Responsive Ads Here

Tuesday, December 6, 2016

Gerakan Pramuka

Gerakan Pramuka


Kak Adhyaksa: Lokakarya Pramuka Patriot Lingkungan Sesuai dengan Empat Fokus Gerakan Pramuka

Posted: 05 Dec 2016 11:10 PM PST

Lokakarya Pramuka Patriot Lingkungan Bagi Pembina Pramuka Wilayah Barat (Foto: Kak Udin/Humas Kwarnas)

Lokakarya Pramuka Patriot Lingkungan Bagi Pembina Pramuka Wilayah Barat (Foto: Kak Udin/Humas Kwarnas)

Jakarta, Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Kak Adhyaksa Dault mengapresiasi kegiatan Lokakarya Pramuka Patriot Lingkungan Bagi Pembina Pramuka se-Wilayah Barat, Jawa Sumatera yang diadakan di Taman Rekreasi Wiladatika Cibubur Jakarta Timur 6-8 Desember 2016.

Kak Adhyaksa mengatakan, isu lingkungan hidup menjadi persoalan penting yang harus diperhatikan oleh pemerintah dan masyarakat. Sebab, hal ini menyangkut keberlangsung hidup manusia yang menginginkan adanya lingkungan yang bersih, aman dan tenteram.

‎”Setiap manusia yang hidup di dunia ini memerlukan lingkungan yang bersih dan sehat agar dapat memberikan kenyamanan hidup. Karena itu manusia wajib peduli terhadap lingkungannya, yaitu dengan cara menjaga, memelihara dan menciptakan lingkungan hidup yang baik,” ujar Kak Adhyaksa saat membuka acara ini di TRW Selasa (6/12/2016).

Mantan Menpora ini pun senang, karena Pramuka selalu terdepan menjadi pelopor dari gerakan menciptakan lingkungan hidup yang bersih, aman dan damai. Pramuka potensial melakukan gerakan ini, lantaran organisasi kepanduan ini punya anggota lebih dari 20 juta orang.

Disamping itu, kata dia, anggota pramuka sebagian besar merupakan generasi muda bangsa yang akan mewarisi lingkungan di masa depan sebagaimana yang dituangkan dalam UU No.12 Tahun 2010 pasal 4.

Dalam pasal tersebut disebutkan, bahwa Gerakan Pramuka bertujuan membentuk  Anggota Gerakan Pramuka agar memiliki kepribadian yang beriman, bertaqwa, berakhlak mulia, berjiwa patriotik serta melestarikan Lingkungan. Pasal 6 ayat (2) huruf b, Cinta alam dan kasih sayang sesama manusia.

“Dengan kegiatan-kegiatan itu, diharapkan di setiap jiwa anggota Gerakan Pramuka akan timbul rasa cinta kepada alam dan lingkungannya. Penanaman kesadaran untuk mencintai alam dan lingkungannya perlu dilakukan sedini mungkin, sehingga anggota Gerakan Pramuka dapat memahami dan memelihara lingkungan hidup,” jelasnya.

Tidak lupa, Kak Adhyaksa juga mengingatkan kembali tentang empat fokus utama yang menjadi konsentrasi garapan kepengurusan Kwarnas, masa bakti 2013-2018.

1. Re-Branding.

Mengemas kegiatan pramuka menjadi keren, gembira, asyik dengan berpedoman pada tri satya dan dasa darma pramuka; meningkatkan partisipasi anggota dan masyarakat dalam pembuatan konten-konten tentang kepramukaan

2. Penataan Organisasi.

Penguatan sumber daya manusia mewujudkan aturan-aturan organisasi yang jelas, peningkatan sumber daya manusia sehingga memiliki integritas, jiwa ikhlas, etos kerja dan semangat gotong royong

3. Jaringan Kerja.

Penguatan komunikasi dan koordinasi di internal organisasi, serta kerjasama strategis ke luar yang tidak merugikan kepentingan Pramuka dan kepentingan nasional bangsa Indonesia.

4. Pramuka untuk Perubahan.

(scout for change); peningkatan bakti pramuka, dengan aksi-aksi kerelawanan dan karya nyata untuk masyarakat dan lingkungan

Menurutnya, lokakarya hari ini merupakan bagian utama dalam mewujudkan fokus utama yang diusung oleh kepengurusan Kwarnas saat ini.‎ yaitu mengupayakan peningkatan bakti pramuka, dengan aksi-aksi kerelawanan dan karya nyata untuk masyarakat dan lingkungan hidup.

“Arah dan tujuan Gerakan Pramuka memanglah sangat mulia, tapi jangan sampai tujuan tersebut menjadi slogan belaka manakala tidak ada keberanian dan kepedulian yang tinggi dalam proses pencapaian tujuan Gerakan Pramuka. Bertindak langsung merupakan kunci yang tepat bagi pencapaian tujuan demi generasi mendatang,” jelasnya.

Lebih lanjut Kak Adhyaksa mengatakann sebagai langkah nyata perwujudan Gerakan Pramuka menjadi garda terdepan dalam menjaga, memelihara dan menciptakan lingkungan hidup yang baik, Kwarnas telah membuat Buku Panduan Mewujudkan Gugus Depan Ramah Lingkungan yang hingga saat ini memasuki tahap akhir pembahasan dan ditargetkan selesai akhir bulan Desember ini.

“Kemudian langkah lain mewujudkan Pramuka Untuk Perubahan adalah secara terus menerus melakukan gerakan menanam disetiap kegiatan pramuka disemua jajaran,” pungkasnya. (HA)

Empat Sasaran yang Ingin Dicapai dari Lokakarya Pramuka Patriot Lingkungan Hidup

Posted: 05 Dec 2016 09:58 PM PST

Peserta Lokakarya Pramuka Patriot Lingkungan Bagi Pembina Pramuka asal Kwarda Gerakan Pramuka Bangka Belitung dengan kak Dramuji (Foto: Humas Kwarnas)

Peserta Lokakarya Pramuka Patriot Lingkungan Bagi Pembina Pramuka asal Kwarda Gerakan Pramuka Bangka Belitung dengan kak Dramuji (Foto: Kak Udin / Humas Kwarnas)

Jakarta  – Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka melalui Bidang Abdimasgana dan Lingkungan Hidup mengadakan Lokakarya Pramuka Patriot Lingkungan bagi pembina Pramuka wilayah barat Jawa dan Sumatera di di TRW Cibubur Jakarta Timur 6-8 Desember 2016.

Kak Sukro Muhab Andalan Nasional Kwarnas Bidang Abdimasgana dan Lingkungan Hidup mengatakan, Lokakarya Pramuka Patriot Lingkungan bagi Pembina Pramuka se-wilayah Barat ini merupakan program  Bidang  Lingkungan Hidup dan Kesakaan yang bertujuan untuk meningkatkan kapasitas Pembina Pramuka dalam bidang lingkungan.

“Kegiatan sekaligus dalam rangka menciptakan generasi muda yang  bertanggung jawab untuk menjadi garda terdepan dalam gerakan perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup,” ujar Kak Sukro di TRW, Cibubur Selasa (6/11/2016).

Melalui kegiatan ini, Kak Sukro mengatakan, ada empat sasaran yang ingin dicapai Kwarnas untuk menyusun program-program unggulan dalam rangka memecahkan persoalan lingkungan hidup, yang ada di berbagai daerah.

Pertama, ‎peserta diharapkan bisa merencanakan dan menyusun program-program perlindungan dan pengelolaan Lingkungan Hidup serta memahami problema lingkungan hidup dan langkah-langkah mengatasinya.

“Kedua memahami rencana strategik Kwartir Nasional Gerakan Pramuka bidang lingkungan hidup mensinergikan kegiatan lingkungan hidup dengan kememterian Lingkungan Hidup dan Kehutanan di jajarannya,” terangnya.

Ketiga, peserta diharapkan bisa memahami dan melaksanakan Gugusdepan Menuju ramah lingkungan mengelola sampah dengan prinsip 4R (Reduce, Reuse, Recycle and Replant)  bagi anggota Gerakan Pramuka dan proses composting Menerapkan aksi dalam mengantisipasi dampak  perubahan iklim (Climate Change)

“Terakhir, kita ingin bisa memahami dan meningkatkan pemahaman kepedulian Pramuka terhadap energi terbarukan, dan mempraktekan tata kelola air dan IPAL (Instalasi Pengelolaan Air Limbah) di gugusdepannya dan lingkungan tempat tinggalnya,” jelasnya. ‎

Diketahui, lokakarya Pramuka Patriot Lingkungan Bagi Pembina Pramuka Wilayah Barat (Tingkat Regional)  diikuti oleh utusan 17 Kwartir Daerah Gerakan Pramuka dari regional barat (Pulau Sumatera dan Jawa) dengan jumlah peserta 34 orang. (HA/Humas Kwarnas)

No comments:

Post a Comment

Terimakasih atas kunjungannya, Tinggalkan komentar untuk perbaikan blog ini.
Pilih "Nama/Url" kalau tidak punya akun google