Responsive Ads Here

Tuesday, April 19, 2016

Pramuka.or.id : Basarnas Dukung Penuh Jamnas 2016

IMG-20160418-WA009
Foto pertemuan Kwarnas dengan Basarnas dalam rangka membahas Jamnas 2016.


Jakarta, Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka mengadakan pertemuan dengan Kepala Badan SAR Nasional (Basarnas) Marsekal Madya TNI F.H.B. Soelistyo, di Kantor Basarnas, Senin (18/4/2016).
Pertemuan itu membicarakan kerjasama antara Kwarnas dan Basarnas terkait program Jambore Nasional ke X yang akan diadakan di Bumi Perkemahan Pramuka Cibubur, Jakarta Timur, 14-21 Agustus 2016.
Sekretaris Jenderal Kwarnas, Kak Rafli Effendy mengatakan, ‎Jamnas tahun ini sedikitnya akan dihadiri oleh 25.000 peserta. Selama satu minggu kegiatan Jambore nanti akan diadakan di lokasi, dan setengahnya akan diadakan di luar.
“Di luar itu seperti mengunjungi beberapa instansi pemerintahan, dan juga tempat rekreasi seperti Monumen Nasional, dan juga Jungle Land,” kata Kak Rafli.
Untuk itu, pihak penyelenggara kata Kak Rafli, masih membutuhkan beberapa hal berupa perahu karet untuk permainan di air. Kemudian, tenda untuk panitia dan pendamping. Serta beberapa anggota Basarnas untuk ditempatkan dilokasi untuk mendampingi dan mengawasi kegiatan Jamnas.
Sementara Ketua Panitia Penyelenggara Jamnas Kak Editha Rahaded menambahkan, pendamping peserta Jamnas kurang lebih berjumlah 2200 orang. Untuk itu, pihaknya berharap ada bantuan tenda dan bantuan untuk kegiatan di air dari Basarnas.
“Kita juga memohon bantuan bus untuk akomodasi para peserta selama mengikuti Jamnas. Jika memang teknisnya kita harus meminjam dari Basarnas, tentu akan kita siap untuk mengembalikannya,” tuturnya.
Menanggapi hal itu, ‎Kak Soelistyo mengatakan, Basarnas siap membantu apa yang masih menjadi kekurangan Jamnas. Ia merasa, Basarnas dan pramuka masih saling berkaitan, karena di pramuka ada juga pengetahuan khusus tentang sar.
“Anak-anak pramuka itu bisa mewujudnya kemampuan tekhnik SAR untuk kemudian mampu terjun ke masyarakat,” katanya.
‎Untuk permohonan peminjaman Perahu karet, Basarnas sanggup meminjamkan. Kendaraan yang dimiliki Basarnas kebanyakan truk, namun ada beberapa bus. Kebutuhan bantuan untuk Jamnas dari Basarnas nanti akan dinventarisir.
“Nanti dipetakan saja. Untuk Kegiatan di air, nanti akan ada pengawas dan tim pendamping dari basarnas, karena kegiatan di air cukup beresiko, tentu harus ada pendamping & Basarnas akan siapkan tim pendamping,” tuturnya.
Pada prinsipnya Kak Soelistyo menyatakan, Basarnas siap membantu penyelenggaraan suksesi Jamnas X 2016.‎ “Pesan saya, mengingat agenda jamnas ini melibatkan sekitar 25.000 orang, maka kesiapan kegiatan ini harus benar2 di manage terus, terutama oleh para panitia,” jelasnya. (HA/Humas Kwarnas)

2 comments:

  1. Hallo pa saya ingin membeli blog ini apakah bisa ? jika bisa hubungi 089513165948 ditunggu informasinnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mohon maaf pak. saya belum ada niatan untuk menjual blog ini....
      terimakasih atas perhatian kunjungannya di Blog TKP ini :)

      Delete

Terimakasih atas kunjungannya, Tinggalkan komentar untuk perbaikan blog ini.
Pilih "Nama/Url" kalau tidak punya akun google