Responsive Ads Here

Sunday, September 18, 2011

Menjadi Tugas dan Kewajiban

Saka Bhayangkara Siap Dilibatkan Dalam Kegiatan Sosial

PASUKAN berseragam coklat ini dikenal dengan nama Pramuka. Mereka aktif dalam berbagai kegiatan khususya sosial. Di Samarinda Seberang, pasukan ini bermarkas di salah satu ruangan di Kantor Polsekta Samarinda Seberang.

BEBERAPA kegiatan sosial di kawasan Samarinda Seberang dan Loa Janan Ilir, pasukan Pramuka terlihat selalu hadir. Kegiatan yang mereka lakukan beraneka ragam, dari pengamanan lalu lintas, membantu panitia pelaksana, hingga terlibat langsung di dalamnya.

Bagi mereka, seluruh kegiatan sosial merupakan tugas dan kewajiban yang harus dilakukan. Makanya terkadang mereka hadir secara spontanitas untuk membantu tanpa harus diundang.

Seperti kegiatan Poskotis selama Ramadan dan pasca Lebaran. Pasukan ini juga terlibat dilibatkan. Mereka membantu tugas polisi untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat. Seakan tak mengenal lelah, mereka tetap semangat dalam membantu tugas dari aparat kepolisian.

Tak hanya itu, beberapa kegiatan sosial seperti kegiatan beduk sahur yang menjadi agenda tahunan di Kecamatan Samarinda Seberang juga dibantu pasukan ini. Dengan bermodalnya niat yang tulus dan hasti yang ikhlas, pasukan ini selalu hadir di dalam setiap kesempatan.

Menanggapi hal itu, Pamong Saka Bhayangkara Samarinda Seberang Aiptu Usman mengaku bangga dengan kinerja yang dilakukan pramuka. Menurutnya, mereka dicetak dan dibentuk untuk membantu masyarakat baik dalam kegiatan sosial maupun penanggulangan musibah.

“Saya bangga dengan kegiatan yang sudah dilakukan adik-adik Pramuka yang rela dan tulus dalam melaksanakan kewajibannya. Bahkan bila ada musibah, adik-adik biasanya secara spontanitas datang dan membantu para korban untuk meringankan beban mereka,” ujar Usman pada harian ini.

Bahkan menurutnya kegiatan tersebut tak hanya menjadi kewajiban bagi para Pramuka, melainkan sudah menjadi salah satu tugas utama yang harus ia lakukan. Sehingga, tuntutan naluri dan kesadaran dari hati nurani mereka sebagai pramuka yang menggerakkan mereka untuk turun tangan bila dianggap diperlukan.

“Ini bukan lagi menjadi sebuah kewajiban namun tugas yang harus mereka laksanakan. Kepedulian mereka tentang kegiatan social dan musibah sangat tinggi, makanya mereka selalu hadir tanpa harus dikoordinasikan terlebih dahulu,” paparnya.

Ia berharap kader-kader Pramukan yang akan datang mampu mengikuti jejak kakak-kakaknya dalam melaksanakan tugas dan kewajiban sesuai fungsinya. Sehingga citra Pramuka di masyarakat dapat menjadi lebih baik dan pasukan ini memang tercipta untuk membantu masyarakat.

“Untuk kedepannya harapan kami adik-adik terutama generasi pramuka akan jauh lebih baik dari segi semangat dan kepeduliannya terhadap masyarakat. Sehingga pandangan warga terhadap pramuka bisa lebih baik lagi,” pungkasnya. (aya)

 

Sumber: www.sapos.co.id

No comments:

Post a Comment

Terimakasih atas kunjungannya, Tinggalkan komentar untuk perbaikan blog ini.
Pilih "Nama/Url" kalau tidak punya akun google