Responsive Ads Here

Thursday, January 19, 2012

Persiapan Raimuna Nasional 2012 Telan Rp 32 Miliar

Persiapan penyelenggaraan Raimuna Nasional 2012 di Papua diperkirakan menelan dana Rp32 Miliar untuk perbaikan seluruh fasilitas seperti jalan, stadion, MCK (mandi, cuci, kakus) dan sebagainya, kata Ketua Harian Pramuka Cabang Papua, Amos Asmuruf, di Sentani, Rabu.

"Untuk menghadapi perhelatan akbar pramuka ini, mulai sekarang dilakukan pembenahan dan perbaikan seluruh fasilitas di bumi perkemahan Buper Waena (Kota Jayapura)," katanya.

Sehubungan itu, ia meminta dukungan material maupun moril dari seluruh kepala daerah di provinsi tertimur Indonesia ini.

Dikatakannya, untuk mensukseskan perhelatan akbar Pramuka tersebut Kwarda Papua harus mempersiapkan fisik dan SDM, karena Raimuna Nasional 2012 akan dihadiri puluhan ribu peserta baik dalam� maupun luar negeri termasuk kepanduan dunia.

Kata "Raimuna" berasal dari daerah Yapen, tepatnya dari Pulau Ambay, Papua.

Menurut Amon, Raimuna berasal dari kata Rai dan Muna yang artinya pertemuan ketua suku dalam suatu forum yang menghasilkan suatu tujuan suci untuk kepentingan bersama.

Dalam dunia kepramukaan, Raimuna adalah sebutan untuk pertemuan Pramuka Penegak dan Pandega dalam bentuk perkemahan besar yang diselenggarakan oleh kwartir Gerakan Pramuka, seperti Raimuna Ranting, Raimuna Cabang, Raimuna Daerah, Raimuna Nasional.

Raimuna Nasional VIII yang diadakan pada 2003 merupakan Raimuna Nasional pertama yang diadakan diluar "kebiasaan" , Raimuna Nasional VIII diadakan di Taman Candi Prambanan-Yogyakarta , biasanya Raimuna Nasional diselenggarakan di Bumi Perkemahan WILADATIKA - Cibubur-Jakarta.




2 comments:

  1. Wah.. lumayan besar modal yang dikeluarkan kak...
    kak nanti saat rainas ada streaming ga biar bsa mantau soalnya saya ga bsa ikut raimuna????

    oh ea kak widgetnya kirim ajah ke email kami di smanabscout@gmail.com

    ReplyDelete
  2. Wah kurang tau jga kak.... mungkin nanti di scout radio, coba pantau terus ja kak...

    widgetnya Sudah saya kirimkan kak ...

    ReplyDelete

Terimakasih atas kunjungannya, Tinggalkan komentar untuk perbaikan blog ini.
Pilih "Nama/Url" kalau tidak punya akun google