Responsive Ads Here

Tuesday, October 27, 2015

Gerakan Pramuka

Gerakan Pramuka


Pramuka Siapkan Kader Patriot Lingkungan

Posted: 27 Oct 2015 12:10 AM PDT

Jakarta (26/10) – Mencintai alam menjadi hal yang sangat penting di Gerakan Pramuka karena menjadi dasar filosofi serta prinsip dalam melakukan kegiatan, seperti yang tertuang dalam Satya dan Darma Pramuka. Pramuka identik dengan alam terbuka dan di alamlah Gerakan Pramuka melakukan aktivitasnya. Oleh karena itu, Gerakan Pramuka berkewajiban melindungi dan melestarikan lingkungan hidup sebagaimana yang dituangkan dalam Undang Undang nomor 12 Tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka.

Pramuka identik dengan alam terbuka itu disampaikan Wakil Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka, Dr. H. Abdul Shobur, SH, MM dalam sambutannya mewakili Ka. Kwarnas Gerakan Pramuka pada acara pembukaan Pelatihan Pramuka Patriot Lingkungan Tingkat Nasional Tahun 2015, Senin malam (26/10) di Kompleks Taman Rekreasi Wiladatika Cibubur, Jakarta.

Sebagai organisasi pendidikan lanjut Kak Shobur, Gerakan Pramuka ikut berperan serta dalam kegiatan perlindungan dan pelestarian lingkungan, berupaya mengembangkan diri, meningkatkan pengetahuan dan keterampilan serta kepedulian dalam kelestarian lingkungan sebagai perwujudan pengamalan Satya dan Darma Pramuka.

Berbagai kegiatan kepedulian yang melibatkan adik-adik Pramuka intinya adalah sarana edukasi bagi yang bersangkutan yang kelak dewasa peduli pada masalah-masalah kemasyarakatan terutama lingkungan hidup tegas manta Ketua Kwarda Gerakan Pramuka Sumatera Selatan. Salah satu kegiatan yang saat ini sedang berlangsung adalah menyelenggarakan Pelatihan Pramuka Patriot Lingkungan.

Pelatihan Pramuka Patriot Lingkungan Tingkat Nasional Tahun 2015 ini merupakan pelatihan untuk pertama kali selenggarakan oleh Kwartir Nasional sejak terbentuknya Bidang khusus yang menangani Lingkungan Hidup di Kwartir Nasional. InsyaAllah ini menjadi model untuk melakukan pelatihan serupa di tahun program berikutnya.

Kegiatan yang diperuntukkan untuk Pramuka Penegak dan Pandega (Pengurus Dewan Kerja Daerah se-Indonesia ini bertujuan mewujudkan anggota Gerakan Pramuka yang tangguh dan bertanggung jawab untuk menjadi garda terdepan dalam perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup

Sementara itu sasaran pelatihan Pramuka Patriot Lingkungan Tingkat Nasional adalah para peserta:
1. Dapat merencanakan dan menyusun program-program perlindungan dan pengelolaan Lingkungan Hidup
2. Mampu memahami problema lingkungan hidup dan langkah-langkah mengatasinya.
3. Memahami konsep tentang perubahan iklim (Climate Change)
4. Memahami Rencana Strategik Kwartir Nasional Bidang Lingkungan Hidup
5. Memahami Gugus depan Berbasis Ramah Lingkungan
6. Mengetahui Undang-Undang Lingkungan Hidup dan Undang-Undang Sampah
7. Mampu mengelola sampah dengan prinsip 4R (Reduce, Reuse, Recycle and Replant) bagi anggota Gerakan Pramuka dan proses composting
8. Mampu mempraktekan tanaman hidroponik
9. Mampu membuat Lubang Biopori
10. Mampu membuat IPAL (Instalasi Pengelolaan Air Limbah) Sederhana.

Mewujudkan kesadaran akan lingkungan hidup yang sehat berawal dari kesadaran dan kepedulian kita semua. Memberi pendidikan lingkungan hidup sejak dini sangatlah strategis. Sinerginitas antar bidang dilingkungan Kwartir Nasional sangatlah penting, sehingga diharapkan seluruh kegiatan yang diselenggarakan oleh Kwartir Nasional maupun seluruh jajaran kwartir, sentuhan kegiatan dengan topik "RAMAH LINGKUNGAN" akan memberi warna kiprah nyata Gerakan Pramuka dimasa yang akan datang.

Beberapa kegiatan dalam waktu dekat ini yang akan dilakukan Bidang Lingkungan Hidup Kwarnas, yaitu kegiatan bersinergi dengan Binamuda melakukan edukasi kepada peserta Peran Saka Nasional di Kendari dan PW Nasional di NTB tentang Lingkungan Hidup sekaligus melakukan Gerakan Menanam Pohon. Dengan Saka Kalpataru, Bidang Lingkungan Hidup Kwarnas menciptakan 5000 kader Saka Kalpataru. Intinya seluruh rangkaian kegiatan tersebut adalah untuk menjadikan Pramuka Patriot Lingkungan, yaitu:
1. Pramuka Ramah Lingkungan
2. Satu Pramuka Satu Pohon
3. Pramuka Go Green
4. Pramuka Hemat Air
5. Pramuka Hemat Energi, dan
6. Pramuka Tidak Nyampah

[Sumber: Humas Kwarnas]

No comments:

Post a Comment

Terimakasih atas kunjungannya, Tinggalkan komentar untuk perbaikan blog ini.
Pilih "Nama/Url" kalau tidak punya akun google