Responsive Ads Here

Monday, May 4, 2015

Gerakan Pramuka

Gerakan Pramuka


Peringati Hardiknas, Adhyaksa Dault Mengajar di SMA

Posted: 04 May 2015 12:02 AM PDT

Adhyaksa MengajarKetua Kwarnas Gerakan Pramuka, Adhyaksa Dault memperingati Hardiknas dengan mengajar di di SMAN 68, Salemba, Jakarta Pusat, pada Senin (04/05/2015). "Saya kesini juga untuk belajar, saya haru melihat guru-guru menyalami siswa di gerbang sekolah pagi tadi", kata Adhyaksa di ruang Kepala Sekolah sebelum mengajar.

Saat di kelas, Adhyaksa Dault menanyakan satu persatu cita-cita para siswa, "saya pengen jadi disainer", jawab siswa bernama Ria, "jadi pengusaha" kata Jeremi. "polisi, artis, guru, diplomat, atlit, pembaca berita, wartawan" dan berbagai profesi lainnya disampaikan siswa penuh ekspresi.

"Dengan berani mendeklasikan cita-cita saja adek-adek sudah sukses, yaitu sukses memutuskan diantara banyak pilihan", kata Adhyksa Dault disambut tepuk tangan para siswa.

bMantan Menpora era SBY ini kemudian memotivasi siswa untuk menyibukkan diri berorganisasi, membangun jaringan. Ia juga mempromosikan pramuka, "Pramuka bukan hanya baris berbaris dan tali temali, di Pramuka juga bisa belajar teater, nyanyi, olahraga, ada Kak Sari Madjid dari Teater Koma di Pramuka", jelasnya bersemangat. Adhyaksa juga memutar video yang inti pesanya, siapa yang setengah-setengah ikhlasnya maka setengah-setengah pula yang dia dapatkan.

Rudi Gunadi, Kepala Sekolah SMAN 68, Jakarta sangat mengapresiasi kehadiran Adhyaksa Dault. "siswa-siswa harus mendengarkan langsung pengalaman Kak Adhyaksa yang sudah puluhan tahun berkecimpung di berbagai organisasi"

(Hariqo Wibawa Satria,Andalan Nasional Kwarnas Pramuka Urusan Komunikasi dan Informatika/ 085263835899)

[Humas Kwarnas]

Kak Adhyaksa Dault Ajak Pelajar SMA 68 Jakarta Ikut Pramuka

Posted: 03 May 2015 09:10 PM PDT

bDalam rangka Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) yang jatuh tanggal 2 Mei 2015 Ka. Kwarnas Gerakan Pramuka, Kak Adhyaksa Dault melakukan kunjungan ke Sekolah Menegah Atas (SMA) Negeri 68 Jakarta, Jalan Salemba Raya, Jakarta (4/5)

Dalam kunjungan ke SMA Negeri 68 Kak Adhyaksa Dault diterima langsung oleh Kepala Sekolah SMAN 68, Bapak Rudi Gunadi.

SMA Negeri 68 Jakarta merupakan salah satu sekolah favorit di Jakarta dan aktif dalam kegiatan kepramukaan. karena itu sekolah ini menjadi salah satu sekolah yang kunjungi Ka. Kwarnas Gerakan Pramuka dalam rangka memperingati Hardiknas.

Dalam kunjungannya Kak Adhyaksa Dault mengajak pelajar SMA 68 untuk aktif dalam organisasi karena banyak manfaatnya salah satunya aktif dalam di Pramuka.

“Aktif di Pramuka Asyik loh…mengajarkan kepemimpinan, disiplin, kejujuran, budi pekerti, taat dan patuh pada orangtua, guru, dan lain-lain” Ungkap Kak Adhyaksa.

[Humas Kwarnas]

Gempa Nepal: Gerakan Pramuka Kirim Misi Khusus ke Nepal

Posted: 03 May 2015 08:51 PM PDT

IMG-20150503-WA028    Jakarta—Kwartir Nasional Gerakan Pramuka mengirim seorang pramuka andalannya di bidang Pengabdian Masyarakat dan Siaga Bencana (Abdimasgana), Kak Eko Sulistio, untuk ikut membantu proses evakuasi korban gempa di Nepal. Selama ini Eko dikenal sebagai sosok pramuka yang fokus dalam bantuan kemanusian dan bencana, baik di dalam maupun luar negeri.

Saat ini, Eko Sulistio, 42 tahun,  telah tergabung dengan Tim Gabungan Indonesia yang terdiri dari berbagai institusi, antara lain, Badan Nasional Penanggulanan Bencana (BNPB), TNI, Kemenlu, PKPU, Dompet Dhuafa, Rumah Zakat, ACT, Pramuka Peduli, dan lain-lain.

"Dampak gempa 7,9 skala Richter di sini parah banget. Semua porak poranda, dan masih banyak korban yang harus dievakuasi," ujar Eko melalui WhatsApp pribadinya.IMG-20150503-WA029

Menurut Eko, sebagai seorang Pramuka, tak ada misi yang lebih khusus di Nepal selain membantu dan menolong para korban gempa semaksimal yang bisa dilakukan. Sampai hari ini, bersama mitra lokal dan Tim Gabungan, ia telah mendistribusikan bantuan logistik ke dua titik pengungsian, yaitu kamp pengungsian Shouyoumbo Ward dan Bakhtapur. "Dana logistik kemanusiaan dalam 1 titik kurang lebih sebesar US $3500," jelasnya.

Sebelumnya, bersama relawan lain, Eko juga telah bergerak ke daerah yang sulit dan belum terjangkau bantuan. Bahkan, ada satu titik gempa yang harus ditempuh selama 5 jam, karena belum mendapatkan bantuan logistik maupun medik.  "Alhamdulillah, hari ini kita telah melakukan trauma healing untuk anak-anak sekaligus evakuasi korban," ujarnya.

IMG-20150502-WA004Yang menarik, kata Eko, di Nepal, ia juga sempat bertemu dengan seorang Pramuka Nepal yang kantornya bahkan belum juga bisa beroperasi. "Saya sangat terharu. Ia bahkan mengajak saya untuk mengunjungi bumi perkemahannya," tambahnya.

Sementara itu, ketika acara pemberangkatan, Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka, Adhyaksa Daulut secara simbolis juga menyerahkan kepada Eko Sulistio bantuan untuk korban gempa Nepal (28/4). "Pramuka harus selalu responsif dan menolong sesama, di dalam maupun luar negeri. Kak Eko, tunaikan tugas dengan baik. Bawa nama baik Indonesia dan pramuka. Dan, jangan lupa, jaga kesehatan," ujar Adhyaksa.

Contact Person:Kak Eko Sulistio (Andalan Nasional Kwarnas Pramuka Bidang Abdimasgana (081210834695/WA), Kak Luqman Hakim Arifin (Andalan Nasional Kwarnas Pramuka Bidang Komunikasi dan Informatika) 0817 9975 424/ 0812 185 49490.

[Humas Kwarnas]

No comments:

Post a Comment

Terimakasih atas kunjungannya, Tinggalkan komentar untuk perbaikan blog ini.
Pilih "Nama/Url" kalau tidak punya akun google