Responsive Ads Here

Thursday, April 5, 2012

Raimuna di Papua Dihadiri 2.500 Pramuka

Menpora Andi Mallarangeng menerima Kwartir Nasional Pramuka yang dipimpin Prof Dr H Azrul Azwar MPH. Dalam pertemuan itu, dibahas banyak hal termasuk sejumlah kegiatan Kwarnas sepanjang tahun 2012.
Azrul menyebut ada sejumlah program yang akan diselenggarakan antara lain penyelenggaraan perhelatan akbar perkemahan Raimuna Gerakan Pramuka yang akan digelar  25 Juni – 1 Juli 2012 di Bumi Perkemahan Waena Papua.
“Minimal sekitar 2.500 Pramuka akan hadir dalam perhelatan itu pada bulan Juni 2012,” ujar Pimpinan Kwartir Nasional (Kwarnas) Pramuka,  Azrul Azwar di Gedung Menpora Jakarta, Kamis (1/3).
Menurut Azrul, ada sejumlah kegiatan lain seperti Perkemahan Puteri pada bulan November di Jambi, dan peringatan 100 tahun kepanduan. “Tahun ini kepanduan tepat berusia 100 tahun. Kepanduan masuk ke Indonesia pada tahun 1912,” katanya.
Menpora Andi Mallarangeng menyambut baik sejumlah kegiatan dan program Pramuka. Ia pun siap mendukung kegiatan Pramuka sebagai wadah membangun karakter bangsa. “Kita akan melihat apakah ada kegiatan yang bisa didukung dan akan diusahakan,” kata Menpora.
Azrul didampingi Sekjend Kwarnas Joedyaningsih, Bendahara Kwarnas Ramli Sairin dan perwakilan Dewan Kerja Nasional Pramuka yaitu Abdul Razak dan Mukhlis. Sementara, Menpora didampingi Deputi Bidang Pengembangan Pemuda Zubakhrum Tjenreng, Staf Ahli Bidang Revitalisasi Pramuka Amran Razak, Asdep Kepanduan Zulkifli Akbar dan Plt Asdep Kepeloporan Pemuda Abud Musa’ad.\
Kata Raimuna berasal dari bahasa Ambai, Daerah Yapen Timur, Kabupaten Yapen Waropen, Papua. Kata Raimuna merupakan gabungan dua kata yaitu Rai dan Muna.Rai berarti sekelompok orang yang berkumpul untuk mencapai tujuan tertentu yang ditetapkan bersama. Sedangkan Muna adalah daya kekuatan jiwa seseorang yang berpengaruh baik dalam mencapai kesuksesan.Raimuna memiliki arti sekelompok orang yang hidup dalam suatu kekuatan dengan dijiwai oleh sesuatu daya yang selalu memberi semangat tinggi dalam mencapai tujuan. Sebagai kegiatan rutin empat tahunan, tahun 2012 ini akan menjadi tahun penyelenggaraan Raimuna yang ke sepuluh. Raimuna kali ini untuk pertamakalinya diselenggarakan di wilayah Indonesia Timur. Papua berkesempatan menjadi tuan rumah Raimuna Nasional X, daerah yang menjadi asal kata Rai dan Muna itu sendiri. (hanafijal/info publik)

No comments:

Post a Comment

Terimakasih atas kunjungannya, Tinggalkan komentar untuk perbaikan blog ini.
Pilih "Nama/Url" kalau tidak punya akun google