rescue Pemadam Kebakaran (Foto: Humas Kwarnas)
« 1 dari 3 »

Kuala Lumpur, Sabtu, 5/11/16 Pramuka penggalang Gudep KBRI ikuti latihan penyelamatan darurat di Balai Bomba Sentul Kuala Lumpur. Tuan Zakaria Pegawai Bomba Kanan II Sentul Kuala Lumpur menjelaskan, kunjungan dan latihan ini penting guna memastikan pelajar memahami bagaimana memberikan pertolongan pertama ketika terjadi musibah kebakaran ataupun bencana lainnya.

” Pramuka Indonesia dalam kunjungan kali ini kami ajarkan bagaimana menyelamatkan diri ketika terjadi bencana. Misalnya kebakaran, hal pertama yang harus dilakukan adalah jauhi api. Jika dalam gedung pastikan segera meninggalkan gedung dan menjauh dari api,”ungkap Zakaria.

Dalam kunjungan tersebut Pramuka penggalang juga diperkenalkan dengan alat – alat sederhana yang bisa digunakan ketika dalam keadaan darurat. Api akan besar karna adanya oksigen disekitaran, sehingga pertolongan pertama jika terjadi kebakaran dapat dipadamkan dengan bantuan karung ataupun blangket basah namun jika api sangat besar pastikan menjauh dari api.

Joko Satria Kagudep KBRI Kuala Lumpur menjelaskan, yang paling penting dari latihan ini adalah pramuka paham bagaimana menyelamatkan diri ketika terjadi kebakaran.

” Sebelum api besar tentunya pertolongan pertama harus di lakukan, dengan pengetahuan yang di dapatkan melalui pelatihan ini diharapkan adik-adik paham bagaiman melakukan pertolongan pertama sekitanya terjadi kebakaran di lingkungan mereka,” jelas Joko.

Peserta latihan terlihat antusias menanyakan sejumlah pertanyaan kepada pemateri. Siqin salah seorang peserta mengaku mendapatkan ilmu baru dengan kunjungan ini. Menurutnya sebelumnya Ia tidak pernah tau cara menyelamatkan diri jika terjadi kebakaran di dalam bangunan. Pemateri menjelaskan dengan sangat jelas prosedur penyelamatan untuk situasi darurat.

“Sebelumnya tidak pernah terpikir bagaimana menyelamatkan diri jika terjadi kebakaran, dengan penjelasan yang begitu detail dari petugas dapat menambah pengetahuan saya jika terjadi situasi darurat disekitar saya,” jelas Siqin.

Bagian akhir dari kegiatan pelatihan peserta juga dikenalkan dengan bahagian dan cara penggunaan alat-alat pada mobil pemadam kebakaran.(DA)

Kwarran Balapulang Adakan Lomba Gudep

Posted: 06 Nov 2016 02:06 AM PST

Kwartir Ranting Gerakan Pramuka Balapulang mengadakan Lomba Gugus Depan (Gudep) Tergiat tahun 2016. | Foto : Nur Hasan / Humas Kwarcab Tegal

Kwartir Ranting Gerakan Pramuka Balapulang mengadakan Lomba Gugus Depan (Gudep) Tergiat tahun 2016. | Foto : Nur Hasan / Humas Kwarcab Tegal

BALAPULANG – Kwartir Ranting Gerakan Pramuka Balapulang mengadakan Lomba Gugus Depan (Gudep) Tergiat tahun 2016. Lomba diperuntukan untuk Gudep yang berpangkalan di SMA sederajat se wilayah Balapulang.

Sekretaris Kwarran Balapulang Mu Ali Saputra selaku Ketua Tim lomba Gudep mengatakan, tujuan diadakanya penilaian Administrasi / lomba Gudep adalah untuk menyetarakan administrasi gudep sesuai dengan aturan yang ada yaitu Sismintir Gerakan Pramuka. Selain itu, dalam kegiatan yang dikemas dengan pembinaan dan penilaian dalam lomba tersebut akan terus menggelorakan semangat pada pembinaan karakter generasi muda melalui gerakan pramuka di wilayah Kwarran Balapulang.

"Alhamdullillah semua Gudep Penegak menyambut antusias kegiatan ini. Bahkan para Pembina sangat luar biasa mengharapkan setiap tahun agar diadakan penilaian dan pembinaan gudep," ujarnya.

Menurut Ali, dalam penilaian Lomba Gudep Tergiat 2016, Tim Kwarran Balapulang melakukan penilaian atas kinerja 6 Gudep SMA/MA/SMK dalam pelaksanaan kegiatan selama Januari – Desember 2015. Kegiatan itu meliput bidang Kegiatan Peserta Didik, Organisasi dan Hukum, Humas dan Abdimas, Keuangan dan Sarpras.

Adapun penilaian berlangsung mulai tanggal 21 Oktober 2016 di Gudep SMAN 1 Balapulang, tanggal 22 Oktober 2016 di SMA Al Muawanah Harjawinangun, tanggal 28 Oktober 2016 di MA Darussalam Kalibakung, tanggal 29 Oktober 2016 di SMK Darussalam Kalibakung, tanggal 11 Nopember 2016 di MA Islamiyah Danawarih dan tanggal 12 Nopember 2016 di MA Al Ittihad Balapulang. (Humas)

No comments:

Post a Comment

Terimakasih atas kunjungannya, Tinggalkan komentar untuk perbaikan blog ini.
Pilih "Nama/Url" kalau tidak punya akun google