Responsive Ads Here

Wednesday, June 3, 2015

Gerakan Pramuka

Gerakan Pramuka


Kemah Budaya Nasional 2015 di Siak akan Dibuka secara resmi oleh Kemendikbud RI, Bapak Anies Baswedan

Posted: 03 Jun 2015 12:56 AM PDT

Kemah Budaya Nasional (KBN) 2015 di Siak kamis (4/6) pukul 08.00-11.00 WIB akan dibuka secara resmi oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Bapak Anies Baswedan di Bumi Perkemahan Tengku Buang Asmara, Desa Merempura Hilir, Mempura, Siak, Provinsi Riau.

Dijadwalkan Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka, Kak Adhyaksa Dault akan hadir pada acara pembukaan KBN 2015 di Siak. KBN 2015 di Siak ini adalah kegiatan KBN ke-6 yang diselenggarakan setiap tahun dan tahun 2014 dilaksanakan di Solo, Jawa Tengah.

kegiatan KBN ini adalah kerjasama antara Direktur Sejarah dan Seni Budaya, Dirjen Kebudayaan, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI dan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka.

KBN 2015 akan dilaksanakan tanggal 3 s/d 8 Juni 2015 dengan tema “Harmoni Di Tanah Melayu Menuju Manusia Indonesia Unggul dan Berkarakter Tahun 2045″ yang akan dihadiri 750 peserta pramuka penggalang mewakili Kwartir Daerah seluruh Indonesia. (Hd)

[Humas Kwarnas]

Pembukaan PPSN IV: 5000 Pramuka Santri Pecahkan Rekor MURI Indonesia

Posted: 02 Jun 2015 07:30 AM PDT

PPSN 3Tanah Laut—Sekitar lima ribu pramuka santri dari seluruh Indonesia tingkat penegak melakukan aksi pemecahan rekor MURI berupa "Konfigurasi Madihin dengan Jumlah Peserta Terbanyak". Aksi itu dilakukan dalam Upacara Pembukaan Perkemahan Pramuka Santri Nusantara IV (PPSN) di Bumi Perkemahan Agrowisata, Tambang Ulang, Tanah Laut, Kalimantan Selatan (2/6).

Madihin merupakan kesenian musik khas dari Kalimantan Selatan dalam bentuk pelantunan lagu/syair yang berisi pujian dan pesan penting tentang sejarah dan nilai-nilai nasionalisme, patriotisme, serta semangat kebersamaan Santri Bela Negara di dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

"Kami memilih Madihin ini untuk mendorong dan menumbuhkembangkan kesadaran pelastarian seni budaya di kalangan anak muda, khususnya santri," ujar Mardani Zuhri, Koordinator kegiatan dan Perkemahan Pramuka Santri Nusantara IV (PPSN) yang juga menjabat sebagai Andalan Nasional Gerakan Pramuka Kwarnas .

PPSN 2Secara teknis, pemecahan rekor MURI Madihin ini dilakukan secara kolosal diiringi musik dan tarian, dengan melibatkan seluruh peserta perkemahan, panitia, pendamping, dan pimpinan kontingen daerah yang datang dari 33 provinsi di Indonesia.

Dalam pidato sambutannya, Menteri Agama RI Lukman Hakim Saifudin sangat mengapresiasi terlaksananya kegiatan kemah santri yang digelar setiap tiga tahun sekali ini. "Santri dan pramuka merupakan kombinasi identitas yang sangat pas. Dari situ, alhamdulillah, banyak nilai dan ilmu yang ketika kita terjun di masyarakat manfaatnya sangat luar biasa," ujar Lukman.

Sementara itu, Wakil Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, Marbawi A Katon, mengingatkan agar para pramuka santri ini bisa lebih meningkatkan kepedulian dan kehadirannya guna merespons berbagai musibah dan masalah sosial yang terjadi di masyarakat. "Saat ini banyak musibah dan masalah yang mendera bangsa ini. Saya berharap, di tangan kalianlah semua masalah itu bisa diselesaikan!" tandasnya. (Kak Luqman Hakim/Annas Kominfo)

[Humas Kwarnas]

Diklat Budidaya Lebah dan Pengembangan Usaha Madu Pramuka

Posted: 02 Jun 2015 07:24 AM PDT

madu2Jakarta (1/6) Waka Bidang Badan Usaha Milik Gerakan Pramuka, Kak Rafli Effendy membuka secara resmi Pendidikan dan Pelatihan Budidaya Lebah dan Pengembangan Usaha Madu Pramuka Angkatan ke II di Istana Lebah Cibubur, 1-3 Juni 2015.

“Manfaat dari kegiatan ini adalah terciptanya wirausahawan muda di bidang perlebahan” ujar Waka BUM GP, H. Rafli Effendy dalam sambutannya.

H. Wawan Darmawan, SE, MBA, Direktur PT. Madu Pramuka dalam sambutannya menyampaikan bahwa budidaya lebah adalah salah satu kegiatan yang ramah lingkungan, padat karya, sumber pendapatan serta dapat mengurangi pengangguran.

Diklat Budidaya Lebah Angkatan II ini diikuti oleh 17 kwarda yang masing-masing diwakili 2 orang. Angkatan I dilaksanakan pada tahun 2014 dan diikuti 15 kwarda.

Salah satu nara sumber adalah Deputi II Kemenpora, Drs. H. Syahyan Asmara, MSP yang diwakili Annas BUM GP, Ponijan, menyampaikan Pengembangan Kewirausahaan Gerakan Pramuka.(kak Arini)

[Humas Kwarnas]

Rakor BUMGP 2015 hasilkan Dua Rekomendasi

Posted: 02 Jun 2015 07:21 AM PDT

rakor BUMGP 3KesepakatanRapat Koordinasi Nasional Badan Usaha dan Aset Milik Gerakan Pramuka { Rakornas BUMGP 2015} yang di selenggarakan dari tanggal 29 hingga 31 Mei 2015 di Bumi Perkemahan Pramuka, Cibubur, Jakarta ditutup tadi malam oleh Kak Marbawi Waka Kwarnas Bidang Renbangma.

Dari rapat koordinasi yang diikuti oleh utusan dari 33 Kwartir Daerah itu menghasilkan 2 rekomendasi yaitu: 1. Kesepakatan terbentuknya Induk Koperasi Gerakan Pramuka. 2. Standarisasi Bumi Perkemahan Pramuka. Dan diharapkan dalam kurun waktu tidak lama akan segera dibentuk panitia kepengurusan.

Kedua rekomendasi itu rencana bakal diresmikan pada perayaan Hari Ulang Tahun Gerakan Pramuka 14 Agustus mendatang.(kak sis)

[Humas Kwarnas]

No comments:

Post a Comment

Terimakasih atas kunjungannya, Tinggalkan komentar untuk perbaikan blog ini.
Pilih "Nama/Url" kalau tidak punya akun google