Responsive Ads Here

Thursday, October 22, 2015

Gerakan Pramuka

Gerakan Pramuka


Posted: 22 Oct 2015 12:06 AM PDT

cara-mahasiswa-dekat-dengan-masyarakat

 

Selama sepekan, kematangan persiapan Universitas Mulawarman (Unmul) menyambut ratusan delegasi pramuka perguruan tinggi dari penjuru Tanah Air bakal diuji. Kegiatan Kemah Bakti Racana Nasional (Kembaranas) VI dimulai. Dibuka resmi dalam seremoni di Ruang Serbaguna lantai 4 Rektorat Unmul, kemarin pagi.

KEMBARANAS adalah kegiatan pramuka tingkat universitas yang digelar setiap dua tahun sekali. Dimulakan sejak 2005, edisi keenamnya berlangsung di Kaltim dengan Unmul sebagai tuan rumah. Digelar hingga 26 Oktober, konsentrasi kegiatan terbagi pada dua daerah, yakni Desa Embalut, Kukar, dan di lingkungan Unmul. Dari data panitia, terdapat 55 perguruan tinggi, dengan perincian 107 putra dan 103 putri yang ambil bagian. Pelaksanaan kegiatan lebih condong kepada aspek bakti sosial kepada masyarakat.
Seperti yang disebutkan Wakil Rektor Unmul Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Encik Ahmad Syaifudin, rangkaian kegiatan akan terbagi dalam dua sesi, yakni fisik dan nonfisik. "Yang dimaksud fisik adalah membangun gapura, penanaman pohon, dan penghijauan. Bukan tidak mungkin peserta membuat tugu," jelasnya.
Selanjutnya, kegiatan nonfisik salah satunya seminar. "Juga donor daerah, sunatan massal, hingga pentas seni yang mempertunjukkan budaya khas Kaltim," tambah Encik.
Ketua Kwarda Kaltim Hatta Zainal menyebut, kegiatan tersebut berpotensial menghasilkan karya konkret dari para peserta. "Karena yang melaksanakan adalah kalangan intelektual dari seluruh Indonesia," jelas dia.
Asep Supanda, perwakilan Kementerian Riset, Teknologi, dan Perguruan Tinggi (Kemenristek Dikti) menyebut, kegiatan tersebut sebagai wadah pembentukan karakter berkebangsaan. "Kegiatan yang ada di dalamnya berhubungan dengan kedisiplinan, di mana pramuka adalah salah satu wadahnya. Kemenristek Dikti akan terus mendukung semua kegiatan yang menyangkut minat dan bakat peserta didik perguruan tinggi sebagai dasar pembangun NKRI yang kukuh," jelas dia.
Sementara itu, Rektor Unmul Prof Masjaya yang membuka kegiatan tersebut menuturkan, Kembaranas sebagai ajang peserta mengenal lebih dekat Unmul dan Kaltim. "Kegiatan ini akan memberi wawasan tambahan peserta. Selama sesuai dengan aturan, kami akan mendukung seluruh kegiatan mahasiswa," pungkas dia.

 

Penulis : Kaltimpost

Editor : Tim Cyber Kwarnas

1204 Sekolah siap ikuti Jambore Cabang Kabupaen Gowa

Posted: 21 Oct 2015 11:56 PM PDT

 

pramukagowa1_20151022_092930

 

Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Gowa siap menyelenggarakan event 5 tahunan bagi pramuka siaga dan penggalang yaitu Jambore Cabang Gowa XII Tahun 2015, 26-31 Oktober 2015 di bumi perkemahan Cadika, Desa Pa'bentengang, Bajeng, Gowa.

 

Kegiatan ini nantinya  akan dibuka langsung oleh Pelaksana tugas (Plt) Bupati Gowa, Kak H Muh Sidik Salam. Kegiatan Jambore cabang kali ini, sangat berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Acara yang bernuansa Ilmu pengetahuan dan kemampuan soft skill maupun hard skill merupakan elemen pembeda pada tahun ini.  Sehingga daya tarik Jambore Cabang pada tahun ini sangat tinggi sehingga dapat memotivasi para peserta pramuka di seluruh kabupaten Gowa.

 

“Kegiatan dibentuk sedemikian rupa mengikuti skala nasional dengan memakai sistem rotasi materi perhari. Ada sekitar 36 materi umum dan keterampilan yang akan berlangsung selama kegiatan, serta 3 lomba, sehingga Kegiatan ini dapat dijadikan sebagai ajang persiapan para peserta didik Jambore Nasional Tahun 2016 di Cibubur, Jakarta. “ujar Sekretaris Panitia, Khaerun Hanafi, Rabu (21/10/2015).

 

Tema kegiatan ini mengacu kepada Jamnas 2016 yaitu "Mandiri, Berprestasi dan Berkarakter" di mana diharapkan peserta yang telah mengikuti kegiatan ini akan memiliki wawasan yang luas, memiliki jiwa dan pribdai mandiri dan berkarakter.

 

Peserta yang ikut terdiri dari 18 Kwartir Ranting Se-kabupaten Gowa yang terdiri sekitar 1204 sekolah, dimana setiap sekolah akan mengirim 8 putra dan 8 putri serta pembina pendamping.
Adapun menurut Panitia diperkirakan peserta yang akan hadir sekitar 5000 orang dari berbagai sekolah di kabupaten gowa,

 

Penulis: Suryana Anas Tribun Timur News.com
Editor :Tim Cyber Kwarnas

Yonif 116/GS Latih Pramuka Siswa MAN 1 Meulaboh

Posted: 21 Oct 2015 11:34 PM PDT

 

habadaily_yonif-116gs-latih-pramuka-siswa-man-1-meulaboh-21-10-2015-287owj1Fnj

Sebanyak 60 orang ziswa-siswi MAN 1 Meulaboh dilatih pramuka oleh anggota Batalyon Infanteri 116/GS Korem 012/Teuku Umar. Kegiatan berlangsung sejak tanggal 15 s.d. 19 Oktober 2015.

 

Pelatihan yang dilaksanakan selama 5  hari  menggambil tempat di Markas Kipan C Yonif 116/GS. Para peserta diberikan pelatihan tentang berbagai hal yang berguna untuk kepramukaan dari Yonif 116/GS antara lain tentang Krida Navigasi Darat, Krida Pioner, Krida Mounteneering, Krida Survival dan Krida Penanggulangan Bencana.

Salah satunya pada kegiatan navigasi darat, pelatihan ini bergun untuk mengenalkan para siswa mengerti cara menggunakan kompas pada siang hari maupun malam hari. Membaca peta dan mengenal tanda-tanda peta.  Kegiatan pelatihan pramuka diakhiri dengan kegiatan cara membuat beberapa ikatan simpul survival, mountenring dan penanggulangan bencana.

Danyonif 116/GS Letkol Inf Catur Adi Siswoyo, S.I.P mengatakan ” Pembekalan yang dilakukan bertujuan untuk mempersiapkan pramuka MAN 1 Meulaboh ke perkemahan Bhakti Pramuka Saka Wira Kartika tingkat provinsi yang akan dilaksanakan pada tanggal 22 s.d. 25 Oktober 2015 di Desa Pante Kuyun Kecamatan Setia Bhakti Kabupaten Aceh Jaya”.

“Kegiatan pelatihan ini untuk  dapat membentuk watak generasi muda yang tangguh, peduli, memiliki kecintaan tanah air, sebagai pelopor dalam usaha bela negara serta diharapkan menumbuhkan serta mendorong kreatifitas," ujar Danyonif 116/GS Letkol Inf Catur Adi Siswoyo, S.I.

 

Sumber:Hadabaily.com

Editor: Tim Cyber Kwarnas

No comments:

Post a Comment

Terimakasih atas kunjungannya, Tinggalkan komentar untuk perbaikan blog ini.
Pilih "Nama/Url" kalau tidak punya akun google