Responsive Ads Here

Friday, August 17, 2012

Anjungan “Wonderful Indonesia” Raih Cosmos Award di Expo 2012 Yeosu, Korea

expo 2012 yeosu di indonesiaproud wordpress com

Bureau Internationale des Expositions (BIE) memberikan Penghargaan Cosmos pada anjungan “Wonderful Indonesia” di Expo 2012 Yeosu Korea, setelah berhasil menyisihkan 10 negara nominasi terbaik.

BIE mengadakan penghargaan ini sebagai tradisi pada setiap expo internasional. Pertama mereka menominasi 10 negara yang berhasil memamerkan paviliunnya selaras terhadap tema yang ditentukan.

Indonesia terpilih sebagai pemenang tunggal diantara 10 negara nominasi terbaik, kata Sekjen Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Gellwynn Jusuf, yang hadir dalam acara penutupan Expo 2012 Yeosu Korea (12/8).

anjungan wonderful di indonesiaproud wordpress com

Gellwynn mengatakan bahwa anjungan Wonderful Indonesia mengambil tema “Sustaining Tropical Diversity“  atau Memelihara Keragaman Tropis, yang selaras baik pesan mau pun pelaksanaan aksinya dengan tema Expo 2012 Yeosu, yakni “The Living Ocean and Coast: Diversity of Resources and Sustainable Activities” (Kehidupan Samudera dan Pesisir: Keragaman Sumberdaya dan Kegiatan yang Berkelanjutan).

Indonesia dianugerahi penghargaan karena pesan konservasi kelautannya. Sebagai hadiahnya, BIE dan Yayasan Jepang akan mentransfer dana sebesar 20.000 euro kepada Yayasan Pulau Banyak di Aceh Tenggara.

Pesan yang disampaikan dalam anjungan tersebut adalah Indonesia merupakan tempat dari 500 budaya yang berbeda, yang berbicara dalam 730 bahasa. Secara geografis, Indonesia memisahkan Samudera Hindia dan Samudera Pasifik, yang membentuk Cincin Api Pasifik. Indonesia juga memiliki koleksi keanekaragaman hayati (biodiversitas) kelautan yang terkaya di dunia.

Paviliun tersebut juga menggambarkan bagaimana Indonesia memberi nilai dan mengelola biodiversitas tropisnya melalui konservasi ekosistem kelautan dan pesisirnya sementara tetap menghargai pentingnya tradisi-tradisi lokal masyarakat pesisir.

Gellwynn Jusuf mengatakan bahwa selama expo telah dipamerkan berbagai aspek sejarah kelautan dan pembangunan pesisir serta masyarakat pesisir Indonesia, mulai dari zaman abad lampau sampai masa kini.
Ditambahkannya, Anugrah ini telah membuat partisipasi Indonesia pada expo bertaraf dunia ini menjadi sangat berarti dikarenakan ke depan paradigma Blue Economy yang digagas Indonesia menjadi konsep dasar pembangunan berbasis kelautan bagi negara-negara kepulauan di dunia.

Sumber: http://indonesiaproud.wordpress.com/2012/08/14/anjungan-wonderful-indonesia-raih-penghargaan-cosmos-di-expo-2012-yeosu-korea/

No comments:

Post a Comment

Terimakasih atas kunjungannya, Tinggalkan komentar untuk perbaikan blog ini.
Pilih "Nama/Url" kalau tidak punya akun google