Responsive Ads Here

Monday, August 3, 2015

Gerakan Pramuka

Gerakan Pramuka


Puluhan Ribu Peserta Jambore Pramuka Padati Kirara-Hama, Jepang

Posted: 02 Aug 2015 07:53 AM PDT

Yamaguchi – Jambore Pramuka Internasional atau International Scout Jamboree ke 23 digelar di Kirara-hama, Yamaguchi, Jepang. Jambore ini diikuti oleh 33.000 peserta dari 150 negara dan teritorial.

Pembukaan jambore diwarnai dengan pengibaran bendera dari seluruh negara peserta jambore. Mereka mengenakan seragam pramuka masing-masing.

Setelah itu dilanjutkan dengan pembacaan misi Pramuka yang disebutkan secara bersamaan dalam berbagai bahasa yang berbeda. Acara dilanjutkan dengan menyalakan obor sebagai tanda dibukanya Jambore Pramuka Internasional ke-23.

“Tema jambore adalah ‘wa’, yang juga berarti harmoni, persahabatan, kebersamaan dan kedamaian. Hal ini sesuai dengan misi Jepang,” kata Kepala Camp Jambore, Takayasu Okushima dalam Pembukaan Jambore Pramuka ke-23 di Bumi Perkemahan Kirara-hama, Yamaguchi, Rabu (29/7/2015).

Ragam warna bendera, pakaian, ras, warna kulit berbaur menjadi satu di bumi perkemahan Kirara-Hama. Berbagai bahasa, agama, budaya saling melebur bersama. Ribuan tenda berbagai macam jenis, bentuk dan warna berjajar rapi di atas tanah lapang yang merupakan ujung barat dari Pulau Honshu ini.

“Kita saling bertemu, berdiskusi, membahas solusi atas berbagai permasalahan yang terjadi,” katanya.

Kontingen Indonesia sendiri berjumlah 462 yang terdiri dari 368 peserta dan 92 pembina. Mereka merupakan anggota Pramuka dari berbagai provinsi di Indonesia yang berusia antara 14-17 tahan.

{su

No comments:

Post a Comment

Terimakasih atas kunjungannya, Tinggalkan komentar untuk perbaikan blog ini.
Pilih "Nama/Url" kalau tidak punya akun google