Responsive Ads Here

Tuesday, April 19, 2016

Pramuka.or.id : Ratusan Pramuka di Tegal Ikut Seleksi Jambore Nasional X



SELEKSI JAMNAS (2)
Foto anggota pramuka tingkat penggalang dari Kabupaten Tegal Jawa Tengah sedang mengikuti seleksi Jamnas X 2016.
Slawi – Ratusan Pramuka Penggalang mengikuti seleksi calon peserta Jambore Nasional X tahun 2016. Seleksi yang digelar Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Tegal itu berlangsung, Minggu (17/4) di Sanggar Bhakti Pramuka setempat. Terlihat antusiasme peserta seleksi hingga mencapai ratusan lebih.
Ketua Kwarcab Tegal, Kak Widodo Joko Mulyono,  melalui Sekretaris Binamuda,  Kak Suharjo mengatakan, seleksi bertujuan untuk memilih Pramuka Penggalang terbaik yang akan menjadi duta kontingen Kwarcab Tegal mengikuti perhelatan akbar Jambore Nasional X.
"Dengan seleksi tentu akan diperoleh anggota pramuka penggalang yang cakap, tangguh dan memiliki ketrampilan dan kemampuan yang memadai. Meski nantinya akan dilakukan TC sehingga mempunyai bekal cukup untuk mengikuti Jamnas,” katanya.
Dia menjelaskan, peserta seleksi terdiri dari anggota Pramuka Penggalang yang berpangkalan di SMP/MTs baik Negeri maupun swasta se Kabupaten Tegal. “Peserta seleksi mencapai 137 Pramuka Penggalang dari 31 pangkalan Gudep/sekolah yang terdiri 57 peserta putra dan 80 peserta putri. Nantinya akan kita pilih 32 Penggalang terbaik terdiri dari 16 putra dan 16 Putri,” imbuhnya
SELEKSI JAMNAS (5)Ditambahkan, materi seleksi Jambore Nasional ini tiada lain mengarah kepada upaya pencapaian tujuan Gerakan Pramuka yang meliputi, Pembinaan mental dan spiritual, mengembangkan wawasan kebangsaan, kebudayaan, ilmu pengetahuan dan teknologi, mengembangkan persaudaraan dan persahabatan, meningkatkan kecakapan, keterampilan, dan kesehatan jasmani.
"Materi seleksi terdiri dari tes tertulis Pengetahuan Umum dan Kepramukaan, scouting skill (kemampuan semaphore dan morse), tes kemampuan kesemaptaan jasmani (lari, sit up dan push up) dan wawancara (kepribadian, bakat dan potensi)," pungkasnya.
SELEKSI JAMNAS (1)Humas Kwarcab Tegal, Kak Iman Teguh S mengungkapkan, Jambore Nasional X yang merupakan pertemuan akbar Pramuka Penggalang se Nusantara rencananya akan dilaksanakan pada 14-21 Agustus 2016 di Bumi Perkemahan Cibubur, Jakarta.
"Jamnas bertujuan untuk membetuk watak, meningkatkan sikap kemandirian, ketrampilan, persatuan dan kesatuan Pramuka Penggalang serta komitmen terhadap penghayatan dan pengamalan kode kehormatan Pramuka yaitu Trisatya dan Dasadharma," ungkapnya. (Has@n)

No comments:

Post a Comment

Terimakasih atas kunjungannya, Tinggalkan komentar untuk perbaikan blog ini.
Pilih "Nama/Url" kalau tidak punya akun google