Responsive Ads Here

Friday, December 16, 2011

Sekjen Kemhan Hadiri Peresmian Crisis Center Pramuka Peduli dan Pembukaan ToT Gerakan Pramuka


Jakarta –  Sekretaris Jenderal Kementerian Pertahanan (Sekjen Kemhan), Marsdya TNI Eris Herryanto selaku Wakil Ketua Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka Bidang Abdi Masyarakat dan Siaga Bencana, Jumat (9/12), menghadiri peresmian Crisis Center Pramuka Peduli yang dilakukan oleh Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka, Prof. Dr. dr. H. Azrul Azwar, M.ph di Gedung Pramuka, Jakarta.

Crisis Center Pramuka Peduli yang dibangun oleh Kwarnas Gerakan Pramuka bekerjasama dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) adalah suatu pusat pengendalian yang ada di lingkungan Kwartir Nasional Pramuka dalam rangka melaksanakan kegiatan-kegiatan penanggulangan bencana.

Crisis Center Pramuka Peduli ini dilengkapi beberapa sarana dan prasarana sistem komunikasi seperti Website Pramuka peduli www.pramukapeduli.org, dan SMS Center 1408 yang akan beroperasi selama 24 jam. Disamping itu Crisis Center ini juga dilengkapi dengan perlengkapan Resque untuk 2 regu hasil bantuan dari Coorporate Social Responsible (CSR) Pertamina.

Menurut Sekjen, sarana prasarana yang tersedia di Crisis Center tersebut dijadikan sarana media informasi dan komunikasi antara pihak-pihak terkait dalam aktivitas penanggulangan bencana dengan Gerakan Pramuka.

“Kalau ada bencana terjadi kita bisa mengendalikan melalui Crisis Center ini. Dengan arti lain Crisis Center ini merupakan pusat yang berfungsi untuk menerima laporan-laporan yang terjadi dilapangan dan memberikan arahan-arahan teknis menyangkut penanggulangan bencana, “Jelas Sekjen Kemhan.

Dijelaskan juga oleh Marsdya TNI Eris Herryanto, Crisis Center Pramuka Peduli tersebut juga sebagai wujud upaya optimalisasi fungsi penanggulangan bencana bagi Gerakan Pramuka. Sehingga keberadaan Gerakan Pramuka di lingkungan masyarakat dalam masa sebelum dan sesudah penanggulangan bencana dapat lebih diperjelas.

Dihari yang sama, sebelumnya Marsdya TNI Eris Herryanto juga menghadiri pembukaan kegiatan Training of Trainer (ToT) Modul Penanggulangan Bencana Berbasis Komunitas yang diselenggarakan oleh Pusidklatnas dan Kwarnas Gerakan Pramuka.

Kegiatan yang dilaksanakan selama tiga hari (9-11 Desember 2011) di Pusdiklatnas Cibubur, Jakarta itu diikuti oleh 77 peserta yang berasal dari pelatih dan Dewan Kerja Kwartir Daerah (Kwarda) seluruh Indonesia, DKN, Unit Usaha Kwarnas dan utusan Kwarda Gerakan Pramuka.

menurut Sekjen Kemhan kegiatan TOT, bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan tentang penanggulangan bencana di lingkungan Gerakan Pramuka sebagai lanjutan dari Modul dan Petunjuk Teknis tentang penanggulangan bencana yang dimiliki oleh gerakan pramuka.

Pada kesempatan pembukaan TOT juga dilaksanakan penandatanganan MoU Kerjasama antara Kwarnas Gerakan Pramuka dengan BNPB. Tujuan dari kerjasama tersebut adalah agar peran pramuka dalam penanggulangan bencana dapat lebih terkoordinir dan lebih meningkat di masa datang. 


(Sumber Berita : http://pramuka.or.id)

No comments:

Post a Comment

Terimakasih atas kunjungannya, Tinggalkan komentar untuk perbaikan blog ini.
Pilih "Nama/Url" kalau tidak punya akun google