Responsive Ads Here

Saturday, May 14, 2016

Pramuka Trampil: Lakukan Pertolongan Pertama pada Gawat Darurat

 Pramuka Trampil:  Lakukan Pertolongan Pertama pada Gawat DaruratMalang- Peserta Kemah Kesehatan Nasional ke III Gerakan Pramuka mengikuti lomba Pertolongan Pertama pada Gawat Darurat (PPGD). Kegiatan ini berlangsung pada hari ketiga, Jumat 13 Mei 2016 di Bumi Perkemahan Selorejo Malang.
662 peserta ikut andil dalam perlombaan ini, mereka berasal dari sekolah Politeknik Kesehatan dari seluruh Indonesia. Dan mereka terlihat trampil mempraktekkan bagaimana cara pertolongan pertama pada gawa darurat. ‎

Kak Heri Suarsono Kepala Badan Pelayanan dan Ambulan dari Palang Merah Indonesia mengatakan,
materi yang dilombakan adalah initial assessment, triase, pertolongan pertama korban, sampai pada cara evakuasi korban di darat atau rujukan.

“Jadi yang pertama dimulai dari bagaimana cara menemukan korban. Korban ‎kategorinya sakit apa? ‎Nah peserta harus bisa memastikan apakah ini kasus trauma atau kasus medis. Itu dulu,” katanya di Lapangan Utama Perkemahan Selorejo, Malang, Sabtu (14/5/2016).

Untuk yang dilombakan dalam kegiatan ini, adalah kasus kecelakaan tunggal. Peserta diminta untuk mempraktekkan bagaimana cara memprioritaskan korban sebelum dilakukan pertolongan pertama.
“Sebelum lakukan pertolongan peserta bisa melakukan proteksi diri, jangan sampai ada kesalahan penanganan, mau menolong tapi kena sendiri,” tuturnya.

Menurut Kak Heri pripsip melakukan pertolongan adalah bagaimana mereka aman, tidak terkontaminasi, oleh sesuatu kepada pasien.
“‎Setelah mengetahui korban tergeletak kita harus bisa melakukan respon diri,” terangnya.

‎Kemudian lanjut Kak Heri kalau korban respon bagaimana cara melakukan pemeriksaan lanjutan, apakah bisa langsung dievakuasi atau segera dilakukan pertolongan pertama pada korban.
“Penanganannya itu bisa seperti menghentikan pendarahan, mulai dari upaya menutup luka, ‎mengecek pernafasan, dan detak jantung,” jelasnya.

Kak ‎Heri menambahkan, simulasi atau perlombaan semacam ini penting dilakukan agar, anggota pramuka bisa siap siaga memberikan pertolongan kepada masyarakat yang terkena bencana, sesuai dengan tema perkemahan kali ini.

“Pramuka Penegak dan Pandega ‎Tangguh Menghadapi Bencana.” (HA/Humas Kwarnas)

No comments:

Post a Comment

Terimakasih atas kunjungannya, Tinggalkan komentar untuk perbaikan blog ini.
Pilih "Nama/Url" kalau tidak punya akun google