Pramuka Kota Bandung |
Humas Pemerintah Dituntut Berkualitas Dalam komunikasi dan Pelayanan Publik Posted: 10 Jun 2015 05:49 PM PDT Caption : Pakar sekaligus konsultan bidang komunikasi, Magdalena Wenas, CPR, M.Comm., menerangkan mengenai strategi komunikasi yang efektif kepada para peserta pada Workshop Peningkatan Kompetensi Bidang Komunikasi dan Pelayanan Publik yang di selenggarakan Badan Geologi ESDM di ruang rapat Balai Pendidikan dan Pelatihan (Badiklat) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, Jakarta, Selasa (9/6/2015). Kegiatan ini diikuti perwakilan dari Unit-Unit di lingkungan Badan Geologi dan ESDM bidang pelayanan publik. "Peranan komunikasi dan pelayanan publik tidak dapat dipisahkan di dalam instansi pemerintah, karena itu sudah sepatutnya kita sebagai pegawai pemerintahan dituntut mampu meningkatkan kemampuan serta kualitas menjadi seorang komunikator yang baik, menguasai teknik jurnalistik dan kaitannya dengan membuat tulisan dan pressrealese," ujar Plt. Kepala Bagian Umum Sekretariat Badan Geologi, Dedi Budiman, SH., dalam sambutannya pada Workshop "Peningkatan Kompetensi Bidang Komunikasi dan Pelayanan Publik" yang diselenggarakan Badan Geologi ESDM di Balai Pendidikan dan Latihan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, Jakarta, Selasa (9/6/2015). Menurut Dedi, Badan Geologi perlu memiliki sumber daya manusia yang handal dalam berkomunikasi." Dengan diselenggarakannya workshop ini Khususnya bagi Badan Geologi diharapkan memiliki sumber daya manusia yang handal dalam berkomunikasi maupun dalam berbagai kegiatan yang berhadapan dengan publik, mitra kerja, pers serta didukung dengan keterampilan menyusun pengelolaan acara yang efektif dan tepat guna," lanjut Dedi yang dalam hal ini mewakili Sekretaris Badan Geologi. Selanjutnya Pakar dan Konsultan bidang Komunikasi, Magdalena Wenas, CPR, M.Comm., dalam paparannya menginginkan agar setiap insan kehumasan pemerintah perlu memahami bagaimana mempelajari strategi berkomunikasi secara cerdas, creatif dan efektif." Menghadapi abad 21 dan 22, public relation atau humas pemerintah yang bertugas dalam bidang pelayanan publik, tentunya perlu lebih profesional dalam hal berkomunikasi dengan berbagai pihak, dimana komunikasi ini dibangun dengan strategi yang cerdas, kreatif dan efektif dari setiap personalnya," ujar Magdalena. Manurut Magdalena, budaya komunikasi yang selama ini dilaksanakan oleh Humas Pemerintah, tentunya di abad ini harus bisa berubah 360 drajat." Dulu kita hanya sekedar menyampaikan pesan kepada publik, namun sekarang cara kita berkomunikasi 360 drajat jelas harus berubah, dimana kita harus mampu membangun komunikasi yang lebih dinamis dengan semua pihak dalam upaya membangun relasi dan mampu mamanfaatkan banyak hal, seperti; facebook, email, youtube, website dan sebagainya," jelas Magdalena. Selain itu, sebagai personal kehumasan perlu juga terampil dalam mengaplikasikan bahasa komunikasi." Bahasa komunikasi merupakan bagian penting dari diri kita, begitu juga halnya bahasa komunikasi menjadi satu bagian dalam tugas kehumasan sebuah instansi pemerintah, oleh sebab itu, humas harus cerdas dalam membina tata bahasa komunikasi dalam upaya membangun relasi yang baik," jelas Magdalena. Pada kegiatan sehari itu, para peserta yang ikut serta berasal dari perwakilan Unit-Unit di lingkungan Badan Geologi dan KESDM yang bertugas di bidang pelayanan publik. |
You are subscribed to email updates from Pramuka Kota Bandung To stop receiving these emails, you may unsubscribe now. | Email delivery powered by Google |
Google Inc., 1600 Amphitheatre Parkway, Mountain View, CA 94043, United States |
No comments:
Post a Comment
Terimakasih atas kunjungannya, Tinggalkan komentar untuk perbaikan blog ini.
Pilih "Nama/Url" kalau tidak punya akun google