Responsive Ads Here

Monday, April 6, 2015

Pramuka Kota Bandung

Pramuka Kota Bandung


Permainan Ular Tangga Pramuka di Arena Scout Air Show 2015

Posted: 05 Apr 2015 03:52 AM PDT

Caption : beberapa siswa dari Salah Satu sekolah Paud mencoba permainan ular tangga pramuka di arena kegiatan Scout Air Show Saka Dirgantara Kota Bandung 2015 yang digelar dari 4-5 April 2015 di kompleks Lanud Husein Sastranegara Bandung, Jalan Padjadjaran No. 158 Bandung, Minggu (5/4/2015). Permainan ular tangga tersebut tidak seperti pada umumnya, dimainkan, melainkan di kemas khusus sebagai bentuk perminan edukatif yang lebih menarik dan menyenangkan terutama bagi anak-anak usia dini. (Benny K/Ronny SF/MOTP)

“Scout Air Show” Saka Dirgantara Kota Bandung 2015

Posted: 05 Apr 2015 03:18 AM PDT

Caption : Beberapa anggota pramuka penggalang putra-putri mencoba menerbangkan pesawat yang terbuat dari kertas menggunakan karet gelang dalam lomba Seni dan Hasta Karya pada rangkaian kegiatan "Scout Air Show" Saka Dirgantara Kota Bandung 2015 di kompleks Lanud Husein Sastranegara Bandung, Jalan Padjadjaran Bandung, Minggu (5/4/2015).

Bertepatan dengan peringatan HUT TNI Angkatan Udara ke-69, Satuan Karya (Saka) Dirgantara Kota Bandung mengadakan "Scout Air Show" 2015 mulai dari 3-5 April 2015 di kompleks Lapangan Udara Husein Sastranegara Bandung, Jalan Padjadjaran No. 158 Bandung. Kegiatan yang dibuka langsung Komandan Lanud Husein Sastranegara, Kolonel Penerbang, Ardhi Tjahjoko tersebut diikuti sekitar 3000 peserta terdiri dari anggota Pramuka Pra Siaga, Siaga, Penggalang, dan Penegak se-Kota Bandung." Sebelumnya di tahun 1993 hingga 1995 kita dari Saka Dirgantara Kota Bandung hanya mengadakan lomba baris-berbaris saja, namun di tahun 2015 ini kita mencoba kembali membuat kegiatan kepramukaan tidak hanya lomba baris berbaris melainkan seluruh lomba kepramukaan mulai dari golongan Pra Siaga hingga Penegak," ujar Suyatno selaku Ketua Pelaksana kepada MOTP di sela-sela kegiatan hari kedua, Minggu (5/4/2015). Menurut Suyatno, Selain bertujuan untuk membina prestasi anggota pramuka di bidang keterampilan kepramukaan, dari TNI Angkatan Udara khususnya mempunyai misi agar setiap generasi muda mulai sejak dini dapat lebih mengenal dan mencintai dunia kedirgantaraan Indonesia. " Seperti yang telah diamanatkan Komandan Lanud Husein Sastranegara, Letkol Penerbang Ardhi Tjahjoko pada upacara pembukaan, diharapkan agar kedepannya dari kegiatan ini disamping para peserta diberikan materi kepramukaan, muatan materi serta wawasan tentang dunia kedirgantaraan perlu lebih diperbanyak lagi, karena sesuai dengan misi dari Angkatan Udara," terang Suyatno yang rencananya akan menyelenggarakan kegiatan serupa untuk tingkat se-Bandung Raya.
Dalam kegiatan dua hari tersebut, para peserta mengikuti beberapa katagori lomba diantaranya : Pra Siaga (Permaianan Pra Siaga dan Lomba Mewarnai); Siaga (Tangkas Menggambar, Rangking I, Puzzle, dan Pentas Seni); Penggalang (Wide Game, Lomba Seni dan Hasta Karya); dan Penegak (Wide Game : Pengenalan Lalu Lintas Udara/PLLU,Meteorologi, P3K, Pioneering, Menaksir, dan PBB). " Khusus di golongan Pra Siaga, kita awalnya menargetkan sekitar sembilan ratus anak yang ikut, namun yang hadir lebih dari perkiraan, sekitar seribu dua ratus anak Paud se-Kota Bandung sedangkan kepada peserta kita berikan beberapa jenis permainan seperti ular tangga, evakuasi bom, sampai senam buat ibu guru Paud, " ujar  Koordinator lomba Pra Siaga, Sutaryan yang kedepannya ingin mengembangkan keterampilan kepramukaan bagi anak-anak Berkebutuhan Khusus. Senada dengan kak Sutaryan, Koordinator lomba Penggalang Deddy berharap agar fasilitas lomba dapat lebih ditingkatkan." Di golongan Penggalang, semua materi lomba mengacu pada pencapaian Syarat Kecakapan Umum dan Syarat Kecakapan Khusus yang didalamnya disisipkan materi kedirgantaraan yang disesuaikan dengan jenis lombanya, ujar Deddy yang berharap agar fasilitas lomba dapat lebih dikembangkan. Selain itu, dari golongan Penegak, Ruswandi berharap pula kegiatan ini dapat dilanjutkan."Antusias peserta untuk ikut lomba ini begitu besar dan mereka bisa menampilkan kreativiasnya masing-masing, seperti dalam lomba PBB, semoga kedepannya kegiatan ini dapat dilanjutkan dengan materi yang lebih bervariatif," ucap Ruswandi.  Pada arena Scout Air Show 2015, digelar pula Pameran Batu Akik dan Bazzar yang diikuti peserta baik dari kota Bandung dan luar kota Bandung. ( Benny K/ Ronny SF/MOTP)

No comments:

Post a Comment

Terimakasih atas kunjungannya, Tinggalkan komentar untuk perbaikan blog ini.
Pilih "Nama/Url" kalau tidak punya akun google