Responsive Ads Here

Monday, October 17, 2016

Gerakan Pramuka

Gerakan Pramuka


Pertinas SBH Pecahkan Rekor 2000 Penyuluh Kesehatan

Posted: 16 Oct 2016 10:03 PM PDT

Kak Albar (Humas Kwarnas) Sedang Wawancara dengan kak Dedi Kuswenda, Direktur  Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat Kemenkes RI/ Pelaksana Harian Saka Pramuka Bakti Husada Tingkat Nasional 2016. (Foto: Kak Udin/Humas Kwarnas)

Kak Albar (Humas Kwarnas) Sedang Wawancara dengan kak Dedi Kuswenda, Direktur Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat Kemenkes RI/ Pelaksana Harian Saka Pramuka Bakti Husada Tingkat Nasional 2016. (Foto: Kak Udin/Humas Kwarnas)

Blitar – Sesuai dengan temanya, Perkemahan Bakti Saka Bakti Husada Tingkat Nasional ke-V (Pertinas SBH) menitik beratkan pada program-program kesehatan yang bermanfaat bagi masyarakat. Sebab itu, Pertinas SBH akan melakukan penyuluhan kesehatan.

Pertinas SBH ini mengambil tema “Satuan Karya Pramuka Bakti Husada Sebagai Kader Kesehatan Berkarakter Siap Berperan Dalam Gerakan Indonesia Sehat.”‎

‎Direktur Promisi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat Kementerian Kesehatan Kak Dedi Kuswenda mengatakan, kegiatan penyuluhan kesehatan ini disebut sebagai word record‎ karena melibatkan lebih dari 2000 anggota Pramuka.

“Jadi ini yang menjadi pembeda antara Pertinas SBH lima tahun lalu dengan sekarang,” ujar Kak Dedi di Bumi Perkemahan Serut Blitar, Senin (17/10/2016).‎

Penyuluhan kesehatan ini dianggap penting untuk bersama-sama menumbuh kembangkan kesadaran pentingnya kesehatan di masyarakat. Menurutnya, persoalan kesehatan adalah persoalan krusial yang menyangkut segala aspek. Seperti halnya pepatah mengatakan kesehatan adalah segalanya, menjaga lebih baik dari pada mengobati.‎

“Kita ingin sama-sama meningkatkan kesadaran itu, meski saya yakin masyarakat sudah tahu bagaimana cara menjaga lingkungan untuk kesehatan,” tutur Kak Dedi yang juga sebagai Pelaksana Harian Saka Bakti Husada.

Materi penyuluhan yang akan dipraktikan di masyarakat yakni penyuluhan  bahan tambahan pangan berbahaya (krida obat), penyuluhan rumah sehat, penyehatan air dan sanitasi dasar (krida bina lingkungan sehat), penyuluhan kesehatan gigi dan mulut, sosialisasi gema pramatik (krida pengendalian penyakit), penyuluhan gizi seimbang, dan penyuluhan TOGA (Krida obat)‎

‎Kemah ini juga mengadakan kegiatan bakti dalam bentuk fisik seperti penghijauan, pembuatan jamban, pengecekan Poskedes, pengecetan UKS, pemberantasan sarang nyamuk, pemberian makanan tambahan, pembuatan taman TOGA, survei PHBS Rumah Tangga.

“Kegiatan ini sebenarnya sudah dipersiapkan cukup lama. Ini merupakan bagaimana SBH eksis peningkatan kualitas kesehatan masyarakat. Kita harapkan ade-ade Pramuka ini menjadi agen of change,” tutupnya.

‎Pertinas SBH akan dibuka oleh Wakil Gubernur Jawa Timur, Kak Syaifullah Yusuf selaku Ketua Kwarda. Acara pembukaan juga akan dihadiri oleh Bupati Blitar bersama wakilnya, dan juga pejabat dari Kementerian Kesehatan serta Wakil Ketua Kwarnas Bidang Lingkungan Hidup Kak Abdul Shobur.‎ (HA/Humas Kwarnas)

Resmi Ditutup, JOTA JOTI Dinilai Sesuai dengan Rebranding Pramuka

Posted: 16 Oct 2016 07:46 PM PDT

Kegiatan JOTA JOTI Nasional dan partisipasi dalam JOTA JOTI internasional resmi ditutup oleh Kak Susi Yuliati Waka Kwarnas Bidang Binawasa, Minggu 16 Oktober 2016 di Auditorium kolam renang Tirta Teja, Cibubur Jakarta. (Foto: Mia/ Humas Kwarnas)

Kegiatan JOTA JOTI Nasional dan partisipasi dalam JOTA JOTI internasional resmi ditutup oleh Kak Susi Yuliati Waka Kwarnas Bidang Binawasa, Minggu 16 Oktober 2016 di Auditorium kolam renang Tirta Teja, Cibubur Jakarta. (Foto: Mia/ Humas Kwarnas)

Jakarta – Riuh gemuruh suara peserta dan arahan narasumber di giat JOTA JOTI 2016 telah berakhir. Kegiatan JOTA JOTI Nasional dan partisipasi dalam JOTA JOTI internasional resmi ditutup oleh Kak Susi Yuliati Waka Kwarnas Bidang Binawasa, Minggu 16 Oktober 2016 di Auditorium kolam renang Tirta Teja, Cibubur Jakarta.

Kak Susi menyampaikan, tema JOTA JOTI tahun ini sangat relevan dengan salah satu branding Gerakan Pramuka yang telah dicanangkan oleh Kak Adhyaksa Dault selaku Ketua Kwarnas yaitu Scout for change.

“Scout of change yang dimaksud adalah sebagai agen perubahan yang senantiasa mengaplikasikan nilai dan norma dalam kepramukaan untuk menjadi dasar berinteraksinya peserta dalam berkomunikasi lewat JOTA dan JOTI,” ujar Kak Susi‎

Dihadapan 340 peserta lebih yang hadir pada hari terakhir Kak susi berterimakasih kepada seluruh pihak yang turut membantu atas terlaksananya kegiatan JOTA JOTI 2016.

“Saya sampaikan rasa terimakasih saya yang sedalam-dalamnya atas bantuan dan dukungan serta fasilitas yang telah diberikan oleh Tim ORARI pusat sehingga acara berjalan lancar,” ucapnya.‎

“Saya ucapkan terimakasih pula kepada kakak-kakak DKN, DKD, DKC, DKR, Guguedepan serta semua pihak yang membantu atas terlaksananya kegiatan JOTA JOTI 2016,” sambungnya.‎

Kak Susi berharap, kegiatan yang telah berjalan selama tiga hari ini mampu mengarahkan anggota Pramuka agar lebih tahu dan mengerti dalam memaksimalkan pemanfaatan teknologi informasi untuk hal-hal positif dan sebagai sarana komunikasi, informasi dan edukasi yang efektif dan efisien.‎

“Saya harapkan JOTA JOTI tahun depan setiap Kwarcab bisa membuat stasiun JOTA yang bekerja sama dengan Tim ORARI, dan untuk JOTI bekerjasama dengan ScoutLink,” ungkapnya.

Kegiatan JOTA dan JOTI ditutup oleh ka Susi secara simbolis dengan melakukan panggilan QSO kepada Kwarda Jawa Barat dan chat melalui mIRC melalui internet di Auditorium kolam renang Tirta Teja, Cibubur Jakarta.‎ (Mia/Humas Kwarnas)

Pertinas SBH, Kwarnas Tanam 2000 Pohon‎

Posted: 16 Oct 2016 06:44 PM PDT

 Kemah Bakti Saka Bakti Husada tingkat Nasional (Pertinas SBH) ke-V (Foto: Humas Kwarbas)

Kemah Bakti Saka Bakti Husada tingkat Nasional (Pertinas SBH) ke-V (Foto: Humas Kwarbas)

Blitar – Kemah Bakti Saka Bakti Husada tingkat Nasional (Pertinas SBH) ke-V diisi dengan kegiatan aksi penanaman 2000 pohon oleh Kwartir Nasional Gerakan Pramuka (Kwarnas) sebagai inisiator.

Andalan Nasional Kwarnas Bidang Lingkungan Hidup Kak Bayu Tresna mengatakan, aksi penanaman pohon ini untuk memberikan edukasi kepada anggota Pramuka agar cinta lingkungan, dengan dimulai dari hal-hal terkecil.

“Tanam pohon ini dalam rangka pemberian edukasi kepada adik-adik Pramuka untuk sadar dan peduli terhadap lingkungan sekitar,” ujar Kak Bayu, di Bumi Perkemahan Serut Blitar, Senin (17/10/2016)

‎Di usia yang masih cukup muda, pembentukan karakter untuk cinta lingkungan dinilai efektif diterapkan oleh anak-anak Pramuka. Terlebih Pramuka punya basis anggota yang besar dengan jumlah mencapai 22 juta orang.

“Ini efektif kalau coba kita masukan atau terapkan di setiap acara-acara Pramuka seperti kemah. Karena problemnya, biasanya selesai kemah lingkungan rusak. Nah, kita ingin merubah kebiasaan itu dengan hal yang positif,” jelasnya.‎

Nantinya, ‎pohon akan ditanam di area lahan masyarakat sekitar. Ada beberapa pohon yang akan ditanam diantaranya, pohon jati, nangka, sengon, jengkol, jambu merah, sirsak, trembesi, pucung dan lain-lain.

“‎Selain nanam pohon, kita juga ada edukasi pengelolaan limbah sampah dengan baik, termasuk edukasi penggunaan energi baik air maupun listrik,” terangnya.‎

Pertinas SBH tahun ini mengambil tema “Satuan Karya Pramuka Bakti Husada Sebagai Kader Kesehatan Siap Berperan Dalam Gerakan Indonesia Sehat” diikuti oleh 1.700 peserta dari Pramuka Penegak, dan berlangsung 17-23 Oktober 2016 di Bumi Perkemahan Serut Blitar. (HA/Humas Kwarnas)

Pertinas SBH Dibuka Kak Syaifullah Yusuf, Apa Saja Kegiatannya?

Posted: 16 Oct 2016 04:46 PM PDT

Kemah Bakti Saka Bakti Husada Tingkat Nasional ke-V (Pertinas SBH). Foto: Kak Udin/ Humas Kwaras

Kemah Bakti Saka Bakti Husada Tingkat Nasional ke-V (Pertinas SBH). Foto: Kak Udin/ Humas Kwaras

Blitar – Kemah Bakti Saka Bakti Husada Tingkat Nasional ke-V (Pertinas SBH) akan dibuka oleh Wakil Gubernur Jawa Timur Kak Syaifullah Yusuf sekaligus sebagai Ketua Kwartir Daerah. Pembukaan berlangsung Senin (17/10/2016) siang, di Bumi Perkemahan Serut Blitar.

“Acara dibuka langsung oleh Kak Iful‎. Rencana awalnya Pak Gubernur Sukarwo, tapi beliau ada acara di Jakarta,” ujar Ketua Dewan Kerja Nasional Kwarnas Gerakan Pramuka Kak Yudha Adhyaksa Senin.

Kak Yudha mengatakan, kemah yang berlangsung sampai 23 Oktober 2016 ini akan diisi dengan kegiatan yang padat, baik di area kemah maupun di luar area perkemahan. Pastinya, kemah ini ditekankan pada bakti masyarakat dalam hal kesehatan dan lingkungan hidup. ‎

‎Kegiatan bakti dalam bentuk fisik nantinya ada penghijauan, pembuatan jamban, pengecekan Poskedes, pengecetan UKS, pemberantasan sarang nyamuk, pemberian makanan tambahan, pembuatan taman TOGA, survei PHBS Rumah Tangga.

Sementara bakti non fisik ada penyuluhan bahan tambahan pangan berbahaya (krida obat), penyuluhan rumah sehat, penyehatan air dan sanitasi dasar (krida bina lingkungan sehat), penyuluhan kesehatan gigi dan mulut, sosialisasi gema pramatik (krida pengendalian penyakit), penyuluhan gizi seimbang, dan penyuluhan TOGA (Krida obat)

‎”Di wawasan kebangsaan ada materi bela negara, BNN, Revolusi mental, Indonesia sehat, Kamtibmas,” tuturnya.

Adapun dalam hal ketangkasan ada juga memanah, mendayung dan air soft gun‎. Peserta juga diajarkan membuat batok kelapa, kerajinan cangkang telor, kerajinan barang bekas, steak pucuk pohon jati.

‎”Ada juga penampilan jaranan, tarik emprak blitar, gamelan, membatik, dan pencak silat‎,” jelasnya. (HA/Humas Kwarnas)

Lima Perguruan Pencak Silat akan Tampil di Pembukaan  Pertinas SBH ke-V

Posted: 16 Oct 2016 06:36 AM PDT

Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) tengah sibuk latihan bela diri di Bumi Perkemahan Serut Blitar Jawa Timur, Minggu (16/10/2016). Foto: udin/Humas Kwarnas)

Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) tengah sibuk latihan bela diri di Bumi Perkemahan Serut Blitar Jawa Timur, Minggu (16/10/2016). Foto: udin/Humas Kwarnas)

Blitar – ‎Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) tengah sibuk latihan bela diri di Bumi Perkemahan Serut Blitar Jawa Timur, Minggu (16/10/2016) sore. Mereka dijadwalkan akan tampil dalam acara pembukaan Kemah Bakti Saka Bakti Husada Tingkat Nasional (Pertinas SBH) ke-V pada Senin (17/10/2016).

Pengurus IPSI Bagian pelatihan Kak Untung Priono‎ mengatakan, ada lima perguruan pencak silat dari IPSI yang akan tampil dalam acara tersebut. Kelimanya yakni, dari Persaudaraan Setia Hati  Terate, Cempaka Putih, Karomah, Setia Manikam dan Persinas Asad.

“Mereka akan menampilkan bela diri tangan kosong, pematahan es balok tumpuk delapan dan dragon atau pematahan lembengan besi,” ujarnya di lokasi.

Pencak silat tampil di pembukaan Pertinas SBH ‎karena jenis bela diri merupakan asli dari Indonesia. Dan keberadaan Blitar dikatakan cukup pesat. Bela diri tradisional ini banyak digemari oleh anak-anak muda di Blitar.

“Animo bela diri pencak silat memang cukup tinggi di Blitar, sehingga Pemerintah Kabupaten meminta kami kesini,” terangnya.

Pencak silat dari lima perguruan ini diikuti oleh 206 orang. Kak Untung mengatakan, yang menarik dari seni bela diri ini adalah mereka akan tampil diiringi dengan musik gamelan. Meski pencak silat selalu menggunakan gerakan yang lentur, namun bukan berarti dianggap lemah.

“Biar lentur tapi memenuhi kekuatan, tidak kalah dengan karakter,” jelasnya. ‎

Pertinas SBH tahun ini mengambil tema “Satuan Karya Pramuka Bakti Husada Sebagai Kader Kesehatan Siap Berperan Dalam Gerakan Indonesia Sehat” diikuti oleh 1.700 peserta dari Pramuka Penegak, dan berlangsung 17-23 Oktober 2016.‎ (HA/Humas Kwarnas)

Dubes RI, Kak Ahmad Rusdi Menerima The Friendship Award Dari National Scout Organization (Pramuka) Thailand

Posted: 16 Oct 2016 06:10 AM PDT

Kak Ahmad Rusdi saat mendapatkan penghargaan Friendship Award dari Nasional Scout Organization of Thailand. (Foto:Humas Kwarnas)

Kak Ahmad Rusdi saat mendapatkan penghargaan Friendship Award dari Nasional Scout Organization of Thailand. (Foto:Humas Kwarnas)

Duta Besar Republik Indonesia untuk Kerajaan Thailand, Kak Ahmad Rusdi mendapatkan penghargaan Friendship Award dari Nasional Scout Organization of Thailand. Selain sebagai Dubes RI, Kak Ahmad Rusdi sejak lama telah aktif mendidik generasi muda dalam berbagai kegiatan kepemudaan dan kepramukaan, bahkan ia tercatat sebagai Wakil Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka.

The Friendship Award ini diserahkan oleh Dr. Anatachai Rattakul mewakili NSO Thailand, di Montien River Side Hotel, Bangkok, Jumat (14/10/2016). Anatachai juga bagian dari Keluarga Kerajaan Thailand.

Penghargaan itu diberikan kepada Kak Ahmad Rusdi atas pengabdian dan kontribusinya dalam meningkatkan persaudaraan antara NSO Thailand dan Kwarnas Gerakan Pramuka Indonesia, sesuai dengan nilai-nilai kejujuran, ketulusan, disiplin, kepercayaan dan persahabatan.

“Atas jasanya meningkatkan persahabatan dan rasa persaudaraan antara NSO Thailand dan Kwarnas Gerakan Pramuka Indonesia, Kami memberikan penghargaan The Friendship Award kepada Ahmad Rusdi,” jelas Anatachai Rattakul saat ditemui di KBRI, Bangkok pada Minggu, 16/10/2016

Sementara itu, Kak Ahmad Rusdi mengucapkan terima kasih pada NSO Thailand atas penghargaan yang diberikan tersebut. Menurutnya, persahabatan Thailand dan Indonesia semakin maju, kerjasama di berbagai bidang makin banyak, ini berkat kerjasama semua.

Dalam kesempatan itu, dihadapan perwakilan Pramuka dari 17 negara, Kak Ahmad Rusdi didaulat menyampaikan pidato. Kak Ahmad Rusdi juga menyampaikan duka sedalam-dalamnya atas meninggalnya Raja Thailand, Raja Bhumibol Adulyadej.

“Persahabatan Indonesia dan thailand terus hidup dari generasi ke generasi, tugas kita semua untuk menceritakan persahabatan ini kepada anak-anak cucu kita hari ini, persahabatan yang tulus akan terus membawa kedamaian sejati, terima kasih kepada NSO Thailand atas kepercayaan ini,” jelas Dubes Kak Ahmad Rusdi.

Sebelumnya pada 13 Oktober lalu, Kak Ahmad Rusdi membawa 90 pengusaha Thailand ke Indonesia. “Sesuai arahan Pak Jokowi, Dubes RI harus turun ke lapaangan mempromosikan Indonesia, kita lalukan yang terbaik”, ungkap Kak Ahmad Rusdi yang asli pekalongan ini. (Humas Kwarnas)

‎Ini Alasan Mengapa Pertinas SBH ke-V Diadakan di Blitar

Posted: 16 Oct 2016 04:08 AM PDT

Kemah Bakti Saka Bakti Husada tingkat Nasional ke- V 2016 (Pertinas SBH) . Foto: Udin/Humas Kwarnas

Kemah Bakti Saka Bakti Husada tingkat Nasional ke- V 2016 (Pertinas SBH) . Foto: Udin/Humas Kwarnas

Blitar – Ada beberapa alasan mengapa Kemah Bakti Saka Bakti Husada tingkat Nasional ke- V 2016 (Pertinas SBH) diadakan di Blitar Jawa Timur. Menurut Ketua Dewan Kerja Daerah Jawa Timur Kak Binar Putra Ananta mengatakan, Blitar dipilih karena Kwarda dari Jawa Timur sebelumnya menjadi juara umum Pertinas di Gorontalo.

“Alasannya, ya kita dari Jawa Timur kemarin menjadi juara umum Pertinas di Gorontalo,” katanya di Bumi Perkemahan Serut Blitar, Minggu (16/10/2016). ‎

Alasan lain, Kak Kodrat Pramudho selaku Wakil Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka  melihat Kontingen Jawa Timur saat itu dinilai paling meriah dan ramai dibanding kontingen lain. “Saat itu tempatnya baru ditunjuk di Jawa Timur, pilihannya ada beberapa tempat seperti, Malang, Surabaya dan Blitar,” tuturnya.

Setelah itu Blitar kemudian ditetapkan sebagai tuan rumah Pertinas SBH. Kabupaten ini dianggap paling siap untuk melaksanakan kemah lima tahunan ini. “Kenapa di Blitar, ya karena kabupaten ini dipandang paling siapa dalam hal menyiapkan sarana dan prasarana,” jelasnya.

Sebagai tuan rumah, Kak Binar merasa senang karena kegiatan ini bisa dijadikan oleh adik-adik Pramuka untuk belajar berorganisasi dengan membuat perencanaan yang matang, didasari dengan semangat kerja dan berbakti.

“Saya merasa beruntung sekali ada kegiatan nasional di Jawa Timur, karena teman-teman DKD Penegak Pandega Jawa Timur punya proses belajar lebih. Mereka akan belajar manejem ‎banyak hal,” tuturnya.

Kak Binar menambahkan, kegiatan ini sudah dipersiapkan satu tahun sebelumnya dengan melibatkan Dewan Kerja Nasional, DKD dan Dewan Kerja Cabang bahkan sampai tingkat ranting. “Kami tidak ingin acara hanya sebatas seremonial, tapi ada perencanaan yang matang,” jelasnya. (Roby/Humas Kwarnas)

No comments:

Post a Comment

Terimakasih atas kunjungannya, Tinggalkan komentar untuk perbaikan blog ini.
Pilih "Nama/Url" kalau tidak punya akun google