Responsive Ads Here

Thursday, June 16, 2016

Kwarnas Gerakan Pramuka dan Kemenko PMK Siapkan Kerjasama Revolusi Mental

Kak Puan Maharani (Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI) dan Kak Marbawi (Wakil Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka)

Kwartir Nasional Gerakan Pramuka menyiapkan program penanaman nilai-nilai Revolusi Mental kepada generasi muda, khususnya anggota Gerakan Pramuka. Program ini bekerjasama dengan Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK).

"Ada tiga nilai yang akan kita tanamkan, integritas, etos kerja dan gotong royong", jelas Kak Marbawi, Wakil Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka di Gedung Kwartir Nasional Gerakan Pramuka di Jakarta (16/062016).

Pembicaraaan kerjasama ini bermula dari pertemuan anggota Pokja Revolusi Mental, Prof. Dr. Paulus Wirutomo dengan Pimpinan Kwarnas. Hadir ketika itu Kak Marbawi (Waka), Kak Abdul Shobur (Waka), Kak Rafli Effendy (Sekjen) dan beberapa Andalan Nasional. Ada kesamaan pandangan antara tentang pentingnya gerakan ini bagi seluruh anak bangsa, khususnya generasi muda.

Selanjutnya dalam FGD Revolusi Mental tanggal 10 November 2015 di Jakarta yang diinisiasi oleh Kemenko PMK, Kwarnas diwakili oleh Kak Marbawi selaku Wakil Ketua Kwarnas, menegaskan bahwa massifikasi revolusi mental bagi generasi muda sebaiknya melalui Gerakan Pramuka, khususnya usia 7 – 25 tahun. Menurut Marbawi, dari semua organisasi kaum muda, Gerakan Pramuka paling acceptable bagi semua kalangan.  Ini modal sosial terkuat hari ini. Kita akan berdayakan bagi kepentingan bangsa lebih besar. "Kita akan tanamkan nilai-nilai revolusi mental di kalangan Gerakan Pramuka melalui tiga cara; penyadaran massif, permainan kepramukaan, dan kaderisasi", tambah Marbawi.

Marbawi, yang juga Anggota Pokja Nasional Revolusi Mental, menambahkan bahwa membangun generasi adalah sebuah kerja besar yang harus melibatkan semua komponen bangsa. "Kerja Besar Membangun Generasi adalah sebuah visi dan misi kita hari ini dan seterusnya, dimanapun kita berkiprah. Dan revolusi mental adalah bagian dari kerja besar tersebut", pungkasnya.

Sementara itu Ketua Pokja Revolusi Mental, Arif Budimanta mengatakan bahwa Pramuka adalah elemen strategis nasional pendorong perubahan lewat revolusi mental. "Sekarang setidaknya ada 20 juta anggota Gerakan Pramuka di Indonesia, kita ingin tiga revolusi mental menjadi budaya mereka. Jika berhasil, dampaknya akan luar biasa bagi generasi muda Indonesia secara lebih luas", ungkap Budimanta yang juga Wakil Ketua Komite Ekonomi dan Industri Nasional (KEIN) ini

Dalam audiensi antara Kwarnas dengan Menko PMK Puan Maharani, telah disampaikan bahwa untuk langkah awal dimulai dengan partisipasi revolusi mental di Jambore Nasional X 2016. Hasil pertemuan ini ditindaklanjuti secara bertahap dan semua langkah-langkah sistematis revolusi di Gerakan Pramuka akan dikukuhkan dalam perjanjian kerjasama antara dua lembaga.

Sebelumnya dalam berbagai kesempatan, termasuk di hadapan Presiden Joko Widodo saat peringatan Hari Pramuka 14 Agustus 2015, Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka, Adhyaksa Dault selalu menekankan bahwa Gerakan Pramuka paling siap mendukung pemerintah untuk penanaman nilai-nilai revolusi mental. "Ada tiga kualifikasi yang harus dimiliki anggota Gerakan Pramuka hari ini untuk menyongsong masa depan, yaitu karakter, kompetensi dan kolaborasi, kita menyebutnya tiga K. Ini sama dengan intisari dari Revolusi mental", jelas Adhyaksa Dault.

Adhyaksa menambahkan, tahun 2016 ini Pramuka akan mengadakan kegiatan besar yaitu Jambore Nasional X 2016 di Cibubur (14 – 21 Agutus 2016), Perkemahan Pramuka Penegak dan Pandega Putri di Kalimantan Timur.

Perkembahan Bakti Saka Bakti Husada di Blitar Jawa Timur, dan lain sebagainya.

"Jamnas 2016 ini istimewa, 14 Agutus pembukaan, sekaligus peringatan 55 tahun Gerakan Pramuka, 17 Agustus hari Proklamasi kemerdekaan. Kita ingin bergotong royong dengan semua pihak untuk penanaman nilai-nilai kebangsaan kepada 25 ribu Pramuka ini, untuk program revolusi mental tentunya dengan Kementerian PMK", pungkas Adhyaksa Dault (hws / Humas Kwarnas)

Thanks to pramuka.or.id

No comments:

Post a Comment

Terimakasih atas kunjungannya, Tinggalkan komentar untuk perbaikan blog ini.
Pilih "Nama/Url" kalau tidak punya akun google