Responsive Ads Here

Thursday, August 18, 2016

Gerakan Pramuka

Gerakan Pramuka


UPACARA HUT KEMERDEKAAN RI KE-71

Posted: 17 Aug 2016 10:31 PM PDT

UPACARA HUT KEMERDEKAAN RI KE-71

Kak Adhyaksa Dault Saat upacara peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-71 (Foto: Hafyz Marshal/Relawan Media)

Unik, 25 Ribu Peserta Jambore Nasional Gelar
Upacara Bendera Rasa Bhinneka Tunggal Ika

Jakarta—Sekitar 25.000 peserta Jambore Nasional ke-10 tahun 2016 menggelar upacara peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-71 dengan cara yang unik dan kolosal. Jika biasanya peserta upacara memakai baju coklat-coklat khas Gerakan Pramuka, kini dengan semangat Bhinneka Tunggal Ika, mereka hadir dengan memakai warna-warni baju daerah dari berbaga daerah di Indonesia.

"Seru kan?, Kalau ingin melihat Indonesia kecil sekarang ini, datanglah ke Cibubur, lihatlah Gerakan Pramuka. Di sini semua suku, agama, dan golongan bertemu bercengkrama dalam nuansa penuh persaudaran dan keanekaragaman," jelas Ketua Kwarnas Adhyaksa Dault yang juga bertindak sebagai pemimpin upacara (17/8)

Tak ayal, lapangan utama Bumi Perkemahan Cibubur pun terasa ramai dan warna-warni. Sebuah potret Indonesia kecil yang bisa membuat bulu kuduk berdiri. Upacara ini juga ditutup dengan pembuatan foto kolosal angka "71" sebagai bukti kecintaan terhadap NKRI.

Kepada seluruh peserta, Adhyaksa Dault juga mengajak untuk selalu berani dan kreatif dalam menjaga dan mengisi kemerdekaan NKRI ini. “Tanpa keberanian dan kreatifitas, kemerdekaan kita saat ini akan berada di ranah yang semu dan ironis. Kita tidak mau itu,” ujarnya.

Setelah upacara, peserta Jamnas dari berbagai daerah di Indonesia ini kemudian melakukan Karnaval Budaya mengelilingi areal Bumi Perkemahan. “Satu lagi, jangan lupa, mulai hari ini sampai besok ayo kita hidupkan HUT RI dengan tagar #HUTRI71, #IndonesiaJaya #Jamnas2016,” tambah Adhyaksa.

Sekadar diketahui, Jambore Nasional merupakan event lima tahunan anggota Pramuka Penggalang se-Indonesia sebagai wahana untuk merajut persaudaraan dan persahabatan. Selain kegiatan-kegiatan bersifat fun, peserta Jambore juga melakukan kegiatan sosial, kesukarelawanan, kunjungan ke berbagai instansi pemerintahan, dan lain-lain.

Setelah sekian lama digelar di luar Jakarta, Jamnas kali ini digelar di Ibu Kota dengan tema Bangun Karakter Generasi Bangsa dengan Kegiatan yang "Keren, Gembira, Asyik". Moment pelaksanaannya yang bertepatan dengan peringatan Hari Pramuka ke-55 dan HUT Kemedekaan RI ke-71 merupakan momentum yang spesial bagi para peserta. (LH/Humas Kwarnas)

No comments:

Post a Comment

Terimakasih atas kunjungannya, Tinggalkan komentar untuk perbaikan blog ini.
Pilih "Nama/Url" kalau tidak punya akun google