Responsive Ads Here

Friday, January 13, 2017

Cara dan Syarat Mengikuti Raimuna Nasional 2017

Bagaimana cara mengikuti Raimuna Nasional 2017? Apa saja syarat agar bisa mengikuti Raimuna Nasional XI? Dua pertanyaan tentang cara dan syarat mengikuti Rainas ini menjadi pertanyaan bagi sebagian pramuka penegak dan pandega. Sebagai pertemuan paling akbar bagi pramuka penegak dan pandega di seluruh Indonesia, tidak mengherankan jika setiap pramuka penegak dan pramuka pandega berharap dapat mengikuti kegiatan tersebut. Raimuna Nasional XI Tahun 2017, sebagaimana raimuna-raimuna sebelumnya, telah menjadi magnet tersendiri bagi setiap pramuka.

Karena itu, kali ini Blog Pramukaria akan mengulas tata cara dan syarat yang harus dipenuhi agar seorang pramuka penegak dan pandega dapat mengikuti Raimuna Nasional yang digelar lima tahun sekali ini.

Raimuna Nasional adalah pertemuan pramuka penegak dan pramuka pandega dalam bentuk perkemahan besar tingkat nasional. Pesertanya adalah pramuka penegak dan pandega utusan dari setiap kwartir cabang dan kwartir daerah se-Indonesia. Raimuna Nasional 2017 akan diselenggarakan pada tanggal 13 s.d 21 Agustus 2017 di Bumi Perkemahan dan Graha Wisata (Buperta) Cibubur, Jakarta Timur, DKI Jakarta.
Syarat ikut raimuna nasional


Berikut cara dan syarat mengikuti Raimuna Nasional XI 2017

1. Peserta Raimuna Nasional 2017


Komposisi peserta Raimuna Nasional 2017 terdiri atas:
  1. Peserta utusan Kwartir Cabang
    Setiap Kwartir Cabang berhak untuk mengirimkan 2 umpi putra dan 2 umpi putri. Masing-masing umpi beranggotakan 6 orang pramuka penegak dan pandega. Umpi adalah satuan terkecil (seperti regu dan sangga) yang beranggotakan campuran antara pramuka penegak dan pandega. Jadi setiap Kwartir Cabang berhak untuk mengirimkan maksimal 24 anggota pramuka penegak dan pandega sebagai peserta Raimuna Nasional 2017.
  2. Peserta utusan KBRI
    Gugusdepan yang berpangkalan di KBRI (Kedutaan Besar Republik Indonesia) bisa mengikutkan pramuka penegak dan pandega anggotanya sebagai peserta Raimuna Nasional 2017. Kuota untuk utusan KBRI adalah 200 orang.

2. Persyaratan Peserta Raimuna Nasional 2017


Untuk dapat mengikuti Raimuna Nasional 2017, seorang anggota pramuka penegak dan pandega harus memenuhi beberapa syarat-syarat yang telah ditetapkan oleh Kwarnas Gerakan Pramuka. Syarat tersebut adalah sebagai berikut:
  • Syarat Umum
    1. Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega yang aktif di gugusdepan, biasanya dibuktikan dengan Surat Keterangan atau Surat Pengantar dari gugusdepan.
    2. Bagi pramuka penegak, telah menyelesaikan SKU Pramuka Penegak Laksana dan Pramuka Garuda.
    3. Bagi pramuka pandega, telah menyelesaikan SKU Penegak dan Pramuka Garuda.
    4. Berusia 17 - 24 tahun.
    5. Sehat jasmani dan rohani, biasanya dibuktikan dengan Surat Sehat dari dokter.
    6. Sanggup mentaati aturan dalam Raimuna Nasional 2017.
  • Syarat Administrasi
    1. Memiliki Kartu tanda Anggota (KTA) Pramuka.
    2. Memiliki Kartu Asuransi Kecelakaan diri/jiwa yang masih berlaku.
    3. Mengisi formulir pendaftaran via online dengan menyertakan hasil scan KTA, Kartu Ansuransi Jiwa, Surat Keterangan Sehat dari dokter, dan Pas Foto.
    4. Mengisi formulir kegiatan pilihan.
    5. Melampirkan surat mandat dari Kwartir Daerah dan Kwartir Cabang.
    6. Melampirkan surat keterangan sehat dari dokter.
    7. Menyerahkan Pas Photo uk. 4 x 6 sebanyak 2 (dua) lembar.
    8. Membayar biaya kegiatan sebesar Rp 650.000,-/orang. Biaya ini untuk KIT peserta (kaos, scarf, topi, tas daypack, id card, dan buku panduan), paket wisata, kegiatan subcamp, dan konsumsi natuna selama kegiatan.

Keterangan:

Syarat-syarat umum sebagaimana tersebut di atas biasanya harus sudah dilengkapi saat calon peserta mengikuti seleksi di tingkat kwartir cabang. Sedangkan untuk syarat-syarat administrasi biasanya peserta akan dibantu oleh masing-masing kwartir cabang untuk memenuhinya.

Di setiap kwartir cabang bisa jadi menetapkan persyaratan yang sedikit berbeda. Karena itu silakan hubungi kwartir cabang atau Dewan Kerja Cabang di kabupaten/kota masing-masing.

Terkait dengan syarat telah menyelesaikan Pramuka Garuda, bagi yang belum, jangan terlalu berkecil hati. Cari informasi terlebih dahulu di kwarcab masing-masing. Bisa jadi kwarcab tetap memberi kesempatan bagi yang belum menyelesaikan pramuka garuda, tentu dengan catatan calon peserta bersedia untuk menyelesaikan dan mencapainya sebelum hari H pelaksanaan Raimuna Nasional.

3. Tata Cara Mengikuti Raimuna Nasional


Secara umum, setiap kwartir cabang akan menyelenggakan tahapan seleksi calon peserta dan pembekalan/ pemantapan materi peserta Raimuna Nasional sebelum mengirim kontingennya ke Raimuna Nasional.

Seleksi Calon Peserta Raimuna Nasional 2017
  1. Seleksi Peserta Raimuna Nasional dilaksanakan oleh Kwartir Cabang atau Dewan Kerja Cabang di kabupaten/kota masing-masing.
  2. Waktu pelaksanaan seleksi tergantung masing-masing Kwarcab, tetapi biasanya dilaksanakan beberapa bulan sebelum pelaksanaan Raimuna Nasional.
  3. Syarat dan ketentuan untuk dapat mengikuti seleksi tergantung masing-masing Kwarcab tetapi tetap berpedoman pada Syarat Umum dan Administrasi Peserta Raimuna Nasional yang telah ditetapkan oleh Kwarnas Gerakan Pramuka.
  4. Materi seleksi seputar pengetahuan umum kepramukaan, PBB, scoting skill, dan lain-lain yang biasanya dilaksanakn secara tertulis dan wawancara.

Pembekalan dan Pemantapan Materi

Setelah lolos dalam seleksi calon peserta Raimuna Nasional akan mengikuti pembekalan dan pemantapan materi yang dilaksanakan oleh Kwartir Cabang. Waktu dan lama pembekalan materi tentu tergantung kebutuhan masing-masing kwartir cabang. Bisa beberapa minggu hingga beberapa bulan.

4. Hubungi DKC atau Kwarcab


Untuk memastikan berapa umpi dan berapa banyak penegak dan pandega yang dikirim oleh kwartir cabang masing-masing untuk mengikuti Raimuna Nasional 2017, silakan hubungi kwarcab dan DKC (Dewan Kerja Cabang) masing-masing. Pun untuk mengetahui persyaratan lebih lengkap, serta kapan waktu diselenggarakannya seleksi calon peserta Raimuna Nasional 2017.

Untuk semua pramuka penegak dan pandega se-Indonesia, jangan sampai ketinggalan. Manfaatkan kesempatan untuk mengikuti kegiatan paling akbar lima tahun sekali ini!

Dan terkait berbagai syarat dan tata cara untuk mengikuti Raimuna Nasional 2017 tersebut untuk memastikan bahwa peserta Raimuna Nasional 2017 memang benar-benar pramuka penegak dan pandega terbaik dan paling pantas untuk mewakili kwartir cabang masing-masing.

Akhirnya, selamat ber-raimuna dan sukses rainas 2017!

Sumber:
http://pramukaria.blogspot.co.id/

1 comment:

  1. Mohon ijin kak
    Bagi kakak-kakak yang mencari aneka buku materi Pramuka, silahkan mampir ke blog https://bukumateripramuka.blogspot.co.id/

    Semoga bermanfaat

    ReplyDelete

Terimakasih atas kunjungannya, Tinggalkan komentar untuk perbaikan blog ini.
Pilih "Nama/Url" kalau tidak punya akun google