Responsive Ads Here

Saturday, September 17, 2016

Gerakan Pramuka

Gerakan Pramuka


Kwarda NTT Minta Kualitas Pembina dan Pelatih Pramuka di Belu Ditingkatkan

Posted: 16 Sep 2016 10:42 PM PDT

 Ketua Kwartir Daerah Nusa Tenggara Timur Kak Lusia Adinda Lebu Raya melantik Ketua Kwartir Cabang Belu Kak Petrus Bere bersama jajaran pengurusnya di Aula Dinas PPO Kabupaten Belu Atambua, Foto: Humas Kwarnas

Ketua Kwartir Daerah Nusa Tenggara Timur Kak Lusia Adinda Lebu Raya melantik Ketua Kwartir Cabang Belu Kak Petrus Bere bersama jajaran pengurusnya di Aula Dinas PPO Kabupaten Belu Atambua, Foto: Humas Kwarnas

Kupang – Ketua Kwartir Daerah Nusa Tenggara Timur Kak Lusia Adinda Lebu Raya melantik Ketua Kwartir Cabang Belu Kak Petrus Bere bersama jajaran pengurusnya di Aula Dinas PPO Kabupaten Belu Atambua, 15 September 2016.

Dalam sambutannya, Kak Lu‎sia menyatakan, pihaknya punya komitmen yang tinggi untuk membesarkan Pramuka di NTT dengan meningkatkan mutu atau kualitas peserta didik, pembina dan pelatih. Menurutnya, untuk membangun Pramuka di NTT dibutuhkan kesiapan dari anggota dan pengurusnya.

“Kesiapan itu menyangkut kualitas anggota, pembina dan pengurusnya serta sarana dan prasarana yang dimiliki,” ujar Kak Lusia.

Sebab itu, Kak Lusia meminta ‎nantinya setiap ada Kursus Mahir Dasar dan Kursus Mahir Lanjutan dilaksanakan dalam bentuk perkemahan. Tujuannya, agar pembina memahami prinsip-prinsip dasar perkemahan.

“Karena persoalannya banyak pembina yang kurang kreatif dalam mendidik anggota Pramuka. Mereka juga jarang mengikuti perkemahan,” tuturnya.

Sementara itu, Kak Petrus menyatakan, fokus utama program yang akan ia lakukan bersama pengurus yakni  membentuk Kwartir Ranting di setiap kecamatan yang belum ada Pramuka. “Kita juga punya program membuat Gugus Depan setiap sekolah yang ada di Belu agar Pramuka merata,” tuturnya.

Pelantikan pengurus Kwarcab Belu adalah satu rangkaian kunjungan Kak Lusia ke empat Kwarcab yang berlangsung ‎dari 14-16 September 2016. Selain Belu, istri Gubernur NTT ini berkunjung ke ‎
Kwarcab Timor Tengah Selatan (TTS), Timor Tengah Utara (TTU, dan Malaka.

‎Kak Lusia menuturkan, Malaka adalah Kabupaten baru yang akan dibentuk Kwarcabnya.‎ Di Belu agendanya adalah pelantikan pengurus Kwarcab dan Mabicab yang baru. Sedangkan di TTS dan TTU lebih kepada konsolidasi organisasi. (HA/Humas Kwarnas)

 

Foto: HUmas Kwarnas

Foto: HUmas Kwarnas

Foto: HUmas Kwarnas

Foto: HUmas Kwarnas

Pramuka Tegal Torehkan Prestasi tingkat Jawa Tengah “Tergiat II Humas Abdimas”

Posted: 16 Sep 2016 03:15 PM PDT

Wakil Ketua Kwarcab Tegal, Sonhaji, S.Pd menerima Tunggul Tergiat II Bidang Humas Abdimas dari Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo pada Upacara Hari Pramuka ke 55 tingkat Jawa Tengah di Karanganyar (Humas Kwarcab Tegal)

Wakil Ketua Kwarcab Tegal, Sonhaji, S.Pd menerima Tunggul Tergiat II Bidang Humas Abdimas dari Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo pada Upacara Hari Pramuka ke 55 tingkat Jawa Tengah di Karanganyar (Humas Kwarcab Tegal)

SLAWI – Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Tegal berhasil menorehkan sejumlah prestasi tingkat Jawa Tengah tahun 2016. Penghargaan diserahkan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo,SH,M.IP selaku Ketua Mabida Jateng pada puncak peringatan Hari Pramuka ke 55 tingkat Kwarda Jawa Tengah yang dipusatkan di Kabupaten Karanganyar, Kamis (8/9/2016).

Menurut Sekretaris Kwarcab Tegal, Djuliono,S.Sos, prestasi yang ditorehkan diantaranya Juara I Pramuka Penegak Garuda Berprestasi atas nama Bayu Khoerul Mizan Penegak SMA 1 Slawi, serta Tergiat II Bidang Humas Abdimas, Lencana Teladan Nasional untuk Penggalang dan Penegak dan sejumlah prestasi lain.

“Alhamdulilah, di tahun 2016 Kwarcab Tegal masih mampu menyuguhkan sejumlah Prestasi. Meski untuk lomba Kwartir tergiat belum maksimal pada semua bidang. Kita bersyukur atas perolehan penghargaan ini,” kata Djuliono didampingi Humas Kwarcab Tegal, Nurhasan

Dengan Raihan Prestasi itu, Djuliono berharap agar jajaran Gerakan Pramuka Tegal semakin termotivasi untuk terus meningkatkan prestasi dan berkarya lebih baik lagi di tahun – tahun mendatang. “Kekurangan yang ada menjadi evaluasi untuk menjadi lebih baik kedepan. Dan kepada adik adik anggota muda baik Siaga, Penggalang, Penegak dan Pandega juga harus tetap berprestasi dan semangat untuk menjadi pribadi yang berkarakter, unggul dan mampu menjadi teladan bagi teman-temannya,” tandasnya

Humas Kwarcab Tegal, Nurkhasan menambahkan, prestasi yang diraih tidak lepas dari peran dan dukungan semua jajaran Pramuka di Kabupaten Tegal. Mulai dari unsur Mabicab, Kwarcab, Mabiran, Kwarran hingga Gugusdepan maupun Satuan Karya. "Tidak terkecuali semua stakholder dan peran teman-teman media, yang selalu membantu mempublikasikan kegiatan-kegiatan Pramuka di wilayah Kabupaten Tegal," ungkapnya

Selain prestasi diatas, sejumlah prestasi yang diraih Kwarcab Tegal yakni Juara Harapan 1 Eagle Scout Award Penegak Putri tingkat Jateng Juara II Putri dan Juara III putra Eagle Scout Award Penggalang tingkat Jateng dan Juara Harapan 1 Eagle Scout Award Siaga tingkat Jateng. "Pada tahun 2012, 2013, 2014 dan 2015 secara berturut-turut juga Tergiat I Humas Abdimas tingkat Jawa Tengah," pungkasnya. (Humas Kwarcab Tegal)

37 Pramuka Raih Predikat Garuda

Posted: 16 Sep 2016 02:53 PM PDT

Foto: Humas Kwarcab Tegal

Sekretaris Bidang Pembinaan Anggota Muda (Binamuda), Kak Suharjo,S.Pd saat mewakili Ketua Kwartir Cabang Tegal Mengukuhkan 37 anggota muda Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Tegal yang meraih predikat Pramuka Garuda, Selasa (13/9). Foto: Humas Kwarcab Tegal

SLAWI – Sebanyak 37 anggota muda Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Tegal meraih predikat Pramuka Garuda. Mereka terdiri dari 12 Golongan Penegak dan 25 Golongan Penggalang. Penghargaan yang merupakan predikat tertinggi pada setiap golongan Pramuka usia muda tersebut diberikan oleh Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Tegal. Pengukuhan dilakukan oleh Sekretaris Bidang Pembinaan Anggota Muda (Binamuda), Suharjo,S.Pd mewakili Ketua Kwartir Cabang Tegal, Selasa (13/9) kemarin di Sanggar Pramuka setempat.

Pengukuhan ditandai dengan pengucapan janji Trisatya oleh calon Pramuka Garuda yang disaksikan Pengurus Kwarcab Tegal, Pembina Gudep dan orang tua peserta didik. Menurut Sekretaris Bidang Pembinaan Anggota Muda (Binamuda), Suharjo, S.Pd, Pramuka Garuda ialah tingkatan tertinggi dalam setiap golongan Pramuka (Siaga, Penggalang, Penegak, Pandega). Pramuka Garuda diatur dalam Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Nomor 101 tahun 1984 tentang Petunjuk Penyelenggaraan Pramuka Garuda.

"Seorang peserta didik yang telah mencapai tingkatan terakhir dalam golongannya, dan telah memenuhi persyaratan untuk menjadi Pramuka Garuda, berhak mengajukan permohonan kepada Kwartir melalui pembina gudepnya untuk dapat mengikuti uji kelayakan untuk dapat naik ke tingkatan Garuda," katanya.

Setelah mengajukan permohonan, lanjutnya, Kwartir akan mengevaluasi peserta didik itu tentang kelayakan, baik dalam segi mental, ataupun sisi kelayakan persyaratan. "Setelah dinilai cakap dan memenuhi persyaratan, calon Pramuka Garuda akan wawancarai oleh tim penguji yang terdiri dari tokoh kwartir, Gugusdepan, guru, orang tua, dan tokoh masyarakat," tandasnya

Humas Kwarcab Tegal, Nurkhasan mengungkapkan, pengukuhan Pramuka Garuda yang diberikan kepada Tiga Puluh Tujuh Pramuka golongan Penggalang dan Penegak berdasarkan Surat Keputusan Ketua Kwartir Cabang Tegal Nomor 31 Tahun 2016.

“Penghargaan tertinggi Pramuka ini diberikan kepada 37 peserta didik (Pesdik) yang terdiri dari 12 golongan Penegak dari SMA 1 Slawi dan 25 Penggalang dari 3 pangkalan Gudep masing-masing SMP 2 Adiwerna  20 penggalang, MTs SA Miftahul Huda Cempaka 4 Penggalang dan SMP 2 Warureja 1 Penggalang,” katanya

Dia berharap, penghargaan kepada peserta didik seyogyanya lebih ditingkatkan lagi di masing – masing pangkalan Gugusdepan. Hal itu untuk memacu peserta didik yang telah dengan tekun mengikuti kegiatan Kepramukaan. “Dengan adanya penghargaan Garuda ini, diharapkan akan merangsang peserta didik lain untuk meraihnya,” pungkasnya. (Humas Kwarcab Tegal)

No comments:

Post a Comment

Terimakasih atas kunjungannya, Tinggalkan komentar untuk perbaikan blog ini.
Pilih "Nama/Url" kalau tidak punya akun google