Responsive Ads Here

Saturday, February 28, 2015

Posyantek Tanahsareal Gaet Pramuka

METROPOLITAN – Sampah masih menjadi momok yang sangat menakutkan bagi cermin utama kebersihan kota, tak terkecuali Kota Bogor. Berangkat dari minimnya pengolahan sampah, membuat Pos Pelayanan Teknologi Tepat Guna (Posyantek) Tanahsareal menggandeng Kwartir Cabang (Kwarcab) Praja Muda Karana (Pramuka) Kota Bogor. Pihaknya pun membidik remaja dan usia sekolah sadar akan pemanfaatan limbah rumah tangga menjadi pupuk kompos cair. Demikian disampaikan narasumber, Ujang Rusmana, kepada Metropolitan, kemarin.

“Kesadaran akan sampah harus ditanamkan sejak dini. Oleh sebab itu, saya juga menggaet Kwarcab Pramuka Kota Bogor. Tujuannya agar ilmu yang didapatkan pada seminar tentang kompos cair ini diterapkan kepada anggota pramuka,” bebernya kepada Metropolitan usai memberikan materi pelatihan di Kampung Pabuarankandang, RT 01/03, Kelurahan Cibadak, Kecamatan Tanahsareal.

Ia melanjutkan, pramuka merupakan salah satu pendidikan yang bisa langsung diterapkan di semua usia, baik SD, SMP dan SMA. “Pramuka punya anggota pasti, kemudian dididik untuk mencintai lingkungan. Pengolahan limbah bisa jadi ekskul-nya pramuka,” ujarnya.

Sementara itu, Sekretaris Kwarcab Pramuka Kota Bogor M Nurwali Amin mengaku sangat beruntung bisa mengikuti pelatihan pengolahan kompos cair tersebut. “Sebab, ini sangat  membantu kita menyadarkan masyarakat mulai dari usia dini,” kata pria yang akrab disapa Wali ini. Selain membuat lingkungan bersih, tambah dia, jika digeluti dengan serius, ternyata sampah bisa menghasilkan nilai ekonomi yang sangat tinggi. Ia juga  mencontohkan tingginya permintaan pasar terhadap pupuk berkualitas bisa menjadi ladang ekonomi warga. “Kalaupun tidak, limbah rumah tangga yang kita hasilkan bisa menjadi pupuk tanaman di lingkungan rumah,” imbuhnya. (cr10/a/suf/py)

Sumber:
metropolitan.id

No comments:

Post a Comment

Terimakasih atas kunjungannya, Tinggalkan komentar untuk perbaikan blog ini.
Pilih "Nama/Url" kalau tidak punya akun google