Responsive Ads Here

Saturday, September 12, 2015

Gerakan Pramuka

Gerakan Pramuka


Walikota Bontang: Pramuka Sekarang Harus Keren

Posted: 11 Sep 2015 02:28 AM PDT

BONTANG – Upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Pramuka ke 54 Tahun 2015 dilaksanakan di Stadion Bessai Berinta Jalan KS Tubun Kelurahan Api-api Kecamatan Bontang Utara kamis (10/9) pagi berlangsung Hikmat yang dipimpin oleh Wali Kota Bontang Adi Darma.

Selain dihadiri Wali Kota Bontang turut hadir pada upacara kemarin adalah Unsur FKPD,Anggota DPRD Kota Bontang, Kepala SKPD dilingkungan Pemkot Bontang, para Kepala Sekolah berikut Ribuan pelajar yang tergabung Dalam Saka Pramuka se Kota Bontang sebagai peserta Upacara.

Dalam Sambutannya Wali Kota Adi Darma mengucapkan selamat HUT Pramuka yang ke 55, dengan harapan momen HUT ini dapat dijadikan sebagai motivasi, semangat dan mempercepat kemandirian gerakan Pramukan di Kota Bontang untuk mencapai keberhasilan dalam upaya pembentukan karakter kaum muda sebagai calon pemimpin bangsa yang handal dan lebih baik pada masa depan

"Gerakan Pramuka saat ini sangat berpeluang untuk memberikan kontribusi dalam meningkatkan kualitas manusia Indonesia khususnya kaum muda yang berkarakter tentunya untuk mewujudkan hal tersebut peran Saka Pramuka sangatlah diperlukan untuk menciptakan peluang kerja yang berbasisi pada kecakapan-kecakapan khusus dalam setiap kridanya," ungkapnya

Wali Kota Adi Darma lebih lanjut menyampaikan bahwa pendidikan kepramukaan sebagai salah satu pilar pendidikan kaum muda di indonesia yang dituntut untuk dapat lebih berkontribusi secara nyata dalam hidup dan kehidupan berbangsa dan bernegara termasuk dalam menyelesaikan maslah kaum muda.
" Dan menurut saya Pramuka ini masih tetap relevan dengan perkembangan zaman dan tetap keren, asyik serta menyenangkan, namun demikian saya meminta agar grakan pramuka di Kota Bontang harus terus dikembangkan sehingga kaum muda bangga menjadi anggota Pramuka," terangnya

Di akhir sambutannya Wali Kota Adi Darma mengatakan bahwa keberadaan Pramuka di Indonesia tidak sekedar organisasi pendidikan non formal, namun merupakan organisasi yang memiliki tanggung jawab yang sangat besar utamanya dalam membentuk karakter kaum muda serta meningkatkan semangat kebangsaan dan keterampilan sebagimana tujuan dasar Pramuka.

" Pemerintah Kota Bontang akan terus mendukung seluruh program Pramuka yang berkelanjutan, saya juga mengajak mari kita satukan tekat untuk kemajuan Kota Tamn yang kita cinta ini, " tutupnya (*)

[sumber: http://www.klikbontang.com]

Tiga Potensi Yang Harus Dilakukan Gerakan Pramuka Untuk Lingkungan

Posted: 11 Sep 2015 02:09 AM PDT

BOGOR (8/9), Gerakan Pramuka dengan potensi yang dimilikinya harus berperan serta secara aktif dalam memelihara Lingkungan Hidup, yaitu dengan melakukan aktivitas menjaga (melestarikan), merawat (menata), dan mempergunakan (memanfaatkan) lingkungan.

Demikian disampaikan Kak Bayu Tresna (Andalan Nasional) saat mengisi kuliah umum pada Seminar Kemah Riset Nasional (Kemrinas) 2015 di Kampus Institut Pertanian Bogor, 8 September 2015.

Pramuka harus menjadi garda terdepan untuk melestarikan lingkungan agar bumi lebih baik tegas kak Bayu.

Oleh karena itu tegas Kak Bayu jadilah Pramuka Patriot Lingkungan, Pramuka tidak nyampah, Pramuka hemat air, Pramuka hemat energi, satu pramuka satu pohon, dan Pramuka ramah lingkungan.

Menurut kak Bayu bahwa “ancaman terbesar bagi lingkungan adalah perilaku”. Untuk itu Kak Bayu mengajak kepada seluruh peserta Kemrinas, lakukan sesuatu yang baik untuk kebaikan bumi walaupun hal itu kecil. Kalu dilakukan secara massal menjadi yang luar biasa. (Iq)

[Humas Kwarnas]

Pengamat Pendidikan: Pramuka Sarana Ciptakan Generasi Produktif

Posted: 11 Sep 2015 02:03 AM PDT

Jakarta, — Kasubdit Kelembagaan dan Peserta Didik Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Suharlan SH, MM mengatakan, bahwa negara Indonesia jauh lebih liberal dibandingkan negara liberal yang sesungguhnya.

Menurutnya, dalam hal ini sangat terlihat pada unsur kebebasan pers, dimana media saat ini dengan mudah menyajikan tayangan yang di luar batas kewajaran dan sangat kebablasan.

"Negara maju lebih sopan secara emosional ketika dihadapkan oleh problem, namun jika dibandingkan dengan negara Indonesia tampaknya masih jauh," ujarnya kepada Aktual.com, saat menghadiri seminar kebangsaan di Jakarta, Selasa (8/9).

Mengingat hal itu, Suharlan kembali mengajak seluruh pihak (elemen) untuk kembali membudayakan Pendidikan Pramuka sebagai salah satu wadah atau sarana positif yang mampu menciptakan cikal bakal generasi produktif yang positif di masa depan dengan karakter yang kuat.

"Pramuka sudah dianggarkan Kemendikbud dalam BOS (Biaya Operasional Sekolah), sehingga akan menjadi materi penting dalam kurikulum yang bertujuan untuk meningkatkan kepedulian siswa terhadap pendidikan karakter khususnya," lanjut Suharlan.

Sementara itu, Suharlan juga menilai pendidikan pramuka ini erat kaitannya dengan penerapan revolusi mental yang menurutnya, di dalam aspek pendidikan pramuka tersebut sudah ditanamkan pendidikan karakter dan terintegrasi dalam kurikulum pendidikan di Indonesia.

Sehingga, kata ia, melalui Pramuka ini segala unsur negatif (buruk) dapat dihilangkan, dimana salah satunya adalah aspek liberal.

[sumber: http://www.aktual.com]

Workshop Saka Kencana, Cibubur 9-11 September 2015

Posted: 11 Sep 2015 01:59 AM PDT

workshop saka kencana2Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional melalui Saka Kencana, menyelenggarakan Workshop Saka Kencana di Taman Rekreasi Wiladatika Cibubur pada tanggal 9-11 September 2015.

Kegiatan yang direncanakan diikuti 60 orang Pengurus dan Pamong Saka Saka Kencana, ternyata peminatnya membengkak menjadi 81 orang dari 32 Kwarda di Indonesia.

Hadir dalam pembukaan dan sekaligus membuka Workshop Saka Kencana, Wakil Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Bidang Organisasi dan Hukum, Kak P.A. Kodrat Pramudho, didampingi Wakil Ketua Kwartir Nasional Gerakaan Pramuka Bidang Perencanaan Pengembangan dan Kerjasama, Kak Marbawi beserta Kapinsaka Kencana, Kak Sudibyo Alimoeso.

Dalam sambutannya Kak Sudibyo menyampaikan bahwa kegiatan Saka Kencana di daerah sudah mulai aktif “Bulan ini ada Perti Saka Kencana di Bangka Belitung, bulan depan di Kalimantan Barat”. Beliau juga menyampaikan bahwa Saka Kencana dan Kwarnas Gerakan Pramuka sudah sejalan, yang bisa dilihat dari slogan Kwarnas Gerakan Pramuka “Pramuka Gembira, Ceria, Asyik”, sedangkan slogan Saka Kencana melalui program Genre “Sehat, Cerdas, Ceria”

Kak Kodrat selaku Waka Kwarnas dan juga sebagai salah satu Pimpinan Saka Bakti Husada menyampaikan beberapa hal tentang organisasi dan mengelola saka.

Selain hal tersebut beliau juga menyampaikan bahwa Saka Kencana diharapkan bisa turut andil dalam merevolusi mental, karena perubahan mental itu bisa diventuk, agar dapat membangun manusia yang bermutu. “Pramuka bisa mempengaruhi perilaku publik, mendominasi aktifitas yang baik” demikian tegasnya.

[Humas Kwarnas]

DKR Kedungbanteng Tergiat, Kwarran Purwokerto Utara Tergiat

Posted: 11 Sep 2015 01:54 AM PDT

dkr kedungbantengBANYUMAS – Kwartir Ranting Gerakan Pramuka Kecamatan Purwokerto Utara mempertahankan menjadi kwaran tergiat pada lomba kwaran Tahun 2015 yang dilaksanakan oleh Kwarcab Banyumas, sedangkan untuk Dewan Kerja Ranting (DKR) tahun ini direbut oleh DKR Kedungbanteng menggeser DKR Lumbir yang tahun kemarin menjadi tergiat I.

Penyerahan penghargaan diserahkan oleh Ketua Mabicab Ir Achmad Husein pada apel besar dalam rangka memperingati Hari Pramuka ke 54 Tingkat Kabupaten Banyumas, Kamis (10/9) di Alun-alun Purwokerto.

Upacara tersebut berlangsung meriah tetapi khidmat dengan peserta upacara ribuan pramuka penggalang, penegak, pandega, pramuka dewasa dan tak ketinggalan ratusan pembina turut hadir di tribun undangan.

Kemeriahan upacara kali ini diawali dengan devile penghargaan yang diraih oleh Kwarcab Banyumas selama tahun 2014 dan awal 2015, dengan diawali oleh pasukan drum band dari SMK SPM Nasional Purwokerto, diikuti purna pasukan tunas muda dan pramuka penegak Banyumas dengan bangga mempersembahkan penghargaan untuk pegiat Pramuka Banyumas. Seluruh undangan yang hadhir spontan memberi tepuk tangan sebagai rasa bangga menjadi bagian dari Pramuka Banyumas.

Tak kalah gagahnya Pasukan Tunas Muda, pasukan khusus yang bertugas sebagai petugas upacara, dari pembawa acara, komandan upacara, pengucap Pancasila, UUD 1945, Dasa Dharma dan Dwi Dharma serta Pasukan Pengibar Bendera sukses melaksanakan tugasnya.

Bupati Banyumas Ir. Achmad Husein dalam sambutanya mengajak agar peringatan hari pramuka menambah semangat dan tekad untuk membentuk kaum muda yang berkarakter.

Bupati juga mengucapkan selamat kepada anggota pramuka atas penghargaan yang diterima selama tahun 2014-2015, sehingga Banyumas mempertahankan tergiat untuk yang ke 28 kalinya. "Bahkan kita berhasil mengirimkan 2 pramuka, mengikuti jambore dunia" tambahnya.

Kepada pengurus, pembina, pelatih Bupati meminta untuk terus mengevaluasi diri dan tidak cepat puas diri. "Atas prestasi yang diraih kita tidak boleh terus berleha-leha dan lerlena apalagi jumawa, karena kwarcab-kwarcab lain terus berbenah dalam upaya meraih predikat tergiat" katanya.

Bupati mengintruksikan agar keberadaan Gugus Depan sebagai ujung tombak pergerakan, harus didukung semua komponen untuk mewujudkan Pramuka yang berkualitas, profesional dan berkarakter. "Tingkatkan sumber daya, sarana dan prasarana serta program kerja yang berkesinambungan dan jadikan kegiatan pramuka menjadi asik dan keren yang menambah anak didik menjadi tertarik" pungkasnya.

Pada upacara ini Bupati memberikan Lencana Melati, Lencana Dharma Bakti dan Lencana Pancawarsa kepada para pembina yang telah mengabdikan diri pada Gerakan Pramuka Banyumas.

Disamping itu Bupati bersama juga memberikan penghargaan dengan menyematkan tiska kepada pramuka penggalang sebagai Pramuka Garuda berprestasi.

Hasil lengkap kejuaraan Dewan Kerja Ranting Tergiat I Kecamatan Kedungbanteng, Tergiat II Kecamatan Lumbir dan Tergiat III Kecamatan Kemranjen.

Sedangkan untuk Kwarran, Bidang Bina Muda Tegiat I Kecamatan Sumbang, Tergiat II Kecamatan Kedungbanteng dan Tergiat III Kecamatan Lumbir. Bidang Binawasa Tegiat I Kecamatan Purwokerto Utara, Tergiat II Kecamatan Baturraden dan Tergiat III Kecamatan Rawalo. Bidang Organisasi dan Hukum Tegiat I Kecamatan Lumbir, Tergiat II Kecamatan Tambak dan Tergiat III Kecamatan Purwokerto Utara.

Bidang Keuangan dan Sarana Prasarana Tegiat I Purwokerto Utara, Tergiat II Kecamatan Kecamatan Somagede dan Tergiat III Kecamatan Kemranjen. Untuk Bidang Humas Abdimas Tegiat I Kecamatan Kedungbanteng, Tergiat II Kecamatan Purwokerto Utara, Tergiat III Kecamatan Karanglewas II.

[sumber: Parsito Ancu Pers dan Media]

Sudibyo Sebut Pramuka Garda Terdepan Membentuk Karakter Remaja

Posted: 11 Sep 2015 01:47 AM PDT

BANGKA — Kwartir Daerah Pramuka Bangka Belitung dan Pramuka Saka Kencana Bangka Belitung menggelar Perkemahan Bakti Saka Kencana BkkbN Babel.

Perkemahan berlangsung di Kolong Spritus Komplek Perkantoran Pemprov Babel, Jumat (11/9) dihadiri
Sudibyo Alimueso, Ketua Mabi Saka Kencana. Pramuka.

Acara Perkemahan Bakti Satuan Karya Pramuka Keluarga Berencana (Saka Kencana) dibuka Staf Ahli Gubernur Bidang Ekonomi dan Keuangan Daerah H KA Cholil.

Materi dalam perkemahan Saka Kencana Pramuka disampaikan Sudibyo Alimueso Ka Mabi Pusat Saka Kencana dengan ” Pramuka Sebagai Garda Terdepan dalam pembangunan karakter bangsa melalui program Gendre”, Danrem 045 Garuda Jaya Kolonel Ind Murlim Mariadi “Bela Negara dan Materi Krida,
Kependudukan Genre, Kesehtan Reproduksi dan Pembangunan Keluarga oleh Pegawai BkkbN Babel.

Ditemui bangkapos.com, Jumat (11/9), Sudibyo Alimueso menjelaskan pramuka sebagai garda yang pertama dan garda terdepan untuk membina karakter anak-anak bangsa.

“Prmuka memiliki Tri Satya Dharna Pramuka yang luar biasa. Yang tidak dimiliki organisasi lainnya,” jelas Sudibyo.

Menurut Sudibyo pramuka untuk menghilangkan penyakit remaja. Seperti pergaulan sex bebas dan pramuka memiliki jiwa yang luar biasa.

[sumber: http://bangka.tribunnews.com]

Penting Untuk Dibaca: Terkait Lomba #IdolakuOrtuku

Posted: 11 Sep 2015 01:43 AM PDT

Ada cerita dalam setiap foto, semua foto yang terkumpul sangat bagus dan menginspirasi. Selain Juara 1, 2, 3 dan 10 Juara foto pilihan juri, panitia akan memilih “5 Juara Foto Favorit Pilihan Pengguna Facebook”. Masing-masing mendapatkan tabungan sebesar satu juta Rupiah.

Penentuan pemenang”5 Juara Foto Favorit Pilihan Pengguna Facebook”dengan cara berikut:
1. Semua foto peserta #IdolakuOrtuku akan diunggah di fanpage facebook KwarnasGerakan Pramuka pada 12 Sept 2015, setelah itu pengguna facebook sudah dapat memberikan like.

2. Batas akhir pemberiaan like pada19 Sept 2015, pukul 24.00 WIB.

3. Lima foto yang mendapatkan like terbanyak akan menjadi juara foto favorit pilihan pengguna facebook.

4. Tidak diperkenankan menggunakan auto like atau aplikasi sejenis.

5. Karena banyaknya foto yang masuk, maka pengumuman untuk seluruh kategori juara lomba foto akan diumumkan pada 27 Sept 2015.

Demikian pengumuman ini disampaikan, terima kasih atas kerjasamanya. Salam Pramuka.
Jakarta, 09 September 2015

Hormat kami,
Panitia Lomba Foto Pramuka #IdolakuOrtuku
Hariqo Wibawa Satria, M.Si (Annas, 081289001636, 085263835899), Nining (085774933969), Heny (085327809080), Robby (089663837630).

Monev dan Sosialisasi Akreditasi Gudep dan Data Dasar Gerakan Pramuka Di Riau

Posted: 11 Sep 2015 01:40 AM PDT

akreditasi di riau 2Kamis, 9/9, Waka kwarnas bid. Renbangma, kak Marbawi, S.Sos,M.SI. Memberikan pengarahan kepada peserta Monev dan sosialisasi akreditasi gugus depan dan data dasar Gerakan Pramuka di Kwarda Kepri. Kegiatan ini dibuka oleh KaKwardari Kepri, Kak Drs. Edi Rofiano.

Kegiatan ini akan dilaksanakan selama 2 hari, pada 10-11 September 2015, di Tanjung Pinang, diikuti oleh Kwarda dan Kwarcab se Kwarda Kepri.

Sedang tim Kwarnas yang diturunkan untuk kegiatan ini adalah Kak Septembri Yanti, Narasumber, kak Taufik Hidayat, IT, Kak Supadmi, Pusdiklatnas dan Kak Firman Taufik, administrasi.

[Humas Kwarnas]

No comments:

Post a Comment

Terimakasih atas kunjungannya, Tinggalkan komentar untuk perbaikan blog ini.
Pilih "Nama/Url" kalau tidak punya akun google