Responsive Ads Here

Thursday, August 4, 2016

Gerakan Pramuka

Gerakan Pramuka


Riuhnya Pesta Siaga Pramuka yang Diikuti Ribuan Pelajar di Pangkalpinang

Posted: 03 Aug 2016 07:20 PM PDT

Riuhnya Pesta Siaga Pramuka yang Diikuti Ribuan Pelajar di Pangkalpinang

Sumber: http://news.detik.com/berita/3267991/riuhnya-pesta-siaga-pramuka-yang-diikuti-ribuan-pelajar-di-pangkalpinang

Pangkalpinang – Ribuan siswa berseragam pramuka menyemut di kawasan Alun-alun Taman Merdeka dan Tamansari Wilhelmina Park Pangkalpinang, Babel. Mereka tengah menggelar Pesta Siaga dan Latihan Teknik Kepramukaan Penggalang-Penegak.

Pesta Siaga ini merupakan agenda tahunan Kwarcab Pramuka Kota Pangkalpinang. Untuk tahun ini, ada 2.480 peserta yang mengikuti Pesta Siaga sejak Selasa (2/8) hingga hari ini.

Mengenakan seragam pramuka lengkap, para peserta itu tampak antusias mengikuti setiap kegiatan. Masing-masing kelompok terlihat bekerjasama untuk menyelesaikan setiap perlombaan. Ada kelompok yang mengenakan topi cokelat bundar besar, topi ala koboi dan ada juga yang menggunakan topi pramuka.

Panas terik tak membuat semangat para peserta kegiatan pramuka itu pudar. Semua terlihat ingin menonjol dan menampilkan yang terbaik. Terutama saat diminta menampilkan yel-yel, setiap kelompok bersahut-sahutan dan memamerkan kekompakan masing-masing.

“Alhamdulillah dari peserta kita lihat sangat antusias sekali. Ini mungkin karena kegiatan pramuka merupakan ekstra kurikuler wajib di sekolah,” kata Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata dan Olahraga Kota Pangkalpinang Akhmad Elvian di Alun-alun Taman Merdeka, Pangkalpinang, Babel, Rabu (3/8/2016).

Sementara itu Ketua Kwarcab Kota Pangkalpinang Dessy Ayu Trisna mengatakan, Pesta Siaga yang digelar selama 2 hari ini berjalan cukup lancar. Mereka mengikuti kegiatan sejak pagi hingga sore hari, sehingga tidak ada acara berkemah di lapangan.

Perempuan yang juga istri Wali Kota Pangkalpinang M Irwansyah ini mengakui, ada beberapa peserta yang sempat pingsan. Namun mereka dapat ditangani oleh tim medis yang bersiaga di lokasi.

“Ada 2 mobil ambulans yang kita siagakan selama kegiatan ini berlangsung. Alhamdulillah semua bisa tertangani, tidak ada yang dibawa ke rumah sakit,” tuturnya.

Penutupan Pesta Siaga sore ini diwarnai dengan pemberian piala dan piagam penghargaan kepada para regu pemenang. Ada 24 regu dari kalangan Siaga hingga Penegak yang mendapatkan piala dan piagam penghargaan. Usai pemberian piala, para peserta pramuka itu bernyanyi sambil berjoget bersama menutup pesta tahunan tersebut dengan penuh keceriaan.

Sumber: detik.com

Peringati Hari Pramuka Ke-55, Kwarda Papua Tanam 250 Pohon

Posted: 03 Aug 2016 06:59 PM PDT

Peringati Hari Pramuka Ke-55, Kwarda Papua Tanam 250 Pohon

Kwarda Papua Peringati Hari Pramuka ke-55

Jayapura – Seluruh siswa-siswi Pramuka tingkat penggalang dan penegak hingga para pembina Kwarda Pramuka Papua, melaksanakan kegiatan penanaman 250 pohon Mahoni dan pembersihan gedung Kwarda Papua, sabtu (30/7) akhir pekan kemarin. Kegiatan tersebut dalam rangka memperingati hari Pramuka ke 55, dan dibuka oleh Ka Kwarda Papua Khristina R.T.L Mano, S.IP., M.AP, dimana kegiatan berlangsung di Gedung Pramuka Buper, Waena, Distrik Heram.

Khristina R.T.L Mano S.IP., M.AP menjelaskan bahwa seluruh kegiatan ini dilakukan untuk memperingati hari Pramuka yang ke 55 dengan melakukan berbagai kegiatan seperti penanaman pohon, pembersihan gedung pramuka, hingga gerak jalan untuk memperebutkan piala bergilir Ka Mabida Papua (Gubernur Papua).

"Gerak jalan ini di ikuti oleh Ratusan Anggota Kepramukaan yang berada di Jayapura, semua peserta memakai atribut Pramuka dengan tujuan memberitahukan ke semua masyarakat kalau pramuka yang dulunya hampir hilang kini dibangkitkan kembali," ucap Khristina.

Sementara itu Wakil Ketua Kwarda Pramuka Papua, Karolus Bolly, SE. MM menambahkan, pihaknya berupaya agar gerakan Pramuka terus tumbuh dalam pembinaan tiap generasi muda. Dia juga berharap bahwa gerakan Pramuka ini nantinya ikut berperan aktif dalam kegiatan pelestarian lingkungan, berupaya mengembangkan diri, meningkatkan pengetahuan, dan keterampilan serta peduli kelestarian lingkungan bagi tiap anggota-anggotanya.

"Mencintai alam dan lingkungannya menjadi satu hal yang sangat penting dalam kepramukaan, untuk itu wajib kita sebagai anggota Pramuka harus pedomani Trisatya dan Dasa Dharma Pramuka,'' tutup Karolus

Sumber: Papuanews.id

1.200 Siswa di Papua Ikut Pelatihan Psikologi Kepramukaan

Posted: 03 Aug 2016 06:55 PM PDT

Ketua-Gerakan-Pramuka-Provinsi-Papua-dukung-Pelatihan-Psikologi-Kepramukaan

Ketua Gerakan Pramuka Provinsi Papua dukung Pelatihan Psikologi Kepramukaan

Jayapura, Sebanyak 1.200 siswa Sekolah Dasar (SD) Tanjung Ria mengikuti Pelatihan Psikologi Kepramukaan tahap I bagi anak-anak Pramuka tingkat SD. Tujuannya,  untuk mengajarkan siswa agar lebih kreatif, disiplin, menciptakan dasar kepemimpinan sejak dini yang berintegritas.

Kegiatan ke pelatihan secara langsung dibuka oleh Ibu Walikota Jayapura sekaligus Ketua Kwarda Provinsi Papua, Kak Kristina Tomy. L Mano bersama ketua Tim Psikologi Kepramukaan dari Kwarda Papua Kak Iwan Sulandjana, S.Psi, M.Psi, di SD Tanjung Ria Jayapura, Sabtu (30/07).

Dalam sambutanya,  Kak Kwarda Provinsi Papua mengaku, sejak kecil dirinya sudah menyukai dan sangat antusias dengan kegiatan kepramukaan. Ia menilai, kegiatan kepramukaan ini dapat membentuk karakter dan jati diri calon-calon pemuda harapan bangsa yang berintegritas serta berkualitas.

"Saya sangat merespon kegiatan kepramukaan ini, karena selama ini saya nilai di Jayapura, kegiatan kepramukaan kurang berkembang karena minim nya tenaga Pembina Pramuka di setiap Kwaran ataupun Gugus Depan,” tuturnya.

Akibatnya, ‎dengan jumlah pembina yang sedikit tidak dapat mewadahi semua kegiatan Kepramukaan yang ada di Papua Khususnya di kota Jayapura ini. Padahal kata dia, anak-anak sekolah tingkat dasar sampai tingkat menengah sangat antusias  dengan adanya program kepramukaan ini.

Sementara itu Kak Iwan Sulandjana, S.Psi, M.Psi mengatakan, kegiatan kepramukaan ini sangat penting untuk diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari sehingga kedepan dia berharap, pemerintah wajib mendukung dan memberikan pendidikan psikologi lapangan (khususnya dalam Kepramukaan). ‎

"Pramuka merupakan kependekan dari Praja Muda Karana yang artinya sekumpulan anak muda yang memiliki karya atau sedang berkarya. Dari pengertian tersebut, maka pantas apabila pramuka dianggap sebagai penerus bangsa yang memiliki karya dan kemajuan dalam berfikir, disiplin dan mampu mengatasi masalah bagi kehidupan sehari-hari," tutup Iwan.‎ (Editor HA / Humas Kwarnas)

Peringati Hari Pramuka, Kwarnas Agendakan Ziarah ke TMP Kalibata

Posted: 03 Aug 2016 06:48 PM PDT

pramuka-ke-Makam-pahlawan

Dok. Humas Kwarnas

Jakarta, Dalam rangka memperingati Hari Jadi Pramuka ke 55 yang jatuh pada 14 Agustus, Kwartir Nasional Gerakan Pramuka akan mengadakan kegiatan ziarah ke Taman Makam Pahlawan Kalibata Jakarta Selatan, Minggu 7 Agustus 2016.

Kak Rokayah, Staf Biro Binamusa dan Hublu Kwarnas mengatakan, ‎acara akan dimulai dengan upacara pembukaan pukul 08.00 WIB yang dipimpin langsung oleh Ketua Kwarnas Kak Adhyaksa Dault dengan petugas ‎upacara dari Kwartir Cabang Jakarta Timur.

“Jumlah peserta yang akan hadir diperkirakan lebih 270 orang diambil dari lima Kwarcab yakni Kwarcab Jakarta Timur, Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, Jakarta Utara,  dan Jakarta Barat‎,” ujarnya, Selasa (2/8/2016)‎

Masing-masing Kwarcab akan mengirimkan 54 orang, yang terdiri dari penggalang 16 orang putra maupun putri, penegak empat orang putra empat orang putri  dan pandega empat orang putra empat orang putri dan pembina ‎tiga orang putra dan putri.

“Acara ziarah ke TMP Kalibata akan mengundang pimpinan Kwarnas, kakak-kakak Andalan Nasional Kwarnas, para Ketua Pinsaka Tingkat Nasional, para Kepala Unit Usaha dan Staf Direksi dan Staf PT Madu Pramuka dan lain-lain,” imbuhnya. ‎

Lebih lanjut Kak Rokayah mengatakan, nantinya, ziarah akan dibagi ke lima titik, masing-masing pimpinan Kwarnas dan Annas akan ditugaskan untuk menabur bunga ke makam-makam Pahlawan Nasional yang pernah berjasa dalam Gerakan Pramuka Indonesia.

Makam-makam yang akan dikunjungi antara lain

  1. Letjen TNI. (Purn). M. Sarbini mantan Ketua Kwarnas.
  2. Hj. Roesiah Sardjono, SH mantan Anggota Mabinsa.
  3. Jenderal TNI. Ahmad Yani, ‎Pahlawan Revolusi.
  4. Letkol TNI. (Purn). Suhanda Setia Atmaja mantan Sesjen Kwarnas.
  5. Laksana TNI. (Purn). Haryono Nimpuno‎ mantan Andalan Nasional.
  6. Mayjen TNI. (Purn). BP. Makadada mantan Ka Lemdiknas
  7. Prof DR. W. Napitupulu mantan Waka Kwarnas.
  8. Mayjen TNI. (Purn). R.‎ Pandji Susilo mantan Waka Kwarnas.
  9. Letjen TNI. (Purn). Supardjo Roestam mantan Ka. Mabinari
  10. Jenderal TNI. (Purn). Susilo Sudarman mantan Ka. Mabinari
  11. Laksma TNI. (Purn). Sundoro Syamsuri mantan Waka Kwarnas.
  12. Kol TNI. (Purn). Kirsamto, BA mantan Staf Kwarnas.
  13. Mayjen TNI. (Purn). Edy M. Achir mantan Waka Kwarnas.
  14. Brigjen TNI (Purn). Hardjiono mantan Waka Kwarnas.
  15. H. Annas Efendy mantan Staf Kwarnas.

Adapun pimpinan Kwarnas yang akan hadir di antaranya, Kak Kwarnas, Waka Bidang Abdimasgana Kak Herindra, Sesjen Kwarnas, Kak Rafli Effendy, Waka Bidang Binamuda, Kak Editha Rahaded, dan Waka Bidang Orgakum Kak Kodrat Pramudho. Mereka akan didampingi oleh Andalan Nasional.

Selain, ke Kalibata kegiatan ziarah juga akan dilakukan di tempat-tempat lain seperti TPU Karet Bivak, Jeruk Peruk, dan Tanah Kusir. Para Annas nantinya akan dibagi untuk mengunjungi makam-makan tersebut bersama pengurus Kwarcab. ‎ (HA/Humas Kwarnas)‎

No comments:

Post a Comment

Terimakasih atas kunjungannya, Tinggalkan komentar untuk perbaikan blog ini.
Pilih "Nama/Url" kalau tidak punya akun google