Responsive Ads Here

Wednesday, September 16, 2015

Pramuka Universitas Brawijaya

Pramuka Universitas Brawijaya


sanggarku ruang bermagnet

Posted: 15 Sep 2015 11:58 PM PDT

Letak geografis :

  • Berada di lantai tertinggi gedung UKM bersama. Artinya untuk mencapai ruangan tersebut harus naik tangga 4 lantai yang terdiri dari 6 tangga dan 49 anak tangga. Iseng aja pernah ngitung.
  • Jarak dari gedung rektorat ke ruangan itu kalau jalan kaki gas pol 4 menit kalau nyantai 5-10 menit. Atau bisa sampai 15 menit kalau mampir beli cilok dulu deket MRP 😀

Keadaan ruangan :

  • Ukurannya kurang lebih 5×6 M2
  • Pintu menghadap ke barat
  • Jendela menghadap ke timur
  • Banyak barang-barang didalam ruangan itu dari yang sangat penting sampai barang yang galau antara penting dan nggak penting (kartu uno misalnya:D)

Begitu sedikit deskripsi mengenai ruangan bermagnet tersebut. Ruangan yang bercat putih itu biasa disebut "sanggar". Saat ruangan-ruangan yang serupa dengan ruangan tersebut disebut sekret yaitu akronim dari sekretariat, kami memilih menamainya dengan sanggar. Sebenarnya bukan memilih tapi memang sudah menjadi kebiasaan atau adat di Pramuka memakai nama sanggar untuk penyebutan markas di gugus depannya.

Tapi taukah kawan? Ruangan yang biasa disebut-sebut sebagai sanggar ini ternyata bermagnet!! Magnetnya kasat mata, dan yang lebih uniknya yang ditarik oleh magnet tersebut bukan logam-logam seperti halnya magnet biasa. Yang ditarik oleh magnet dalam ruangan tersebut adalah hatinya para anggota Racana Brawijaya .

Ruangan tersebut memiliki atmosphere yang hangat dan nyaman. Atmosphere tersebut diciptakan dari berbagai macam cerita didalamnya. Ruangan itupunn multi fungsi. Bisa digunakan sebagai tempat istirahat, tempat tidur, tempat rapat, tempat makan, tempat ngegame, atau tempat nonton drama korea #upss :D. yang pasti ruangan itu adalah tempat jitu penghilang homesick. Eaaa ^_^ . Gimana mau homesick, karena saking nyamannya jadi berasa rumah sendiri. Hehehe

Basa-basi anggap rumah sendiri jadi nggak berlaku di ruangan ini karna sejatinya sudah menjadi rumah sendiri. Tapi karena peraturan baru yang menyatakan gedung UKM bukan untuk tempat hunian dalam artian tidak diperkenankan menginap di UKM jadinya istilah rumah kedua jadi lebih pas kali ya . hehehe

Sanggar ini bermagnet karena bisa menarik hati anggota Racana Brawijaya untuk selalu ingin berada didalamnya berkumpul dengan teman-teman anggota Racana Brawijaya lainnya. kalau lagi ada waktu luang pikirannya jadi pingin ke sanggar, habis kuliah mampir ke sanggar, ngerjain tugas nebeng wifi di sanggar. Rasanya ada yang kurang kalau sehari aja nggak nengokin sanggar. Sepertinya tarikan magnet sanggar lebih besar daripada tarikan megnet gebetan. Hahaha

Eh iya bener juga, sepertinya sanggar lebih cocok disebut gebetan dari pada rumah kedua karena sudah memenuhi kualifikasi sebagai gebetan. Coba deh di lihat check list karakteristik gebetan.

  1. Tempat bersandar saat lelah (contreng)
  2. Membuat kita merasa nyaman (contreng)
  3. Jadi tujuan utama saat lagi senggang (contreng)
  4. Sehari aja nggak ketemu bikin kepikiran (contreng)

 

Nah kan contreng semua ^_^

Dharma Pramuka Membangun Karakter Bangsa

Posted: 15 Sep 2015 11:47 PM PDT

Oleh : Bakrie Ariezal

Pemerintah saat ini memiliki upaya untuk mempersiapkan Sumber Daya Manusianya yang handal dan berkompeten. Salah satunya melalui Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan dengan mencanangkan suatu gebrakan nasional yaitu Revolusi Mental. Mengapa harus ada Revolusi Mental? Karena Pemerintah menyadari bahwa dalam Era Informasi saat ini rakyat kita masih banyak yang terjebak dalam paradigma lama yaitu pola pikir Era Industrial maupun Era Agrikultural. Dimana paradigma tersebut sangat bertolak belakang dengan Era Informasi yang sudah meng global. Nah untuk itulah perlu adanya Revolusi Mental bagi Rakyat Indonesia agar mampu bersaing dengan perkembangan zaman.

Lalu apakah hubungannya dengan Pramuka? Jelas sekali disini Gerakan Pramuka yang merupakan wadah kader pembangunan tunas bangsa memiliki andil dalam hal pembangunan karakter. Salah satunya melalui Dharma Pramuka yang merupakan bagian dalam Kode Kehormatan Pramuka. Dharma Pramuka memiliki 10 butir kebajikan sebagai pedoman bagi kita dalam langkah pembentukan mental karakter serta kelakuan atau tindakan dalam kehidupan sehari – hari. Adapun 10 butir kebajikan dalam Dharma Pramuka tersebut adalah :

  1. Takwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa

Sebagai pribadi yang lemah,Kita harus menyembah Tuhan yang Maha Esa. Dialah pencipta seluruh alam semesta berserta isinya. Sehingga kita wajib menjalankan segala perintahnya dan menjauhi segala larangannya.

  1. Cinta Alam dan Kasih Sayang Sesama Manusia

Manusia sebagai makhluk sosial yang tidak bisa hidup dengan berdiri sendiri, tentu perlu memiliki teman,bergaul dan juga bertetangga serta menjaga kelestarian lingkungan di sekitarnya.

  1. Patriot yang Sopan dan Kesatria

Sebagai anggota Pramuka,kita wajib bertutur kata yang sopan. Menjaga sikap dan tindakan saat bergaul dengan masyarakat. Karena hal tersebut mencerminkan pribadi seseorang dan menunjukkan sikap seorang kesatria.

  1. Patuh dan Suka Bermusyawarah

Dalam situasi tertentu,seorang anggota Pramuka wajib mentaati peraturan yang berlaku. Serta dalam memutuskan suatu hal atau menyelesaikan persoalan hendaklah dilakukan dengan cara bermusyawarah,agar dapat mencapai mufakat dan hasil yang memuaskan.

  1. Rela Menolong dan Tabah

Pramuka harus rela menolong tanpa pamrih dan membedakan status,agama,warna kulit dll. Dan dalam melakukan perjuangan hendaklah kita tabah terhadap segala ujian,tantangan,halangan dan gangguan yang ada.

  1. Rajin,Terampil dan Gembira

Anggota Pramuka itu harus rajin dan giat dalam melakukan pekerjaan yang positif. Dan apa yang telah diperoleh dari kegiatan pembinaan kepramukaan harus di terapkan dalam kehidupan sehari – hari. Serta melakukan segala aktivitas dengan senang dan gembira.

 

  1. Hemat,Cermat dan Bersahaja

Anggota Pramuka harus bisa mengatur keuangan dengan baik,tidak untuk dihamburkan dan dibuat hura – hura untuk kepentingan yang sesaat. Kita harus cermat dalam mengetahui mana kebutuhan yang penting dan mana yang tidak. Meskipun kita kaya,kita tidak boleh sombong dan angkuh di depan orang lain. Kita harus tetap bersikap rendah hati,dermawan dan bersahaja.

  1. Disiplin,Berani dan Setia

Anggota Pramuka harus bisa disiplin dan pandai mengatur waktu untuk belajar,bekerja,beribadah dan sebagainya. Kita harus berani untuk mengatakan yang benar, dan takut untuk mengatakan yang salah. Dan anggota Pramuka harus setia terhadap janji setianya karena itulah nilai nilai luhur pribadi manusia.

  1. Bertanggung jawab dan Dapat Dipercaya

Setiap orang harus bertanggung jawab atas segala perbuatan yang telah diperbuat.

  1. Suci dalam Pikiran,Perkataan dan Perbuatan

Inilah pribadi manusia yang sejati,selalu berpikir positis tidak ada iri dan dengki.

 

Apabila sepuluh butir kebajikan tersebut dijalankan dalam kehidupan sehari – hari, maka hal tersebut dapat mebentuk mental dan karakter bangsa yang saat ini mulai merosot. Karena itulah Gerakan Pramuka melalui Dharma Pramukanya mampu menjawab segala permasalahan bangsa,khususnya karena krisisnya karakter bangsa. Dan pemerintah harus mendukung dalam rangka merealisasikan program Revolusi Mentalnya salah satunya dengan cara mengimplementasikan Dharma Pramuka dalam kehidupan sehari – hari. Atau memasukkan nilai Dharma Pramuka dalam Pendidikan Karakter di sekolah – sekolah.

Agar tidak ada lagi generasi dengan mental penjilat,mental budak,mental koruptor dan berbagai pola pikir tidak produktif lainnya. Jangan sampai budaya karakter kita yang telah dikagumi bangsa lain harus pupus oleh generasi muda kita sekarang yang lebih mencintai budaya asing. Untuk itu penerapan Dharma Pramuka sebagai Pendidikan Karakter harus disiapkan sejak dini. Supaya nanti muncul generasi emas yang akan membawa Indonesia ke Peradaban yang lebih baik.

No comments:

Post a Comment

Terimakasih atas kunjungannya, Tinggalkan komentar untuk perbaikan blog ini.
Pilih "Nama/Url" kalau tidak punya akun google