Responsive Ads Here

Saturday, December 24, 2011

Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka, Prof. Dr. dr. H. Azrul Azwar, MPH: “Gerakan Pramuka Utamakan Penanaman Nilai-Nilai”

Gerakan Pramuka lebih mengutamakan pendidikan nilai-nilai baru kemudian diajarkan tentang pengetahuan dan teknologi. Penanaman nilai-nilai dalam Gerakan Pramuka dalam rangka untuk  membentuk karakter kaum muda, memiliki rasa kebangsaan, dan meningkatkan keterampilan peserta didik. Untuk mencapai tujuan tersebut dilakukan melalui proses pembelajaran interaktif, aktif di alam terbuka.  Salah satu metode adalah keteladanan.

“Keteladanan bagi anggota dewasa menjadi sangat penting untuk merubah attitude peserta didik”, kata Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka, Prof. Dr.dr. H. Azwar Azwar, MPH dalam acara Temu Tokoh Pramuka dalam rangka konsultasi antara Pembina  Pramuka, Alumni Pramuka Tingkat Nasional dan Internasional tanggal 10 Desember 2011 di Hotel Redtop, Jakarta.

Untuk menanamkan keteladanan itu tegas Kakwarnas, dilakukan kegiatan temu tokoh dengan harapan para peserta dapat mengambil manfaat dari para tokoh yang dihadirkan dalam forum ini.

Staf Ahli Revitalisasi Gerakan Pramuka Kemenpora, Prof. Dr. Amran Razak mengatakan bahwa hal yang terpenting dalam Gerakan Pramuka adalah segala sesuatu harus dilakukan secara terencana untuk mencapai cita-cita.

Menanggapi pertemuan tersebut di dalam ruangan, Prof. Amran berjanji pada pertemuan yang akan datang, Kemenpora akan menfasilitasinya lebih besar lagi dan akan dilakukan di alam terbuka.

Sementara itu Waka POLRI, Komjen Polisi Nanan Sukarna (salah satu tokoh yang ditampilkan dalam acara temu tokoh ini) mengatakan bahwa pendidikan kepramukaan sebaiknya ditanamkan sejak dini di keluarga melalui SKU dan SKK, Dwi Satya, Tri Satya dan Dasa Darma Pramuka.

Sangat disayangkan ungkap Kak Nanan banyak orang tua tidak menyadari metode pendidikan kepramukaan seperti bermain dan bernyanyi itu sebagai alat dan proses pendidikan.

Nanan Sukarna pernah mengusulkan agar setiap perwira yang sedang melaksanakan proses pendidikannya di Akpol mengikuti Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar (KMD) dan hingga saat ini masih merupakan kurikulum di Akpol.

Menurut Nanan Sukarnakegiatan kepramukaan sebaiknya dikemas dengan sebaik-baiknya agar menarik sehingga diminati oleh generasi muda kita. Lebih dari itu adik-adik Pramuka harus punya tekad untuk dapat menjadi pemimpin di level manapun, dan untuk itu harus mempersiapkan diri sebaik-baiknya.

Dalam acara temu tokoh tersebut, panitia pelaksana menghadirkan selain Waka Polri Nanan Sukarna, juga menghadirkan Sekjen Kemenhan yang juga Wakil Ketua Kwarnas Bidang Abdimas dan Siaga Bencana, Marsdya TNI Eris Herryanto, M.A, Peneliti BPPT dan Wakil Ketua Kwarnas Bidang Pendidikan dan Penelitian, Prof. Dr. Jana Tjahjana Anggadiredja, M.Sc, Apt.

Masing-masing tokoh yang ditampilkan diberi waktu untuk menceritakan pengalaman hidupnya terutama kiprahnya dalam Gerakan Pramuka. Kemudian para peserta temu tokoh diberi kesempatan untuk menanyakan tentang berbagai hal kepada tokoh-tokoh yang tampil tadi. Wk. 02

Sumber: Humas Kwarnas - http://pramuka.or.id

No comments:

Post a Comment

Terimakasih atas kunjungannya, Tinggalkan komentar untuk perbaikan blog ini.
Pilih "Nama/Url" kalau tidak punya akun google