Responsive Ads Here

Saturday, September 19, 2015

Gerakan Pramuka

Gerakan Pramuka


Menhan RI memberi pembekalan pada peserta PELANTARA V

Posted: 18 Sep 2015 10:36 PM PDT

Menteri Pertahanan Republik Indonesia (Menhan RI) Jenderal TNI (Purn) Ryamizard Ryacudu memberikan pembekalan bela negara kepada peserta Pramuka Saka Bahari dan Pemuda Bahari daerah setempat, di Pantai Bura Kabupaten Parigi Moutong, Jumat (18/09/2015).

Sebelum acara pembekalan Menhan RI, dilaksanakan penyambutan dengan sebuah tarian kolosal Laksamana Raja Di laut oleh Pramuka Pelantara V2015 dengan pakaian khas daerah masing-masing.

Acara tersebut dihadiri oleh Dirjen Kuathan Kemhan Laksda TNI Agus Purwoto, Dirjen Pothan Kemhan Laksma TNI Muhamad Faisal Manaf, Kapinsaka Bahari Brigjen TNI Mar Tommy Basari N. S.E, Bupati Parigi Moutong H.Samsurizal Tombolotutu serta Dansatgas Pelantara V Kolonel Laut (P) HariMulyadi, S.E, M.M. 

Menhan RI Jenderal TNI (Purn) Ryamizard Ryacudu dalam pembekalannya dengan judul "Grand Strategi PertahananIndonesia dan Bela Negara" menyampaikan bahwa, kemajuan suatu bangsa tergantung pada bagaimana bangsa tersebut memanfaatkan segala potensi nasionalnya yang didukung ilmu pengetahuan dan teknologi yang sangat berkembang pesat dewasa ini.

Berbagai cara dapat dilakukan untuk mencapai tujuan tersebut dan salah satunya melalui pembinaan generasi, baik pendidikan maupun praktek lapangan seperti pelayaran nusantara dan perkemahan ini. 

"Kegiatan ini merupakan sarana dan tahapan untuk membangun semangat kebaharian, wawasan kebangsaan dan karakter generasi bangsa yang menghargai nilai-nilai perjuangan serta kearifan lokal atau dapat disebut sebagai wujud dari nasionalisme tindakan", tegasnya.

Sementara itu, elemen terbesar dalam integritas individu, yaitu 80%, ilmu pengetahuan 5 %, pengetahuan lainnya 5 %, pengambilan keputusan 10%, bila karaktrer individu kuat maka karakter bangsa juga akan kuat, sehingga fondasi nasionalisme yang dibangun akan kokoh dalam menghadapi setiap tantangan dalam kehidupanberbangsa dan bernegara. 

"Setiap negara akan menghadapi berbagai ancaman, tantangan, hambatan dan ganguan, baik  ancaman militer maupun non militer, konsep pertahanan kita adalah pertahanan bersifat semesta yang melibatkan seluruh warga negara dan sumber daya nasional, untuk menjaga dan melindungi kedaulatan negara, keutuhan NKRI, serta keselamatan segenap bangsa dari segala bentuk ancaman", kata Menhan. 

Mengakhiri sambutannya Menhan RI Jenderal TNI (Purn) Ryamizard Ryacudu menekankan, sebagai pedoman dalam melanjutkan pengabdian, janganlah pernah berhenti belajar, jadilah generasi yang pintar, siap menjadi duta bela negara serta jangkar persatuan dan kesatuan bangsa, hari ini harus lebih baik dari hari kemarin dan hari esok harus lebih baik dari hari ini, dan sebagai agen perubahan kalian harus mengedepankan sikap pantang menyerah, semangat bela negara yang tinggi, jujur dan disiplin agar dapat mengantarkan NKRI menjadi negara besar dan disegani. 

Usai menyampaikan pembekalannya, acara dilanjutkan dengan pemberian cindera mata dari Menhan RI kepada Dansatgas, dan Bupati Parigi Moutong serta penanaman pohon di pantai Kayu BuraParigi Moutong.

Prasasti Monumen Pelantara V Tahun 2015 Di Pantai Kayu Bura, Parigi Moutong Ditandatangani

Posted: 18 Sep 2015 09:37 AM PDT

3Setelah Upacara Pembukaan Pelayaran Lingkar Nusantara (Pelantara) V Tahun 2015 acara dilanjutkan dengan Penandatangan prasasti dan peresmian Monumen Pelantara V tahun 2015 di Pantai di Pantai Kayu Bura, Desa Pelawa Baru, Kecamatan Parigi Tengah, Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah. (17/9)

Hadir dalam penandatanganan dan peresmian Monumen Pelantara V tahun 2015 antara lain Kak Marbawi, Waka Kwarnas Bidang Renbangma; Kak Tommy Natanegara, Ka. Pinsaka Bahari Nasional; Kak Aris Yudhariansyah, Andalan Nasional Urusan Abdimasgana; Kak Najamuddin, Andalan Nasional Urusan Orgakum; Sekretaris Daerah Kab. Parigi Moutong, Ka. Kwarcab Gerakan Pramuka Kab. Parigi Moutong, dan anggota Pramuka Kwarcab se-Kwarda Sulawesi Tengah.

[Humas Kwarnas]

Saka Bahari Wadah Substansial Bagi Pramuka dalam Pembinaan dan Pengembangan Rasa Cinta Bahari

Posted: 18 Sep 2015 09:30 AM PDT

Upacara Pembukaan Pelan2tara V Tahun 2015 dilaksanakan di Pantai Kayu Bura, Desa Pelawa Baru, Kecamatan Parigi Tengah, Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah, hari Rabu (17/9) pukul 09.00 WITA.

Upacara pembukaan Pelantara ini juga merupakan lokasi upacara penutupan Sail Tomini yang akan dihadiri oleh Presiden RI, Bapak Joko Widodo dilaksanakan pada hari Sabtu (19/9) pada pukul 09.00 WITA.

Pembina Upacara pada pembukaan Upacara Pelantara V Tahun 2015 oleh Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Sulawesi Tengah, Kak Sudarto yang juga sebagai Wakil Gubernur Provinsi Sulawesi Tengah.

Upacara pembukaan Pelantara diikuti oleh 500 peserta Pelantara V, tahun 2015 dari 27 Kwarda Gerakan Pramuka antara lain Sumatera Utara, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Jambi, Riau, Bangka Belitung, Lampung, Banten, DKI JAkarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, DIY, Bali, NTT, NTB, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Utara, Sulawesi Selatan, Papua, Maluku Utara, Gorontalo dan peserta perwakilan Kwarcab se-Kwarda Sulawesi Tengah.

Hadir dalam Upacara pembukaan Pelantara V tahun 2015, antara lain Kak Marbawi, Waka Kwarnas Bidang Renbangma; Kak Brigjen TNI (Mar) Tommy Natanegara S.E, Ka. Pinsaka Bahari Nasional; Kak Aris Yudhariansyah, Andalan Nasional Urusan Abdimasgana; Kak Najamuddin, Andalan Nasional Urusan Orgakum; Sekretaris Daerah Kab. Parigi Moutong; Kwarda Gerakan pramuka Sulawesi Tengah; Ka. Kwarcab Gerakan Pramuka Kab. Parigi Moutong, dan Kwarcab se-Kwarda Sulawesi Tengah.

“Perkemahan Pelantara V Tahun 2015 di Pantai Kayu Bura ini akan dilaksanakan selama 3 (tiga) hari, dari tanggal 17-19 September 2015, laporan disampaikan oleh Kak Hakim, selaku Ketua Sangga Kerja Pelantara V, Tahun 2015 kepada Pembina Upacara.

“Saya berharap melalui kegiatan ini dapat memberikan kesan yang mendalam dan memiliki nilai tambah bagi peserta yang mengikutinya dalam membina silaturahmi dan komunikasi dan jiwa korsa antar anggota dan pengurus Gerakan Pramuka Indoesia serta menanamkan bela negara, cinta tanah air, dan cinta bahari” ucap Kak Sudarto

“Perkemahan Pelantara ini merupakan yang diperuntukan bagi anggota Gerakan Pramuka Saka Bahari dalam hal ini Saka Bahari merupakan wadah substansial di dalam pembinaan dan pengembangan rasa cinta bahari pada Pamuka yang pada gilirannya akan diaktualisasikan lewat darma bakti menjaga kedaulatan bahari dan memanfaatkan kekayaan geoekonomi didalamnya secara positif ” ungkap Kak Sudarto

Momentum ini saya nilai sangat strategis, olehnya sangat disayangkan sekalian anak-anak ku sekalian tidak memanfaatkan kesempatan ini dengan sungguh-sungguh dan kegiatan ini kaya akan wawasan sekitar kondisi matra laut Indonesia dan keadaan masyarakat yang tinggal dipesisir didalam melipatgandakan rasa nasionalisme dan wawasan nusantara.

“Oleh kerena itu sebagi tunas-tunas bangsa dan dalon pemimpin-pemimpin dimasa depan saya berpesan kepada segenap anggota Pramuka Saka Bahari untuk menjunjung tinggi dan melaksanakan Satya Dharma Pramuka dengan sebaik-baiknya, terus menerus menepa diri, meningkatkan kepercayaan diri , motivasi pengetahuan, keterampilan dan kemandirian hidup serta berperan aktif sebagai patriot pembangunan dan agen sosial di masyarakat” Pungkas Kak Sudarto

[Humas Kwarnas]

Upacara Adat Bhineka Tunggal Ika (BTI) Pelantara V/ 2015

Posted: 18 Sep 2015 09:27 AM PDT

6Prosesi Upacara Adat Bhineka Tunggal Ika (BTI) Pelantara V, Tahun 2015 dilaksanakan di Pantai Kayu Bura, Desa Pelawa Baru, Kecamatan Parigi Tengah, Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah, hari Rabu (17/9) pukul 08.30 WITA.

Brigjen TNI (Mar) Tommy Basari Natanegara, S.E., Ketua Pimpinan Satuan Karya Pramuka Bahari Tingkat Nasional (Ka. Pinsaka Bahari Nasional) menjadi Pembina Upacara Adat BTI. Upacara Adat BTI dihadiri oleh 500 peserta Pelantara V, tahun 2015 dari Kwarda Gerakan Pramuka seluruh Indonesia dan peserta perwakilan Kwarcab se-Kwarda Sulawesi Tengah.

Hadir dalam Upacara Adat BTI, antara lain Kak Marbawi, Waka Kwarnas Bidang Renbangma; Kak Sudarto, Ka. Kwarda Gerakan Pramuka Sulawesi Tengah/ Wakil Gubernur Provinsi Sulawesi Tengah; Kak Aris Yudhariansyah, Andalan Nasional Urusan Abdimasgana; Kak Najamuddin, Andalan Nasional Urusan Orgakum; Sekretaris Daerah Kab. Parigi Moutong, Ka. Kwarcab Gerakan Pramuka Kab. Parigi Moutong, dan Kwarcab se-Kwarda Sulawesi Tengah.

[Humas Kwarnas]

No comments:

Post a Comment

Terimakasih atas kunjungannya, Tinggalkan komentar untuk perbaikan blog ini.
Pilih "Nama/Url" kalau tidak punya akun google