Responsive Ads Here

Saturday, November 5, 2016

Gerakan Pramuka

Gerakan Pramuka


Persiapkan Raimuna Nasional 2017, Dewan Kerja Gerakan Pramuka dari 34 Provinsi Rapat Koordinasi di Bali

Posted: 04 Nov 2016 10:27 PM PDT

Rapat Koordinasi Dewan Kerja Daerah, 4 - 6 November 2016

Rapat Koordinasi Dewan Kerja Daerah, 4 – 6 November 2016

Bali – Jelang Raimuna Nasional Gerakan Pramuka 2017, Dewan Kerja Nasional (DKN) Gerakan Pramuka  mengadakan rapat koordinasi di Hotel Adhi Jaya, Kuta, Bali 4-6 November 2016. Kegiatan ini dihadiri 68 perwakilan Dewan Kerja dari 34 Provinsi di Indonesia dan Pengurus DKN.

Menurut Kak Yudha Adhyaksa, Ketua DKN Gerakan Pramuka, tujuan rakor ini memperkuat kebersamaan Dewan Kerja, banyak kegiatan besar yang akan dihadapi pada 2017, salah satunya Raimuna Nasional pada Agustus 2017 di Jakarta.

"Ada dua agenda utama yang kita diskusikan, pertama tentang internal Dewan Kerja, kedua, menerima masukan-masukan untuk kesuksesan Raimuna Nasional, sesuai pesan Ketua Kwarnas, Kak Adhyaksa Dault, semua kegiatan di Pramuka harus dipersiapkan dengan sempurna,” jelas Kak Yudha  di Bali, (05/11/2017).‎

Rapat Koordinasi ini dibuka oleh Kak Abdul Sobur Waka Kwarnas Gerakan Pramuka didampingi Kak Susi Yuliati Waka Kwarnas Gerakan Pramuka Bidang Bina Anggota Dewasa, hadir juga Kak Rizal Kotta dan Kak Hariqo Wibawa Satria, keduanya Andalan Nasional Kwarnas Gerakan Pramuka.

"Jambore Nasional dengan 25 ribu peserta sudah sukses kita laksanakan, sekarang Raimuna Nasional juga harus lebih sukses, saya yakin adik-adik disini mampu. Oleh karena itu pertemuan ini jadikan sebagai ajang saling mengenal antar panitia, agar komunikasi lancar saat Raimuna nanti,”  ungkap Kak Abdul Sobur dalam sambutannya di lokasi acara.

Sementara itu, Kak Hariqo Wibawa menyampaikan evaluasi publikasi dan dokumentasi Jambore Nasional pada Agustus 2016 lalu. Menurut Kak Hariqo, salah satu kunci sukses publikasi dan dokumentasi adalah konten yang menarik, dan hubungan baik dengan semua pihak.

"Sebelum Jambore Nasional, kita banyak me mengadakan lomba berbasis media sosial, teman-teman jurnalis juga sangat membantu. Kita juga banyak dibantu oleh relawan media dari berbagai daerah, ada Humas Kwarda, Kwarcab juga, intinya Jamnas kemarin kolaborasi banyak pihak, ini harus kita lakukan dengan lebih baik di Raimuna Nasional,” jelas Kak Hariqo.

Raimuna berasal dari dari Bahasa Ambai, dari daerah Yapen Timur, Kab Yapen, Papua. Kata Raimuna merupakan gabungan dua kata yaitu “Rai” dan “Muna”. “Rai” berarti sekelompok orang yang berkumpul untuk mencapai tujuan tertentu yang ditetapkan bersama.

Sedangkan “Muna” adalah daya kekuatan jiwa seseorang yang berpengaruh baik dalam mencapai kesuksesan. Jadi Raimuna memiliki arti sekelompok orang yang hidup dalam suatu kekuatan dengan dijiwai oleh sesuatu daya kekuatan yang selalu memberi semangat tinggi dalam mencapai tujuan.

Raimuna di tingkat Kwartir Nasional disebut Raimuna Nasional atau biasa disingkat dengan Rainas. Raimuna Nasional diadakan setiap 4 tahun sekali. Raimuna Nasional diikuti oleh Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega perwakilan dari masing-masing Kwartir Daerah (provinsi). Perwakilan masing-masing provinsi ini biasanya diambilkan dari masing-masing Kwartir Daerah (kabupaten).‎ (HA/Humas Kwarnas)

Rapat Koordinasi Dewan Kerja Daerah, 4 - 6 November 2016

Rapat Koordinasi Dewan Kerja Daerah, 4 – 6 November 2016

Lomba Foto Pramuka “Guruku, Pahlawanku”

Posted: 04 Nov 2016 08:25 AM PDT

img-20161030-wa0008

Dalam rangka Hari Pahlawan Nasional tahun 2016, Kwartir Nasional Gerakan Pramuka mengadakan lomba foto dengan tema: “Guruku, Pahlawanku”. Caranya:

  1. Follow akun Twitter @kwarnas, akun Instagram @gerakanpramuka, like di fanpage Facebook Kwartir Nasional Gerakan Pramuka & subscribed akun Youtube Gerakan Pramuka.
  2. Foto diri kakak-kakak dengan menggunakan seragam Pramuka lengkap bersama Guru kakak-kakak, baik Guru Sekolah, Pembina Pramuka, Guru Ngaji, Guru Les dan Guru-Guru lainnya. *Guru tidak harus memakai seragam Pramuka.
  3. Kirimkan hasil foto kakak-kakak ke email : fotopramuka@gmail.com dengan subject: Nama Lengkap_Asal Daerah_Lomba Foto Pramuka. Sertakan juga di badan email: Nama Lengkap_Alamat Lengkap_No HP_Akun Twitter & Akun Instagram_Keterangan profesi Guru di bidang apa.
  4. Jangan lupa, mention & tag foto kakak-kakak ke akun Twitter @kwarnas serta akun Instagram @gerakanpramuka dengan Tagar #GurukuPahlawanku dan #GerakanPramuka. Share juga ke akun Facebook pribadi Kakak-kakak. Setiap peserta maksimal mengirimkan 2 foto.
  5. Periode lomba ini 1-20 November 2016 pukul 24.00 WIB. Pemenang akan diumumkan pada tanggal 30 November 2016 melalui www.pramuka.or.id dan seluruh akun media sosial Kwarnas.
  6. Tiga pemenang foto terbaik hasil penilaian dewan juri akan mendapatkan masing-masing hadiah sebesar Rp. 2.000.000,- (Dua Juta Rupiah) dan Sepuluh pemenang foto terfavorit hasil pilihan dewan juri akan mendapatkan masing-masing hadiah sebesar Rp. 1.000.000,- (Satu Juta Rupiah).

Panitia :

Kak Nining 0857 7439 3969

Kak Nurul 0838 7462 8589

Kak Mia 0858 8996 1086

No comments:

Post a Comment

Terimakasih atas kunjungannya, Tinggalkan komentar untuk perbaikan blog ini.
Pilih "Nama/Url" kalau tidak punya akun google