Responsive Ads Here

Friday, September 4, 2015

Gerakan Pramuka

Gerakan Pramuka


Inovasi Gerakan Pramuka Indonesia Scouts Challenge 2015-2016 Siap Bergulir!!

Posted: 03 Sep 2015 04:56 PM PDT

CJR duta ISC

JAKARTA/3-sept— Kwartir nasional Gerakan Pramuka terus melakukan inovasi dalam proses transformasi gerakan pramuka. Indonesia Scout Challenge (ISC) adalah salah satu bukti nyata gerakan inovasi, yakni aktivitas berkemah sekaligus berkompetisi yang seru untuk Penggalang Ramu yang duduk di bangku kelas 4 dan 5 SD atau sederajat. Berusia maksimal 12 tahun. Diadakan mulai tingkat Kota atau Kabupaten, Provinsi, hingga Nasional. serunya lagi pemenangnya berkesempatan terbang ke Amerika Serikat!

ISC 2015-2016 bakal bergulir di tujuh provinsi yaitu Banten, Jawa Barat, DKI Jakarta, DI Jogjakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Bali. Ajang ini terselenggara berkat kerjasama Kwartir Nasional Gerakan Pramuka dan Jawa Pos Group.
"Ini salah satu bukti bahwa Kwartir Nasional terus berinovasi. Indonesia Scout Challenge (ISC) merupakan bukti nyata inovasi ini agar selalu relevan dengan zaman. Saya sangat mengapresiasi dan jangan berhenti hanya di Jawa saja," tandas Adhyaksa Dault.
Kompetisi kepramukaan tersebut, akan hadir dengan konsep lebih fun, keren, gembira, dan asyik!

Sebelum memenangkan tiket ke AS, para peserta harus melalui sistem seleksi ketat. Mereka harus menjadi yang terbaik pada Regional Championship di kota atau kabupaten masing-masing baru mereka berhak melaju ke tingkat provinsi. Berikutnya, para juara regional bersaing di Province Championship dengan pemenang dari regional lain. Tahap puncak, para pemenang Province Championship bertarung di National Championship dan akan dipilih satu regu putra dan putri terbaik untuk merebut hadiah jalan-jalan ke Amerika Serikat.

Melalui kemasan menyenangkan dan menghibur, Azrul Ananda yakin ISC akan membawa Pramuka kembali ke masa jayanya yang meriah. "Pramuka itu potensinya luar biasa. Sebab, di Pramuka anak-anak bisa langsung diajarkan ketrampilan, ketangkasan, kerjasama dan pembentukan karakter yang mungkin tak cukup didapatkan dari sekolah saja," ujarnya.

Boyband remaja paling digemari di Indonesia, CJR (dulu Coboy Junior) mendukung penuh pelaksanaan ISC 2015–2016. Menurut mereka, Pramuka memang menjadi kegiatan paling menarik untuk dijalani saat duduk di bangku sekolah. Berbagai kegiatan menyenangkan dan belajar mandiri sangat berguna bagi kehidupan.

Iqbaal, Aldi, dan Kiki mengaku sangat antusias dengan digelarnya ISC. Dukungan penuh juga mereka berikan untuk semakin meramaikan kegiatan itu. Apalagi setelah melihat berbagai macam tantangan yang harus dilalui peserta. Ditambah lagi pemenangnya punya kesempatan untuk terbang ke Amerika. "Menurutku Gerakan Pramuka adalah organisasi pendidikan non formal yang wajib diikuti oleh putra putri Indonesia, karena dengan mengikuti kegiatan pramuka terbentuklah watak, akhlak, dan budi pekerti luhur di setiap orang yang mengikuti pramuka,"ujar Kiki, CJR, yang menambahkan dukungan agar remaja Indonesia lebih aktif di kegiatan Pramuka.

Seperti program revitalisasi Pramuka yang digaungkan oleh Kwarnas, ISC hadir sebagai bentuk nyata yang dikemas lebih aktif dan kreatif. Harapan terbesarnya agar Pramuka menjadi tonggak pendidikan mental dan karakter generasi bangsa. (*)

No comments:

Post a Comment

Terimakasih atas kunjungannya, Tinggalkan komentar untuk perbaikan blog ini.
Pilih "Nama/Url" kalau tidak punya akun google