Responsive Ads Here

Friday, November 25, 2016

Gerakan Pramuka

Gerakan Pramuka


Dilantik Sebagai Kepala Pusdiklatnas, Kak Suyatno Janji Teruskan Program Kak Ganet

Posted: 24 Nov 2016 11:01 PM PST

Serah terima jabatan Ketua dan Wakil Pusdiklatnas, pagi ini Jumat, 25 November 2016, dari Ketua lama, Kak Budi Utomo alias Ganet kepada Ketua baru Kak Suyatno, di Gedung Pusdiklatnas, Cibubur. (Foto: Kak Sis / Humas Kwarnas)

Serah terima jabatan Kepala dan Wakil Pusdiklatnas, pagi ini Jumat, 25 November 2016, dari Ketua lama, Kak Budi Utomo alias Ganet kepada Ketua baru Kak Suyatno, di Gedung Pusdiklatnas, Cibubur. (Foto: Kak Sis / Humas Kwarnas)

Jakarta – Kwartir Nasional Gerakan Pramuka melakukan serah terima jabatan kepala dan wakil kepala Pusdiklatnas  dari Kepala lama, Kak Budi Utomo alias Ganet kepada Kepala baru Kak Suyatno, di Gedung Pusdiklatnas, Cibubur Jakarta Timur 25 November 2016.

Kak Suyatno menyampaikan terima kasih kepada Ketua Kwarnas Kak Adhyaksa Dault karena sudah diberi kepercayaan untuk ikut serta mengembangkan Gerakan Pramuka melalui wadah Pusdiklatnas. Ia berjanji sisa dua tahun kepemimpinannya akan digunakan untuk membesarkan Pusdiklatnas secara maksimal.

“Tentu ini menjadi amanah yang harus saya emban disisa waktu kepemimpinan Kak Adhyaksa dalam dua tahun kedepan, den‎gan meneruskan program-program yang sudah dicanangkan oleh Kak Ganet,” ujar Kak Suyatno di Cibubur.

Menurutnya, banyak program-program baru yang sudah dibuat oleh Kak Ganet selama memimpin Pusdiklatnas. Program pembinaan dan pelatihan itu dinilai sudah semakin modern, kreatif dan inovatif. Sehingga kedepan, perlu ada penyusaian dari program yang lama ke yang baru.

“Saya liat suasana di Pusdiklatnas sudah banyak yang baru, saya rasa itu berhasilan di era Kak Ganet,” jelasnya.

Sementara itu, Wakil Ketua Kwarnas Bidang Bina Anggota Dewasa Susi Yuliati mengatakan, ‎ada beberapa target yang harus dicapai oleh Pusdiklatnas disisa waktu kepemimpinan Kak Adhyaksa, yakni membuat program khusus Pusdiklatnas bersama Binawasa

“Target kita menyusun kebijakan program Pembinaan Anggota Dewasa, yang harus kita sudah setarakan dengan kebijakan WOSM,” ujar Kak Susi.

Kemudian, Pusdiklatnas juga diminta membuat standar kurikulum yang bisa menjadi acuhan di daerah, kabupaten ataupun kecamatan. Untuk bisa mewujudkan itu memang tidak mudah. Tapi Kak Susi yakin, bila ini dikerjakan secara bersama-sama dalam bentuk tim, maka akan mudah.

“Saya yakin kita punya semangat yang sama sebagai tim untuk memajukan Kwarnas Gerakan Pramuka,” tuturnya.

Tidak hanya itu, Kak Susi juga meminta Pusdiklatnas membuat pelatihan khusus untuk para Andalan Nasional. Agar pengetahuan mereka tentang kepramukaan semakin luas. Sebab diakui, bahwa materi-materi kepramukaan begitu banyak dan perlu diketahui oleh para pengurus.‎ (HA)

Menyambut Indonesia Emas, Anggota Pramuka Diajarkan Penguatan Pendidikan Karakter

Posted: 24 Nov 2016 07:07 PM PST

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI bersama Kwartir Nasional Gerakan Pramuka mengadakan kegiatan kemah penguatan pendidikan karakter siswa SMA di Palace Hotel, Cipanas, Jawa Barat. (Foto: Nurul/Humas Kwarnas)

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI bersama Kwartir Nasional Gerakan Pramuka mengadakan kegiatan kemah penguatan pendidikan karakter siswa SMA di Palace Hotel, Cipanas, Jawa Barat. (Foto: Nurul/Humas Kwarnas)

Cipanas -Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI bersama Kwartir Nasional Gerakan Pramuka mengadakan kegiatan kemah penguatan pendidikan karakter siswa SMA di Palace Hotel, Cipanas, Jawa Barat. Kegiatan ini diikuti sebanyak 307 siswa SMA se-Indonesia dan akan berlangsung 24-27 November 2016.

Direktur Pembinaan Sekolah Menengah Atas Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kak Purwadi Sutanto, mengatakan kegiatan kemah penguatan pendidikan karakter siswa SMA bertujuan membentuk kepribadian siswa yang beriman, bertakwa, berakhlak mulia, berjiwa patriotik, taat hukum, disiplin, dan menjunjung tinggi nilai-nilai luhur bangsa.

Selain itu siswa juga diharapkan memiliki kecakapan hidup sebagai kader bangsa, mengamalkan Pancasila, serta melestarikan lingkungan hidup dalam menjaga dan membangun Negara Kesatuan Republik Indonesia.

"Kegiatan ini adalah bagian dari proses untuk menghadapi tantangan di masa yang akan datang. Begitu pentingnya penguatan karakter bagi para generasi muda, tentu hal ini adalah upaya menyambut Indonesia Emas pada tahun 2045 nanti. Kedepan, mereka inilah yang akan meneruskan kepemimpinan di negeri ini," kata Kak Purwadi Sutanto.

Kak Purwadi Sutanto juga mengungkapkan mengapa Kemdikbud RI menggandeng Kwartir Nasional Gerakan Pramuka dalam agenda penting ini. Menurutnya, Gerakan Pramuka adalah wadah tepat untuk membangun dan menumbuhkan nilai-nilai budi pekerti bagi para generasi penerus.

"Pramuka adalah suatu gerakan yang dari dulu sudah teruji dan ampuh sekali untuk membawa adik-adik kita ini, terutama untuk membangun atau menumbuhkan budi pekerti atau pendidikan karakter," lanjutnya.

Sementara itu, Kak Yusak MS selaku salah satu pimpinan tim fasilitator kegiatan dari Kwartir Nasional Gerakan Pramuka berharap, dengan adanya kemah penguatan pendidikan karakter ini siswa mampu meningkatkan kepedulian kakak-kakak peserta agenda ini sehingga akan menjadi teladan baik bagi orang-orang yang ada di sekitar.

"Tentu Kita berharap setelah kegiatan ini dapat menambah semangat rasa kepedulian kepada lingkungan, kepada sesama dan kepada diri sendiri, serta tidak meracuni diri sendiri dengan minum-minuman keras dan zat berbahaya lainnya. Tentu ini akan menjadi contoh teladan yang baik bagi peserta. Saya juga berharap nantinya mereka akan menjadi agen perubahan dalam penguatan pendidikan karakter," katanya.

Rencananya, kemah ini akan dibagi menjadi 2 angkatan. Angkatan ke-I pada 24-27 November 2016 dan angkatan ke-II pada 29 November 2016 – 2 Desember 2016 di Palace Hotel, Cipanas – Jawa Barat. Masing-masing angkatan dihadiri oleh 17 Kwarda, sehingga dari dua angkatan tersebut akan ada 34 Kwarda yang terlibat dalam pelaksanaan agenda ini. (Nurul/Humas Kwarnas)

No comments:

Post a Comment

Terimakasih atas kunjungannya, Tinggalkan komentar untuk perbaikan blog ini.
Pilih "Nama/Url" kalau tidak punya akun google