Responsive Ads Here

Thursday, June 16, 2016

Orientasi Pramuka SMPN 1 Kalibening

Kalibening -  Sebanyak 23 orang dewan guru, staff dan karyawan SMPN 1 kalibening akhir pekan kemarin mengikuti kegiatan Kursus Orientasi Pendidikan Kepramukaan. Kegiatan yang digelar selama tiga hari tersebut dilaksanakan di komplek sekolah dan lingkungan sekitar dengan menggunakan metode learning by doing dan aplikasi praktek lapangan.

Pembina Gugus Depan Pramuka SMPN 1 Kalibening Abdul Manaf Hidayat mengatakan, kegiatan Kursus Orientasi bagi dewan guru, staf dan karyawan tersebut diharapkan mampu menjadi pemicu semangat dan penyamaan visi misi dalam membina karakter generasi muda.

"Diharapkan lewat momen tersebut dapat terwujudnya pembina dan pembantu pembina yang hebat, yang sesuai dengan rasio jumlah pembina dan peserta didik guna menyongsong penerapan Kurikulum Nasional " ujarnya

Dengan demikian penerapan kegiatan Kepramukaan sebagai ektrakulikuler wajib disekolah nantinya dapat dipahami oleh seluruh warga disekolah yang bermuara pada pelaksanaan pembelajaran bagi peserta didik yang efektif dan efisien.

Kepala SMPN 1 Kalibening selaku Kamabigus Partono mengatakan, dengan melekatnya pendidikan pramuka disekolah diharapkan mampu mencetak dan mendidik generasi muda yang lebih baik lewat polesan dan bimbingan Pembina yang berkualitas.

"Tantangan membina generasi muda saat ini semakin berat, untuk itu tugas Pembina pramuka saat ini menjadi hal yang tidak mudah, butuh adanya sistem dan penyamaan visi yang kuat agar tujuan utama dapat terwujud" paparnya

Dengan metode yang menarik dan menyenangkan dan diintegrasi dengan kemajuan teknologi yang ada diharapkan kegiatan kepramukaan dapat semakin relevan dijalankan di sekolah.

Dalam kegiatan Kursus Orientasi tersebut diisi dengan beberapa materi seperti, Motto dan kiasan Pramuka dasar, Analisis SKU penggalang, Teknik Pengujian SKU penggalang, Scouting Skill, PBB, yel-yel dan patriotisme.

Menarik menyenangkan

Ketua kwarcab Pramuka Setiawan menyambut baik kegiatan yang dilaksanakan SMPN 1 Kalibening tersebut dan berharap kegiatan serupa dapat berjalan diseluruh sekolah.

"Konsep penyamaan visi misi dan koordinasi harus terus dilakukan dalam membina generasi muda yang diiringi dengan pembelajaran teknik serta inovasi baru dalam proses pembinanaan " ujarnya.

Hal tersebut sangat penting dilakukan untuk menarik minat dan bakat peserta didik, metode menarik dan menyenangkan serta aplikasi penerapan hal baru harus terus dilakukan, mengingat perkembangan jaman yang semakin pesat saat ini, menuntut dan mendorong para Pembina pramuka untuk terus dapat bereksperimen agar pola pembinaan pramuka dapat terus diterima oleh seluruh elemen disekolah terutama kepada peserta didik.**Alwan

[sumber: Humaskwarcabbanjarnegara]
Thanks to pramuka.or.id

No comments:

Post a Comment

Terimakasih atas kunjungannya, Tinggalkan komentar untuk perbaikan blog ini.
Pilih "Nama/Url" kalau tidak punya akun google