Responsive Ads Here

Saturday, January 23, 2016

Gubernur JATIM Restui Pertinas SBH V

Dalam kegiatan Perkemahan Nasional Saka Bhakti Husada (Pertinas SBH) V di Blitar, 17-23 Oktober, Gubernur Jatim Soekarwo meminta agar Pramuka harus melibatkan gerakan masyarakat bidang kesehatan. Menurut gubernur, gerakan masyarakat tersebut akan memberikan kontribusi nyata dalam aplikasi kepramukaan yakni mengabdi kepada masyarakat.

Pakde Karwo — sapaan akrabnya — mengatakan, gerakan masyarakat yang dimaksud seperti memberikan pendampingan kepada rumah tangga di bidang kesehatan.  Salah satunya yakni pendampingan satu kader di setiap satu  rumah tangga. Artinya, setiap rumah tangga harus didampingi kader kesehatan yang dapat membantu masyarakat dalam pencegahan penyakit, baik penyakit menular maupun yang diakibatkan dari jentik nyamuk.

Ditambahkan, Pertinas SBH V tersebut harus menjadi gerakan masyarakat agar berperilaku dan hidup secara sehat. Dalam Pertinas nanti, Pramuka dapat memasukkan materi kegiatan kesehatan masyarakat seperti pemantauan jentik nyamuk beserta penangananya hingga penanganan penyakit menular lainnya agar masyarakat lebih peduli kepada lingkungan.

Menurutnya, lebih baik menggunakan upaya promotif dan preventif daripada mengobati. “Kegiatan Pramuka di Blitar ini harus dijadikan model gerakan masyarakat dalam bidang kesehatan secara nasional. Problem kesehatan dapat teratasi jika semua unsur melibatkan diri. Pramuka harus mampu menjadi jembatan antara pemerintah dan masyarakat dalam mengaplikasikan program kesehatan,” ungkapnya, Selasa (19/1).

Sementara Bupati Blitar terpilih Rijanto mengaku, Pemkab Blitar siap menyambut event ini dengan baik. Dia menjelaskan, bahwa segala persiapan dan sosialisasi dalam kegiatan tersebut telah mulai di susun dan dilaksanakan.
​Bupati sependapat dengan gubernur yang akan menggerakan peran serta masyarakat di bidang kesehatan. “Semoga dalam Pertinas SBH V nanti, kegiatan ini bisa dijadikan model pendampingan secara nasional,” ungkapnya.

Di tempat yang sama, anggota Pimpinan SBH tingkat Nasional dari Kementerian Kesehatan, Dyah Yuniar Setiawati mengatakan, Pertinas SBH V 2016 ini merupakan wahana pertemuan bagi Pramuka Penegak dan Pendega anggota Satuan Karya Pramuka Bhakti Husada guna menggalang persaudaraan, peningkatan kualitas SDM Pramuka.

Selain itu, kegiatan ini juga akan menambah pengalaman, keterampilan dan inovasi dan rekreatif yang mengandung unsur bhakti kepada masyarakat.

Sumber : BeritaMetro.com

No comments:

Post a Comment

Terimakasih atas kunjungannya, Tinggalkan komentar untuk perbaikan blog ini.
Pilih "Nama/Url" kalau tidak punya akun google