Responsive Ads Here

Wednesday, June 25, 2014

Pramuka Kota Bandung

Pramuka Kota Bandung


KMD SMAN 24 Bandung 2014

Posted: 24 Jun 2014 01:55 AM PDT

Kak Muhammad Ikhsan, AR., dari Pusdiklatcab Kota Bandung memberikan materi mengenai Manajemen Resiko kepada peserta pada hari kedua pelaksanaan KMD SMAN 24 Bandung, di kompleks SMAN 24 Bandung, Jalan A.H. Nasution No.24 Bandung, Selasa (24/6/2014). Kegiatan yang dibuka langsung Wakil Ketua Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Kota Bandung Bidang Bina Muda kak Mahyudin ini, diikuti sebanyak 43 orang guru.

Tidak hanya dikaitkan dengan program Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nasional mengenai Kurikulum Pendidikan Kepramukaan 2013 dan Ekstrakulikuler Wajib Kepramukaan yang menuntut setiap sekolah untuk melaksanakannya. Namun di posisi yang sama, dalam hal program pembentukan karakter siswa sesuai dengan nilai-nilai pendidikan karakter dalam kegiatan kepramukaan." Dengan mengikuti KMD, para guru lebih spasifik lagi menerima materi tentang kepramukaan. Terutama mengenai pembentukan nilai-nilai iman dan taqwa siswa melalui pendidikan karakter dalam kepramukaan," ujar Dra. Latifah, selaku Wakil Kepala SMAN 24 Bandung Bidang Hubungan Masyarakat (Humas) saat ditemui TP di hari kedua Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar (KMD) SMAN 24 Bandung, di kompleks SMAN 24 Bandung, Jalan A.H. Nasution No. 24 Bandung, Selasa (24/6/2014). Kegiatan yang dilaksanakan dari 23-24 Juni 2014 tersebut dibuka langsung kak Mahyudin selaku Wakil Ketua Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Kota Bandung Bidang Bina Muda dan diikuti 43 orang guru.
Latifah mengatakan, pramuka merupakan ekstrakulikuler wajib dan melalui KMD ini, banyak hikmah yang dapat diambil." Hikmah yang dirasakan saat mengikuti KMD ini, para guru dapat lebih memahami kepramukaan lebih luas dalam kebersamaan sesama guru dan kedepannya dapat sinergis bersama siswa, " lanjut Latifah yang bangga terhadap prestasi siswa-siswi SMAN 24 Bandung salah satunya melalui kegiatan ekstrakulikuler.
Ditempat yang sama, kak Nani Rohayani, S.Pd., dari Pusdiklatcab Kota Bandung menargetkan materi KMD yang diberikan dapat dipahami seluruh peserta." Materi yang disampaikan kita kemas dengan cara permainan kepramukaan dan mayoritas para peserta sangat antusias untuk mengikutinya dan mereka sepertinya bersemangat ingin menjadi pembina pramuka serta siap membina di pangkalannya," ujar kak Nani. Selanjutnya untuk agenda berkemah, rencananya akan dilaksanakan pada bulan Agustus 2014. (TP)

KMD SMAN 8 Bandung 2014

Posted: 24 Jun 2014 12:03 AM PDT

Salah satu kelompok putri mempraktekan cara menggunakan bendera semapore didampingi Kak Alex K Pramiadi dari Pusdiklacab Kota Bandung pada hari kedua pelaksanaan Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar (KMD) SMAN 8 Bandung yang dimulai dari 23-24 Juni 2014, di kompleks SMAN 8 Bandung, Jalan Selontongan No. 3 Buah Batu Bandung, Selasa (24/6/2014). Kegiatan ini diikuti sekitar 40 orang guru.

Dalam rangka mengimplementasikan kurikulum pendidikan kepramukaan 2013 dan ekstrakulikuler wajib pramuka, pihak sekolah dalam hal ini para guru tidak hanya cukup mendapat materi pengenalan seputar kepramukaan saja, perlu pemahaman lebih salah satunya melalui Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar agar saat membina peserta didik dilapangan metode pendidikan yang digunakan sesuai dengan metode kepramukaan yang berlaku." Dari KMD ini, guru-guru perlu mendapat pembekalan awal mengenai metode kepramukaan, agar saat membina kurikulum pendidikan kepramukaan 2013 dan ekstrakulikuler wajib kepramukaan kepada peserta didik, sesuai dengan metode yang berlaku," ujar Drs. Abdul Latief, M.Pd., selaku Wakil Kepala SMAN 8 Bandung Bidang Kurikulum saat ditemui TP disela-sela kegiatan hari kedua pelaksanaan KMD SMAN 8 Bandung, di kompleks SMAN 8 Bandung, Jalan Selontongan no. 3 Buah Batu Bandung, Selasa (24/6/2014). Kegiatan yang diikuti sekitar 40 orang guru ini telah dimulai dari 23-24 Juni 2014. Menurut Abdul, saat ini pelaksanaan program pendidikan kepramukaan 2013 tidak cukup menggunakan sistem blok saja." Tidak bisa hanya dengan sistem blok saja, tentunya perlu diimbangi dengan kegiatan latihan ekskul pramuka dilapangan seperti di SMAN 8 Bandung selalu dilaksanakan setiap hari sabtu dan pada tahun ajaran baru nanti akan dilaksanakan per empat kelas, "jelas Abdul yang menyatakan, program sekolah mengenai pendidikan karakter ternyata sinergis dengan nilai-nilai pendidikan karakter dalam kepramukaan.
Dalam kegiatan yang dibuka langsung Sekretaris Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Kota Bandung, H. Weng D Riyanto, M.Ag., tersebut, para peserta lebih menyukai materi KMD di luar ruangan. " Peserta lebih senang menerima materi KMD di luar ruangan, karena sambil mempraktekan langsung setiap materi yang disampaikan. Semoga semua muatan materi selama dua hari ini dapat dipahami seluruh peserta," ujar Hj. Lilies Karliah dari Pusdiklatcab Kota Bandung. Selanjutnya, untuk kegiatan berkemah, rencananya akan dilaksanakan pada bulan Agustus 2014. (TP)

No comments:

Post a Comment

Terimakasih atas kunjungannya, Tinggalkan komentar untuk perbaikan blog ini.
Pilih "Nama/Url" kalau tidak punya akun google