Responsive Ads Here

Monday, October 10, 2016

Gerakan Pramuka

Gerakan Pramuka


Go River Indonesia Libatkan Pramuka Bersihkan Sungai Deli‎

Posted: 09 Oct 2016 07:17 AM PDT

Go River Indonesia Gelar Pramuka Peduli Sungai Deli (Foto:analisadaily.com)

Go River Indonesia Gelar Pramuka Peduli Sungai Deli (Foto:analisadaily.com)

Medan – Pendidikan sungai yang dilakukan oleh Go River Indonesia diikuti oleh puluhan Pramuka dari berbagai sekolah di Kota Medan.

Direktur Eksekutif Go River, Ahmad Hakiki menjelaskan bahwa Go River adalah sebuah lembaga non-pemerintah yang fokus pada program perbaikan ekosistem dan sosial kultur masyarakat daerah aliran sungai-sungai khususnya Sungai Deli.

“Sekolah Sungai Go River ini merupakan salah satu program Go River Indonesia dalam memberikan pendidikan sungai terhadap masyarakat, anak sekolah atau anak Pramuka yang ada di Kota Medan,” ucapnya kepadaAnalisadaily.com, Minggu (9/10).

Hakiki menuturkan, program Go River yang bertemakan ‘Pramuka Peduli Sungai Deli’ kali ini diikuti oleh puluhan anak Pramuka dari Sekolah Dharmawangsa Medan dimana nantinya Go River akan menjelaskan sejarah Sungai Deli yang saat ini sudah mulai dilupakan oleh para pemuda Kota Medan.

“Harapan saya dengan kegiatan ini  agar semakin banyak generasi muda terutama sekolah-sekolah di Kota Medan ikut berpartisipasi terhadap kepedulian mereka dengan melestarikan Sungai Deli ini,” tuturnya.

Semantara, Pembantu Pembina Pramuka SMA Dharmawagsa, Dedi Harjanto mengatakan kegiatan yang diikuti oleh Pramuka Dharwangsa ini merupakan kegiatan yang sangat positif karena dalam kegiatan ini ada makna dari Dasa Darma Pramuka.

“Ini pertama kali kami ikuti. Tema yang diambil Go River ini juga sesuai dengan Dasa Darma Pramuka yang ke-2 yaitu cinta alam dan kasih sayang sesama manusia dan kegiatan ini juga langsung dibuat di bantaran Sungai Deli,” ucapnya.

“Saya juga berharap nantinya kegiatan ini akan terus berlanjut. Semakin banyak pemuda yang peduli dengan Sungai Deli, maka semakin kembali masa kejayaan Sungai Deli,” pungkas Dedi.‎ (HA/Humas Kwarnas)

Saka Bahari Babel Juarai Lomba Tari Kreasi Smhapore di Pelantara VI 2016

Posted: 09 Oct 2016 06:46 AM PDT

Tari kreasi smhapore yang menggunakan lagu "The Best,

Tari kreasi smhapore yang menggunakan lagu “The Best," dari kontingen Bangka Belitung (foto: Husni/Humas Kwarnas)

Tari kreasi smhapore yang menggunakan lagu “The Best," berhasil menghantarkan kontingen Bangka Belitung sebagai juara pertama dalam Lomba tari smhapore yang diadaan oleh sangga kerja pelayaran lingkar nusantara (Pelantara) VI Sail Karimata 2016. Lomba ini digelar di atas Kapal KRI Surabaya 591 yang sedang lego jangkar di sekitar perairan Pontianak. Jum’at (7/10).

Selanjutnya, juara kedua diraih oleh tim tari smhapore dari kontingen daerah Nusa Tenggara Barat, sedang juara ketiga disabet oleh kontingen daerah Banten.

Lomba tari ini diikuti sebanyak 12 kontingen daerah, dengan jumlah peserta masing-masing tim maksimal 10 orang terdiri dari laki-laki atau perempuan atau campuran. Dengan waktu maksimal 7 menit. Sedangkan kostum yang digunakan menggunakan pakaian lapangan.

Kak Ginda Hadi Kusuma selaku pimpinan kontingen daerah Bangka Belitung menyampaikan rasa bangganya dengan memberikan apresiasi yang besar atas keberhasilan yang telah dicapai oleh anak-anak binaannya.

“Kerja keras yang selama ini dilakukan mereka selama latihan sebelum lomba, akhir nya membuah hasil, saya bangga,” ungkap Kak Ginda

Berdasarkan informasi, kontingen Babel memang sudah dari jauh hari menyiapkan diri untuk mengikuti lomba tari smhapore yang diikuti oleh saka bahari se-Indonesia tersebut. Selain Lomba Tari, pelantara VI juga menggelar lomba tenda terapung, yel-yel, banguan lasir, dan lomba peluit.

“Kita latihan selama dua minggu, setiap hari setelah pulang sekolah, dari jam 4 sore sampai jam 7 malam. Akhir membuahkan hasil yang maksimal. Kami puas,” ungkap Vivi (17) salah satu peserta dari Babel. (Roby/Humas Kwarnas)

No comments:

Post a Comment

Terimakasih atas kunjungannya, Tinggalkan komentar untuk perbaikan blog ini.
Pilih "Nama/Url" kalau tidak punya akun google