Responsive Ads Here

Thursday, December 17, 2015

Gerakan Pramuka

Gerakan Pramuka


Walikota Danny Beri Motivasi Ribuan Peserta Jambore Pramuka Se-Makassar

Posted: 16 Dec 2015 08:58 PM PST

Av53KtKBvOs9dwGrdnklQ13dm4xpN9u3k21S7GU5sV3o

 

MAKASSAR – Walikota Makassar Danny Pomanto memberikan semangat dan motivasi pada ribuan peserta Jambore Ranting Terpadu Tahun 2015 di Bumi Perkemahan Gedung Olahraga (GOR) Sudiang, Rabu (16/12/2015).

Jambore diikuti 144 regu yang terbagi ke dalam 60 regu putera dan 84 regu puteri. Mereka berasal dari lima kwartir ranting (kwarran) yakni, Kwarran Bontoala, Tallo, Panakkukang, Ujung Tanah dan Manggala.

Selain itu, Jambore juga diikuti penggembira dari tim sebelas rasa yang dibina langsung Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Makassar yang berjumlah 250 peserta.

Selama lima hari, terhitung sejak 15 hingga 20 Desember 2015, ribuan peserta jambore akan mengikuti kegiatan teknis skoting skill dan pioneering berupa, lintas alam penggalang, geladi tangguh, permainan tradisional, karnaval penggalang, kerja bakti masyarakat, dan tolok ukur perkemahan, serta kegiatan keagamaan.

Di hadapan ribuan peserta jambore, Walikota Makassar Danny Pomanto, menyemangati anggota pramuka yang memadati lapangan GOR Sudiang. "Kita semua merasa bangga bisa berada di tengah anak-anak kita peserta jambore yang penuh semangat, generasi muda calon pemimpin bangsa," ujar Danny.

Tak lupa Danny mengingatkan kepada peserta jambore untuk ikut mendukung program strategis Pemerintah kota (Pemkot) Makassar di antaranya gerakan Makasar Tidak Rantasa (MTR) dengan membudayakan hidup bersih sejak usia sekolah dasar.

Sumber:POJOKSULSEL.com, (muh asrul)

Sunting: Tim Siber Pramuka

SMA 1 Slawi Peringkat 4, SBH Jatinegara Peringkat 5 “Ajang Pamuka Peduli Award 2015″

Posted: 16 Dec 2015 08:45 PM PST

 

DSC_0052DSC_0052

SLAWI – Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Tegal kembali menorehkan prestasi di tingkat Jawa Tengah. Kali ini prestasi ditoreh oleh Gudep SMA 1 Slawi yang menduduki peringkat 4 ajang Pramuka Peduli Award tingkat Kwarda Jawa Tengah tahun 2015 dengan mengantongi nilai 70,33. Selain itu, prestasi yang sama juga ditorehkan oleh Saka Bakti Husada (SBH) Jatinegara yang meraih Peringkat 5 di ajang tersebut.

Sedangkan tiga posisi teratas ditempati masing-masing Kwarcab Cilacap sebagai Juara I dengan nilai 76,17; SMA 1 Mojotengah, Kwarcab Wonosobo Juara 2 dengan nilai 71,83 dan Kwarran Batealit Kwarcab Jepara juara 3 dengan raihan nilai 70,67.

Ketua Kwarcab Tegal, H Widodo Joko Mulyono MKes MMR melalui Pb Andalan Cabang Urusan Humas, Nurhasan mengatakan, dalam ajang tersebut, Dua wakil Kwarcab Tegal masuk menjadi 9 besar Finalis dari 35 Kwartir Cabang se Jawa Tengah yang lolos seleksi administrasi. Selanjutnya finalis mengikuti tahap seleksi pemaparan dan presentasi materi dihadapan Tim Juri Kwarda Jateng pada Final Minggu (14/12) lalu di Gedung Pramuka Kwarda Jateng.

"Gudep SMA 1 Slawi mengangkat kegiatan Pekan Pramuka Peduli yang digelar bulan Juli 2015 di Desa Lebakgowah, Kecamatan Lebaksiu. Dimana ragam kegiatannya antara lain penyuluhan pengelolaan sampah, aksi bersih sungai, santunan dan pemberian sembako," beber Hasan

Sedangkan, Pramuka SBH Jatinegara mengangkat kegiatan Aksi Satgas Pramuka Peduli Pasukan Pemburu Jentik Nyamuk yang dipusatkan di Desa Tamansari Kecamatan Jatinegara. "Aksi kegiatannya fokus pada Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) yang didukung dengan penyuluhan, abatisasi dan fogingisasi," imbuhnya

Dia melanjutkan, kegiatan tersebut melibatkan instansi terkait seperti Badan Lingkungan Hidup (BLH), Dinas Kesehatan, Puskesmas Jatinegara dan pemerintah setempat. Dimana kegiatan sebagai implementasi kegiatan bakti nyata Pramuka pada masyarakat. “Ini mengulang prestasi tahun lalu (2014) dan menjadi kado akhir tahun bagi Gerakan Pramuka Kwarcab Tegal," pungkasnya.

Pembina Gudep SMA 1 Slawi, Nenny Dwi Agustini SH mengungkapkan, meski belum meraih tergiat 1, namun hal itu bisa menjadi pengalaman berharga bagi pangkalan Gudepnya untuk menjadi lebih baik di tahun mendatang. "Ini adalah pengalaman baru bagi kami. Mudah-mudahan menjadi pemicu untuk terus berbakti, mengabdi dan berprestasi dimasa mendatang.

Senada, Kepala Puskesmas Jatinegara, H Amat Kiswadi SKM, menuturkan, meski Satuan Karya Binaannya baru mampu menduduki harapan 2. Namun setidaknya, kita telah berbuat dan mampu menembus nominasi Finalis ajang Pramuka Peduli Award Jawa Tengah. Ajang Pramuka Peduli Award merupakan bentuk apresiasi pada partisipasi aktif anggota Pramuka untuk lingkungan.

Pramuka Peduli Award juga sebagai ajang bagi anggota Pramuka untuk saling berbagi pengalaman dalam kegiatan kepeduliannya pada lingkungan. Kegiatan apapun selama memberikan manfaat bagi lingkungan, terlebih lagi menyangkut kepedulian kepada lingkungan hidup, pengembangan sumber daya manusia/ sosial kemasyarakatan dan atau penanggulangan bencana / kepedulian sosial serta kepedulian terhadap kebudayaan. (Humas)

Staff Kwarnas blusukan kunjungi gudep guna pantau aktivitas pramuka.

Posted: 16 Dec 2015 08:27 PM PST

BANGKINANG KOTA – Sederet prestasi yang ditorehkan Gugus Depan Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 2 Bangkinang Kota menarik perhatian Kwartir Nasional (Kwarnas) sehingga mereka mengunjungi sekolah itu untuk memonitor langsung perkembangannya pada Rabu (16/12).

“Alhamdulillah SMP Negeri 2 mendapat kunjungan dari Kwarnas dan Kwartir Daerah 04 Provinsi Riau, mereka datang untuk memonitoring Pengolahaan dan Keaktifan Gugus Depan (Gudep) selama ini,” kata Kepala SMPN 2, Desnawita,S.Pd.

Mereka yang datang itu adalah Staf Organikum Kwartir Nasional, Kak Teguh ditemani Kapusdiklatda, Mardjono.

Dijelaskan Desnawita yang juga Wakil Ketua Bina Wasa Kwartir Cabang 03 Kampar ini bahwa diantara prestasi yang pernah diraih SMPN 2 dalam setahun belakangan ini saja pernah mengirim peserta Jambore Dunia ke Jepang bulan Agustus 2015 yakni Rizky mewakili Indonesia.

Kemudian enam orang Pramuka Garuda lulus dan mendapat pernghargaan di Kwarcab Kampar yang diterima pada Perayaan HUT Pramuka 14 Agustus 2015, pernah menjadi juara Pertama Perkemahan Lima Pilar yang digelar Kwarcan Kampar.

Selain itu, lima orang siswa Gudep SMPN 2 lulus  seleksi untuk mengikuti Jambore Cabang, masing-masing, Anisa Febriani, Salsabila Cantika Mastur, Nadia Salsabila, Salsabila Resty Marlina.

Satu peserta, Dian Nurmala Lolos seleksi mengikuti Kemah Budaya Nasional (KBN) di Kabupaten Siak. Selanjutnya Giat mengirim pembina untuk mengikuti Kursus Mahir Dasar dan Mahir Lanjutan baik di tingkat kwarcab, maupun kwarda dan nasional.

Ditambah lagi, SMPN 2 memiliki sembilan orang pembina, Darmatiyas, Fatma Dewi, Efi Endang, Agus supriadi, Baharuddin, Arman, Dede Ronald, Noval, Hafizah.

Prestasi lain, lanjut Desnawita yang juga Kamabigus adalah seorang pelatih pembina Pramuka yang sudah mempunyai sertifikat pelatih tingkat lanjut. SMPN 2 Bangkinang Kota ini juga memiliki guru yang menjabat sebagai Kapusdiklatcab Kampar, Nasrul (Guru IPA) dan Rosmita,S.Pd (Wakil Kepala Sekolah SMPN2) juga andalan di Kwarcab 03 Kampar.

Dalam kunjungan itu, Staf Organikum, Kwarnas, Kak Teguh menyampaikan, “Gugus Depan SMPN 2 ini bagus sekali, pramuka sangat menguasai 3K (kebersihan, keterampilan, kebersamaan) terjaga dan sangat kuat,” ujarnya.

Dia berharap, mempertahankan dan meningkatkan lagi kualitas supaya lebih meningkatkan kegiatan bukan hanya di gugus depan, bisa melebihi hingga kegiatan nasional.

Dia berpesan agar kedepan bisa membesarkan Sanggar yang dikelola oleh siswa, supaya siswa dapat ditanamkan kepercayaan dan bisa lebih leluasa untuk menguasai bagaimana kegiatan-kegiatan pramuka baik itu di GUDEP maupun tingkat nasional nantinya. (Netty/Sari/skc)

No comments:

Post a Comment

Terimakasih atas kunjungannya, Tinggalkan komentar untuk perbaikan blog ini.
Pilih "Nama/Url" kalau tidak punya akun google