Responsive Ads Here

Saturday, February 28, 2015

PEDULI ITU SEDERHANA

Pramuka? Apa yang pertama muncul di pikiran anda tentang pramuka? Saya yakin anda akan berpikir bahwa pramuka merupakan suatu kegiatan yang sangat tidak keren, jadul, membosankan, dan apalah itu. Bagi anda yang berpikir demikian, maka sebenarnya anda yang ketinggalan zaman. Mengapa saya berbicara demikian?
Jawabannya sudah pasti, pramuka bukanlah hal yang membosankan, jadul, atau bahkan ‘ndeso’. Bagi anda yang telah mengenal pramuka lebih jauh, pasti anda juga akan berbicara hal yang sama. Menurut saya, pramuka adalah suatu gudang ilmu, gudang persahabatan, dan juga sebagai tempat menyalurkan aspirasi, rasa cinta, maupun kepedulian.
Perlu anda ketahui, pramuka tidak harus identik dengan matahari, rasa lelah, ataupun hanya sekedar tepuk tangan. Disini kita akan belajar apa itu rasa cinta, kita juga akan mempunyai kepedulian yang tinggi tanpa kita menyadarinya.
Peduli tidak harus dengan harta, tidak harus dengan tenaga yang terkuras habis, peduli dapat kita terapkan hanya dengan niat yang tulus untuk menolong, mengurangi, dan memberi. Asalkan kita mau, rasa peduli dalam hati kita akan muncul secara tiba-tiba.
Sebenarnya banyak hal yang bisa kita lakukan untuk menunjukan rasa kepedulian tersebut dan kita bisa memulainya dari hal yang sederhana. Sebagai salah satu contoh, kita bisa menyingkirkan ranting yang menghalangi kenyamanan pengguna jalan. Meskipun kita hanya melakukan hal yang sangat sederhana, tetapi secara tidak sadar kita telah menyelamatkan banyak orang dari kemungkinan-kemungkinan buruk yang akan disebabkan oleh ranting tersebut.
Selain itu, tingkat kepedulian tidak diukur dari seberapa besar harta atau tenaga yang kita gunakan untuk melakukan suatu kebaikan, tapi diukur dari seberapa besar niat kita untuk mewujudkannya.
Apakah rasa peduli hanya dimiliki oleh anggota pramuka saja? Tentu tidak. Rasa peduli dapat dimiliki oleh siapapun yang menginginkannya. Tidak mustahil jika seorang pemulung ternyata mempunyai tingkat kepedulian yang lebih tinggi daripada seorang pejabat tinggi negara. Bisa dikatakan bahwa jabatan sangat tidak mempengaruhi seberapa tinggi tingkat kepedulian kita terhadap sesuatu ataupun seseorang.
Bagi anda yang ingin kebaikan anda dilihat dan dipuji oleh semua orang, lebih baik anda tidak melakukan kebaikan tersebut. Anda tahu mengapa? Ketahuilah, anda salah jika melakukan suatu kebaikan hanya agar mendapat pujian dari orang lain. Salah besar! Kebaikan tidak mengenal apa, siapa, dimana maupun dilihat atau tidak oleh orang lain. Karena kebaikan yang sesungguhnya adalah kebaikan yang tersembunyi dan tidak ada satu orangpun yang mengetahuinya.
Lalu, apa yang dilakukan anggota pramuka dan apa yang membuat mereka nyaman disana? Itulah pertanyaan yang dilontarkan oleh banyak orang. Sebelum saya menjawab pertanyaan tersebut, saya ingin bertanya kepada anda. Apakah anda tahu apa itu rasa cinta? Yapp, cinta adalah suatu perasaan yang tiba-tiba datang tanpa kita mengundangnya. Perasaan yang berupa suka maupun duka. Jika kita mencintai sesuatu, kita tidak akan mengetahui alasan kita mengapa mencintainya. Itulah yang dirasakan para anggota pramuka. Mereka tidak mengetahui mengapa mereka sangat nyaman berada di zona tersebut. Namun faktanya mereka mendapat sesuatu yang mereka cari disana, salah satunya yaitu perasaan baru.
Dengan kita menjadi anggota pramuka, kita bisa belajar lebih banyak dari apa yang kita impikan sebelumnya. Selain itu di dalam kegiatan pramuka kita juga bisa mengasah kemampuan verbal maupun non verbal, mengenal apa itu rasa cinta, kepedulian, dan kebersamaan. Karena jika kita mengumpulkan kemauan yang kita miliki, maka saat itu pula kemampuan akan menghampiri kita. So, do the best for anything!
Sukses Pramuka Indonesia!!

wosm

By: 


De Indonesia

No comments:

Post a Comment

Terimakasih atas kunjungannya, Tinggalkan komentar untuk perbaikan blog ini.
Pilih "Nama/Url" kalau tidak punya akun google