Responsive Ads Here

Tuesday, April 21, 2015

Gerakan Pramuka

Gerakan Pramuka


Lewat Pramuka,Tanamkan Semangat Kartini Sejak Dini

Posted: 20 Apr 2015 07:12 AM PDT

Sebagai perwujudan melestarikan budaya dan semangat perjuangan Kartini, akhir pekan kemarin (minggu 19/4/15) satuan karya pramuka Bhayangkara kwartir ranting Bawang menggelar lomba kartini cilik dan lomba mewarnai untuk tingkat TK dan PAUD. Acara yang digelar di pendopo kecamatan Bawang tersebut dibuka oleh kasat Bimas Polres Banjarnegara AKP. Rusmiatun. Dalam sambutannya beliau menekankan betapa pentingnya pendidikan karakter disiplin dan semangat perjuangan untuk meneruskan cita cita kartini agar kelak muncul kartini kartini baru yang selaras dengan jamannya.

Ketua Panitia, Rofiatun mengatakan, penanaman semangat kartini hendaknya perlu ditanamkan seja dini, agar nantinya pondasi bangsa dan semangat perjuangan cita citanya tetap terngiang dihati dan sanubari generasi penerus bangsa. " lomba kartini cilik ini merupakan implementasi dari kecintaan terhadap tokoh nasional bangsa yang telah berjasa untuk memajukan kaum perempuan agar semangat beliau bisa tetap hidup sampai kapanpun " terang rofiatun. Sebanyak 257 peserta lomba kartini tampil ceria dan semangat dengan menggunakan pakaian adat atau kebaya berlangak lenggok diatas panggung bersaing memikat hati juri dan penonton yang hadir. Tak jarang celoteh mereka juga mengundang gelak tawa riang penonton yang hadir.

Selain lomba kartini cilik dalam kesempatan yang sama juga digelar lomba mewarnai untuk tingkat TK dan Paud dengan materi tertib berlalu lintas yang diikuti oleh 172 peserta. Pamong saka Bayangkara Kwartir Ranting Bawang, Prihatin sediono mengatakan, pemilihan tema tersebut selaras dengan program kepolisian serta selaras dengan program pemerintah dalam upaya tertib kerlalulintas. " diharapkan sejak usia dini, anak anak dapat dikenalkan dengan perilaku yang sopan serta tertib dalam berlalu lintas, karena hal tersebut sangat penting dan mendukung program kepolisian serta pemerintah " ujarnya. Penanaman disiplin serta pembentukan karakter sejak dini menjadi sangat penting terlebih saat ini seiring dengan perkembangan jaman dan masuknya faham radikal dikhawatirkan dapat merusak generasi bangsa. ( Alwan_Humas )

[Pramuka Kwarcab Banjarnegara]

Bupati Lantik Kwarcab Gerakan Pramuka Banjarnegara

Posted: 20 Apr 2015 06:58 AM PDT

Pengurus gerakan pramuka kwartir cabang Banjarnegara masa bhakti 2015-2020 akhir pekan kemarin ( sabtu 18/4/15) resmi dilantik oleh Bupati selaku Ketua Majelis Pembimbing Cabang. Acara yang berlangsung dipendopo dipayudha tersebut juga dihadiri oleh forum komunikasi pimpinan daerah selaku anggota majelis pembimbing cabang, ketua kwartir ranting se kabupaten serta perwakilan undangan kwarcab kabupaten se banyumas raya.

Dalam acara pelantikan tersebut juga dilakukan pengukuhan jajaran mabicab yang secara simbolis dilakukan oleh Bupati yang berikrar selaku ketua mabicab dan dikukuhkan oleh ketua Kwarda jawa Tengah slamet budi prayitno. Dalam kesempatan tersebut, ketua kwarda Jateng mengapresiasi berbagai prestasi yang diraih oleh kwarcab Banjarnegara yang alah satunya mampu menyodok hingga tingkat nasional untuk golongan penegak yakni dalam kegiatan saka wirakartika nasional. " Wahana pendidikan kepramukaan hakikatnya merupakan wadah pembinaan yang tepat untuk menempa tunas tunas muda yang berkarakter dan berjiwa mulia serta mempunyai sikap yang luhur " tandasnya. Untuk itu pendalaman berbagai materi tersebut tertuang dalam SKU dan SKK yang harus diselesaikan hingga tuntas agar nantinya dapat dilihat sejauh mana potensi yang dimiliki oleh peserta didik sesperti yang diamanatkan dalam Undang Undang gerapan pramuka.

dalam susunan kepengurusan kwarcab periode lima tahun kedepan banyak diisi oleh muka baru yang diharapkan mampu menjadi semangat baru dan langkah baru dalam mengembangkan dan memajukan pendidikan kepramukan di banjarnegara. Bupati sutedjo slamet utomo berharap, pramuka nantinya mampu menjadi garda terdepan dalam pelayanan kemanusiaan serta menangkal segala pengaruh radikal yang saat ini mulai masuk dan merasuki generasi muda. " pemerintah berharap, peran serta gerakan pramuka mampu berbicara lebih bukan hanya dilevel sekolah namun disegala aspek pelayanan kemanusiaan, terlebih saat ini banyak berkembang wadah pembinaan dalam satuan karya pramuka " ungkap sutedjo. Apresiasi dan penghargaan yang tinggi juga disampaikan kepada seluruh elemen warga pramuka yang dalam kurun waktu terakhir mampu mengangkat dan membawa nama baik banjarnegara baik tingkat regional maupun nasional. selain itu pembinaan yang berjenang dan terstuktural hendaknya mampu terus ditingkatkan terlebih saat ini Pramuka menjadi ektra kulikuler wajib disekolah.

ketua kwarcab pramuka setiawan mengungkapkan, tantangan pramuka kedepan semakin komplek dan beragam, namun dengan semangat dan langkah bersama pihaknya bersama kepengurusan yang baru akan berupaya sekuat tenaga untuk lebih memajukan kepramukaan di kota dawet ayu. " penguatan sistem manajeman dan organisasi akan dilakukan secara optimal seiring dengan kemajuan teknologi, sehingga nantinya apa yang telah terprogram selama lima tahun kedepan akan terlaksana dengan baik sehingga diharapkan mampu menorehkan berbagai prestasi dan mampu berbicara banyak ditingkat yang lebih tinggi " ungkapnya.

[Pramuka Kwarcab Banjarnegara]

2 (2)

1 (2)

10.000 Pramuka Santri Akan Melantunkan Madihin Saat Perkemahan Pramuka Santri Nusantara di Kalsel

Posted: 20 Apr 2015 06:35 AM PDT

Perkemahan Pramuka Santri Nusantara (PPSN) ke-IV siap dilaksanakan di Bumi Perkemahan Tambang Ulang, Kab Tanah Laut, Kalimantan Selatan, pada 1-7 Juni 2015. "Koordinasi dengan Pemprov Kalimantan Selatan dan pihak terkait sudah kami lakukan", jelas  Dr. Mohsen (Direktur PD Pontren Kemenag), saat memimpin rapat perdana kegiatan ini, pada senin sore (20/04/2015) di ruang rapat Sekjend Kementerian Agama.

Salah satu kegiatan PPSN adalah pemecahan Rekor MURI melalui konfigurasi madihin dengan jumlah pelantun sebanyak 10.000 orang. Mardhani Zuhri, (Koord Bidang Perkemahan dan Kegiatan PPSN) menjelaskan "Madihin secara bahasa artinya pujian dengan puisi yang menghibur, kesenian madihin ini belum pernah ditampilkan dengan jumlah peserta sebanyak itu, kita akan bekerja keras mensukseskannya".  Tekad Mardani Zuhri yang juga Andalan Nasional Kwarnas Gerakan Pramuka.

Dari berbagai sumber dijelaskan bahwa "madah" (bahasa arab) adalah asal kata dari "madihin" yang berarti pujian. Pendapat lain menjelaskan kata madihin dari bahasa Banjar yaitu papadahan atau mamadahi yang artinya menasehati. Jika dilihat memang kebanyakan syair-syair madihin berisi nasihat. Yang banyak dirujuk soal Madihin ini adalah pendapat Tajuddin Noor Ganie, seorang sastrawan, budayawan dan penulis buku asal Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

Perkemahan Pramuka Santri Nusantara merupakan kegiatan yang diadakan setiap tiga tahun, dimulai perdana tahun 2006 di Cibubur (Jakarta), 2009 di Jatinangor (Jawa Barat), 2012 di Batam (Kepulauan Riau), dan pada 2015 ini di Kalimantan Selatan. "Pesantren punya peran strategis sebelum dan sesudah kemerdekaan, saya minta kepada kakak-kakak Pramuka yang terlibat di kepanitiaan untuk fokus mensukseskan kegiatan ini", ujar Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka, Dr. Adhyaksa Dault saat dikonfirmasi mengenai kegiatan ini.

Bagi lingkungan pondok pesantren, gerakan pramuka sudah sangat familiar mengingat aspek historis sejarah pembentukan gerakan-gerakan kepanduan oleh kalangan muslim saat perjuangan kemerdekaan. Karenanya, suburnya gerakan pramuka di lingkungan pondok pesantren memiliki sejarah panjang dan dasar serta fondasi yang kuat, ujar Kamaruddin Amin, Dirjen Pendidikan Islam seperti dikutip dalam panduan kegiatan ini. (Hariqo WS/Annas Urusan Kominf0/085263835899)

[Humas Kwarnas]

No comments:

Post a Comment

Terimakasih atas kunjungannya, Tinggalkan komentar untuk perbaikan blog ini.
Pilih "Nama/Url" kalau tidak punya akun google